Movies

5 KARAKTER LIVE ACTION DISNEY YANG MENGALAMI PENGUBAHAN RAS

Disney beberapa kali mengubah ras karakter animasinya saat digarap menjadi live action. Hal ini menuai banyak kontroversi dari para penggemar. Kira-kira siapa aja ya karakter yang rasnya diubah?

title

FROYONION.COM - Disney tidak henti-hentinya mengejutkan penggemar hingga menuai banyak kontroversi. Pasalnya, Disney beberapa kali merubah ras karakter animasinya saat digarap menjadi live action. Hal ini membuat banyak penggemar kecewa, sebab penggambaran karakter dalam film live action tidak seperti yang ada dalam ingatan penggemar terhadap animasinya.

Setelah mengejutkan penggemar karena karakter Ariel di The Little Mermaid yang dikenal berkulit putih pucat dan berambut merah digantikan dengan aktris Afro-Amerika bernama Halle Bailey, Disney kembali menuai kontroversi terkait pemeran Snow White. 

Kisah Snow White yang digarap menjadi live action ini rencananya akan tayang pada tahun 2024. Namun, yang kembali menjadi kontroversi adalah pemilihan aktris Rachel Zegler yang berasal dari keturunan Latin sebagai pemeran Snow White. Padahal kisah Snow White sendiri diketahui diambil dari cerita rakyat Jerman dengan karakter kulit putih pucat.

Banyak penggemar yang mengecam Disney karena dianggap melakukan race swapping. Race swapping merupakan sebutan untuk praktik pengubahan ras atau etnis karakter dalam sebuah karya fiksi. 

Misalnya ketika karakter yang awalnya ditulis atau dibuat dengan ras atau etnis tertentu, diubah menjadi ras atau etnis yang berbeda saat diadaptasi atau diproduksi ulang. Hal ini tentu akan membuat persona karakter yang berbeda dari yang diingat para penggemar saat karya pertama rilis.

BACA JUGA: 6 DISNEY PRINCESS YANG BELUM DIBUATKAN LIVE ACTION

Meski banyak penggemar yang kontra akan praktik race swapping, banyak juga loh penggemar yang tidak masalah dengan ini. Sebagian beranggapan bahwa pengubahan ras karakter yang dilakukan Disney dapat menjadi langkah efektif untuk mewakili keragaman dalam media. 

Pengubahan ras karakter juga dianggap dapat memerangi stereotip yang ada di dalam masyarakat, sehingga memberikan representasi yang lebih inklusif untuk semua orang. 

Lalu siapa aja sih karakter yang rasnya diubah oleh Disney? Yuk simak selengkapnya dibawah ini ya!

1. ANITA DARLING DI CRUELLA

Sebagai penikmat film Disney, kalian pasti tidak melewatkan film Cruella kan? Film yang mengambil premis tentang seorang anak yang dibuang oleh ibunya, namun berhasil menyaingi ibunya dalam bidang fashion ini menjadi salah satu kisah dari Disney yang sayang untuk kalian lewatkan!

Nah, jika kalian sudah menonton film Cruella, kalian pasti ingat dengan karakter Anita Darling, sang jurnalis yang membantu Cruella dalam melakukan publisitas. Ternyata, karakter Anita Darling merupakan salah satu karakter yang rasnya diubah oleh Disney. 

Pada animasi yang tayang tahun 1961, karakter Anita Darling digambarkan sebagai wanita berkulit putih dan berambut jingga. Namun, dalam live action Cruella yang tayang tahun 2021, Anita Darling diperankan oleh Kirby Howell-Baptiste yang berkulit gelap.

2. TIGER LILY DI PAN 

Disney merilis ulang live action kisah Peter Pan dan Wendy pada tanggal 28 April 2023. Sebelumnya, kisah Peter Pan ini juga pernah digarap menjadi live action pada tahun 2015 dengan judul Pan. Namun, pada kisah Pan yang rilis tahun 2015 terdapat salah satu karakter yang mengalami pengubahan ras, yakni karakter Tiger Lily.

Tiger Lily merupakan putri dari Kepala Suku Indian Neverland. Sebagai bagian dari Suku Indian, tentunya Tiger Lily seharusnya memiliki ciri khas kulit yang gelap. Namun pada live action Pan tahun 2015, Tiger Lily malah diperankan oleh Rooney Mara, seorang aktris berkulit putih. 

3. PERI BIRU DI PINOCCHIO

Siapa diantara kalian yang belum pernah mendengar atau menonton kisah PinocchioPinocchio merupakan cerita tentang boneka kayu berhidung panjang. Lucunya, hidung Pinocchio akan memanjang ketika ia berbohong. 

Nah, pada awalnya Pinocchio merupakan boneka kayu biasa, namun Peri Biru alias Blue Fairy menghidupkannya sehingga ia bisa bergerak dan berbicara layaknya manusia.

Animasi Pinocchio pernah dirilis pada tahun 1940. Pada animasinya, Peri Biru digambarkan sebagai perempuan yang berbusana serba biru dengan kulit putih dan rambut yang pirang. Namun saat Pinocchio digarap menjadi live actionpada tahun 2022, Peri Biru diperankan oleh Cynthia Erivo yang berkulit hitam dan botak.

BACA JUGA: ANIME ‘TENGOKU DAIMAKYO’ BAKAL TAYANG BULAN APRIL DI DISNEY HOTSTAR

4. ARIEL DI THE LITTLE MERMAID

The Little Mermaid mengisahkan tentang putri duyung yang menolong seorang pangeran ketika tenggelam. Putri duyung yang bernama Ariel tersebut jatuh hati pada sang pangeran, hingga ia rela menukar ekornya dengan kaki demi bisa hidup di daratan bersama sang pujaan hatinya. Animasi The Little Mermaid pertama kali dirilis Disney pada tahun 1989.

Disney telah merilis ulang kisah The Little Mermaid dengan versi live action pada Mei 2023 lalu. Namun, hal yang membuat versi live action ini menjadi kontroversi adalah pemilihan aktris untuk karakter Ariel. Dalam animasinya Ariel selalu digambarkan sebagai wanita kulit putih dan berambut merah, namun Disney memilih seorang aktris Afro-Amerika bernama Halle Bailey untuk memerankannya. Banyak penggemar The Little Mermaid yang memprotes pilihan ini, sebab dianggap sebagai penghinaan terhadap kisah yang sejatinya berasal dari rakyat Denmark. 

5. SNOW WHITE DI SNOW WHITE

Meski kerap mendapatkan kecaman, Disney seolah tidak jera untuk melakukan race swapping. Putri Salju alias Snow White juga menjadi karakter yang mengalami perubahan ras oleh Disney. 

Animasi Snow White pertama kali dirilis pada tahun 1937 dengan judul Snow White and The Seven Dwarfs. Karakter Snow White digambarkan sebagai seorang putri berkulit putih pucat dengan rambut pendek.

Disney kembali mengumumkan akan merilis ulang kisah Snow White versi live action dan akan segera tayang pada tahun 2024. Namun, hal ini kembali menjadi kontroversi sebab Disney memilih Rachel Zegler yang merupakan aktris keturunan Latin. 

Hal ini tentu berbeda dari penggambaran karakter Snow White di animasinya. Beberapa pihak menentang hal ini, sebab diketahui bahwa Snow White merupakan cerita rakyat Jerman dan berkarakter putih pucat.

BACA JUGA: FILM BIOSKOP SRI ASIH BAKAL TAYANG DI DISNEY HOTSTAR PADA 24 MARET

Nah, itulah beberapa karakter yang mengalami perubahan ras oleh Disney. Praktik race swapping yang dilakukan Disney memiliki sisi baik dan buruk sehingga menimbulkan berbagai kontroversi. 

Namun, banyak juga penggemar yang tidak mempermasalahkan hal ini, sepanjang orisinalitas kisahnya terjaga. Bagaimana dengan kalian? Apakah kalian bagian dari penggemar yang kontra dengan praktik race swapping yang dilakukan Disney? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Kal

Seorang gadis sederhana dengan pikiran ruwet. Punya kecanduan sama film serta buku.