Kreatif

SEMANGAT ‘BHINNEKA TUNGGAL HIP HOP’ HADIR DALAM FLAVS FESTIVAL 2022

Setelah 2 tahun menyelenggarakan festival secara online, FLAVS hadir kembali di tahun ini dalam format hybrid sebagai perwujudan dari lebarannya anak hip hop.

title

FROYONION.COM - Skena musik dan festival offline perlahan mulai bangkit kembali dari keterpurukan akibat 2 tahun dihantam pandemi Covid-19. Setelah suksesnya Joyland Festival 2022 sebagai festival musik perdana yang digelar pasca pandemi di Indonesia, kali ini hadir lagi sebuah festival musik yang menawarkan warna dan kultur yang ada dalam kancah hip hop, soul, dan R&B, yaitu FLAVS FESTIVAL 2022.

Selasa kemarin (8/6), dalam acara press conference di bilangan Kemang, FLAVS FESTIVAL mengumumkan line-up phase 1 mereka yang diisi oleh musisi lokal ternama seperti Afgan , Basboi, Blakumuh, Insthinc, Iwa K, Joe Million, Juicy Lucy, Raisa, Ramengvrl, Rizky Febian, Saykoji, T-Five, Teza Sumendra, The Couch Club, Tiara Andini, Tuan Tigabelas & REP, dan Yura Yunita.

Mengusung tema ‘Revival’, FLAVS mencoba untuk menggarisbawahi semangat kebangkitan untuk kembali berdiri tegak dan berpegangan tangan setelah berbagai hal yang terhenti akibat pandemi, khususnya dalam kultur musik hip hop di Indonesia.

“FLAVS berharap bisa jadi rumah dari semua pelaku hip hop, soul, R&B, dan juga penggemarnya,” ujar Yacko selaku Program Director FLAVS FESTIVAL pada Froyonion.com.

Yacko selaku program director dari FLAVS FESTIVAL 2022 (Sumber: FLAVS.ID)
Yacko selaku program director dari FLAVS FESTIVAL 2022 (Sumber: FLAVS.ID)

Lebih lanjut, Yacko menerangkan bahwa selama ini musisi hip hop yang manggung di festival-festival besar masih bisa dihitung jari, ibarat masih ‘satu-dua’ orang aja dan masih digabung dalam satu stage. Karena itu, FLAVS berusaha hadir menjadi rumah pemersatu dan membawa misi yang besar agar musik hip hop bisa lebih dinikmati seluruh masyarakat Indonesia.

Akulturasi antara genre hip hop dan warna musik tradisional Indonesia telah membawa keunikan dan ciri khas tersendiri. Itu semua bisa dinikmati di FLAVS FESTIVAL dengan pertunjukan dari musisi rap lokal macam OrangHutan Squad dari Aceh, Block8 dari Sorong, Wasaka dari Kalimantan, dan juga NDX A.K.A. dari Jogja.

Semangat yang diusung dalam misi itu disebut dengan “Bhinneka Tunggal Hip Hop”. Genre musik ini mendadak jadi tren anak muda Indonesia dalam beberapa tahun ke belakang khususnya selama masa pandemi, ditandai dengan banyaknya kemunculan musisi hip hop muda di berbagai sosial media dari berbagai provinsi di Indonesia.

Untuk menjaring talenta-talenta lokal ini, FLAVS menciptakan sebuah kompetisi musik hip hop virtual di sosial media yang dinamakan “FLAVS NU ICON”. Lewat Nu Icon, FLAVS melakukan seleksi terhadap talenta yang potensial dari berbagai daerah Indonesia yang dibagi menjadi 4 zona.

Nantinya akan dipilih 1 pemenang dari masing-masing zona untuk dibawa ke Jakarta dan tampil dalam FLAVS FESTIVAL 2022. Tentunya ini jadi sebuah kickstart yang sangat berharga dan dibutuhkan bagi para musisi hip hop muda.

Nggak cuma sekedar festival yang menyuguhkan pertunjukan musik aja, FLAVS juga turut menghadirkan kultur hip hop dalam sebuah roadshow yang bertajuk “What the F.L.A.V.S”. Rangkaian roadshow ini adalah pre-event dari FLAVS FESTIVAL, di mana nantinya akan ada Beatbox Battle, Freestyle Battle, Bboy/Bgirl & Openstyle Battle, dan juga Graffiti Battle yang diadakan di sejumlah titik di Jakarta.

Sebuah pagelaran yang membawa nggak cuma musik saja, tapi juga kultur di dalamnya bisa dinikmati secara bersama dalam sajian FLAVS FESTIVAL 2022 pada 10 dan 11 September 2022 di Istora Senayan, Jakarta. Buat lo yang tertarik untuk nonton, informasi tentang tiket bisa lo dapatkan di sini.

Semoga dengan terselenggaranya festival ini bisa membuat genre musik hip hop semakin menjangkau banyak pendengar di seluruh Indonesia ya, Civs. (*/)

BACA JUGA: DI TENGAH SKRIPSI DAN PANDEMI, MUSIK RAP BIKIN GUE TETAP WARAS

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Garry

Content writer Froyonion, suka belajar hal-hal baru, gaming, dunia kreatif lah pokoknya.