Kreatif

FIRST VOTER BISA NYIMAK RANGKUMAN DEBAT CAPRES-CAWAPRES DI WEBSITE BIJAK MEMILIH

Website BijakMemilih.id telah merilis fase ke-3 yang isinya rangkuman empat debat capres-cawapres. First voter harus nyimak rangkuman tersebut sebelum nonton debat kelima pada 4 Februari!

title

FROYONION.COM - Pemilu 2024 akan terlaksana dalam dua minggu ke depan. Kalian masih bingung bakal nyoblos siapa? Tenang aja, di website BijakMemilih.id kalian bisa mendapat segala informasi yang berkaitan dengan pemilu. 

Bertepatan dengan acara Festival Pemilu pada Minggu (28/1), Bijak Memilih merilis informasi fase ke-3 yang berisikan rangkuman gagasan tiap capres-cawapres. Segala informasi tersebut bisa kalian akses dengan mengunjungi website BijakMemilih.id.

Bijak Memilih adalah gerakan kolektif independen hasil kolaborasi What Is Up Indonesia? (WIUI) dan Think Policy. Semua fitur Bijak Memilih bikin kalian terhindar dari misinformasi dan politik identitas.

BACA JUGA: BINGUNG MILIH SIAPA DI PEMILU 2024? INTIP PROFIL KETIGA CAPRES DI BIJAK MEMILIH!

Pada fase ke-1, Bijak Memilih telah merilis informasi semua partai yang terdaftar dalam pemilu. Lalu pada fase ke-2, Bijak Memilih pun sudah menayangkan profil setiap capres-cawapres yang bisa kalian baca dengan seksama.

Pada pemilu 2024, Bijak Memilih membantu pemilih supaya dapat mencoblos berdasarkan informasi yang berkualitas. Informasi yang disajikan oleh Bijak Memilih tentu sangat bermanfaat, apalagi kalau kalian adalah first voters.

KERJA SAMA DENGAN PAKAR RISET 

Fitur rangkuman debat yang baru tersedia merupakan hasil kerja sama Bijak Memilih dengan dua belas organisasi mitra dan pakar riset.

Tidak hanya mempelajari langsung partai politik dan calon presiden, Bijak Memilih juga menghadirkan crash course singkat melalui “Pemilu 101”. Lewat fitur tersebut, kalian bisa lebih memahami pemilu, lembaga negara, dan partai politik.  

BACA JUGA: 6 REKOMENDASI FILM TEMA EDUKASI POLITIK BUAT GEN Z FIRST VOTERS

“Seperti yang kita ketahui, pemilih pemula sangat memiliki potensi menyukseskan pelaksanaan pemilu,” ujar Abigail Limuria, Co-inisiator Bijak Memilih dan Co-Founder WIUI.

“Oleh karena itu, Bijak Memilih menyediakan ruang informasi supaya calon pemilih agar dapat mempelajari tentang isu-isu kunci serta sikap partai terhadap isu-isu tersebut,” tambahnya. 

Hadirnya rekam jejak calon presiden dalam website BijakMemilih.id bisa menambah pengetahuan tentang siapa calon presiden yang akan kalian coblos. 

“Kami berharap kemudahan dan kelengkapan informasi yang dihadirkan dalam Bijak Memilih bisa membuat orang mudah semakin bijak dalam memilih,” ucap Abigail.

FESTIVAL PEMILU 2024

Bijak Memilih baru saja menyelenggarakan acara offline bertajuk Festival Pemilu yang mengajak anak muda untuk belajar politik bersama-sama. 

Acara tersebut menghadirkan beragam kegiatan interaktif yang seru. Mulai dari mengajak pengunjung memahami isu yang dipedulikan, mengenali partai politik lebih dekat, dan mempelajari gagasan kandidat.

Kegiatan interaktif tersebut dikemas dalam empat sesi acara, yaitu Adu Ide, Speed Dating bersama Caleg, Kepoin Partai, dan Game Session bersama para tim sukses dari masing-masing capres dan cawapres.

BACA JUGA: MUSIKAL POLARISASI JADI MUSIKAL ORIGINAL INDONESIA PERTAMA YANG BERANI ANGKAT TEMA POLITIK DI TAHUN POLITIK

Kehadiran 18 partai politik nasional dan perwakilan timses ketiga paslon pada Festival Pemilu  merupakan bentuk konkrit edukasi politik dan pemilu oleh partai politik yang berkontestasi pada Pemilu 2024.

Bukan hanya berlangsung di Jakarta, Festival Pemilu juga diselenggarakan di berbagai kota seperti Medan, Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar. Hal ini untuk menciptakan kesempatan supaya masyarakat bisa mengenal lebih dekat calon legislatif daerah. 

“Bijak Memilih merupakan mitra strategis KPU dalam melakukan edukasi dan sosialisasi tentang Pemilu 2024. Kami mengapresiasi upaya organisasi seperti Bijak Memilih yang berhasil menghadirkan langsung 18 partai ke dalam acara ini,” ujar August Mellaz, Komisioner Komisi Pemilihan Umum.

“Kegiatan ini adalah bukti bahwa orang muda itu tidak apatis terhadap politik dan menunjukkan pentingnya suara orang muda pada tanggal 14 Februari 2024,” ucap August pada saat sambutan di Festival Pemilu 2024. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung