Movies

6 REKOMENDASI FILM TEMA EDUKASI POLITIK BUAT GEN Z FIRST VOTERS

Film diakui sebagai media belajar yang asyik. Tak terkecuali buat kamu yang ingin lebih memahami demokrasi dan politik. 

title

FROYONION.COM - Pemilihan umum merupakan bagian awal dari proses politik sebuah pemerintahan, yang amat krusial dari perjalanan sebuah negara. Pesta Demokrasi diyakini sebagai salah satu wadah dalam memilih siapa yang berhak berada pada puncak  kekuasaan dalam menjalankan roda eksekutif pemerintahan.

Namun, siapa sangka dalam perjalanannya, pemilihan umum selalu dipenuhi dengan aneka macam intrik dan tingkah laku politik kotor dengan menghalalkan segala cara dalam memenangkan posisi yang ingin diraih. Seolah disebut legal, tanpa mempertimbangkan moral. Maka dari sangat dibutuhkannya kepekaan, kesadaran serta pola pikir yang  komprehensif dalam menentukan pilihan.

Melalui perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, tak heran semakin banyak sarana belajar serta kemudahan akses dalam mendapatkan ilmu. Melalui film, pendidikan politik dapat disajikan dalam visual yang lebih menarik.

Maka dari itu inilah rekomendasi film serial yang berkisahkan tentang politik dan demokrasi yang kamu perlu tonton supaya lebih ‘melek politik’.

1. QueenMaker (2023)

Film ini menceritakan segala proses politik baik secara bersih maupun kotor yang berkaitan selama proses pemilihan. Mulai dari korupsi, kongkalikong dengan pengusaha, lobi-melobi, hingga disinformasi media yang bertujuan untuk menjatuhkan lawan.

Selain itu, serial ini juga menyinggung berbagai isu yang berkaitan dengan politik. Salah satunya mengenai konflik kelas antara pekerja dan perusahaan konglomerasi. Eunsung dijadikan gambarkan sebagai salah satu perusahaan yang korup, dan sering melakukan tindak kriminal, eksploitasi terhadap pekerjanya, serta tidak ragu menggusur pemukiman masyarakat dengan dalih demi pembangunan.

Serial ini bahkan menyinggung isu yang sangat relevan dengan kondisi politik masa kini, yaitu korupsi, kriminalisasi, eksploitasi, disinformasi serta mengenai harta kekayaan pejabat yang mengaku sebagai "pelayan rakyat".

2. Autobiography (2022)

Film ini menceritakan tentang keluarga pembantu yang turun temurun mengabdi pada sebuah keluarga yang haus kekuasaan. Majikan mereka yang seorang mantan pensiunan jenderal ini berambisi mencalonkan diri sebagai bupati setempat.

Penggambaran kemerdekaan palsu antara sipil dan militer begitu nyata dalam cerita film ini menampilkan rekam-jejak kekuasaan kelam militer yang melakukan penyalahgunaan, kriminalitas, dan hubungan relasi kuasa antarkelas sosial. 

3. Whose Vote Counts, Explained (2022)

Whose Vote Counts, Explained menceritakan mekanisme pada kerja sistem pemungutan suara di Amerika Serikat. Film serial ini menjelaskan berbagai manipulasi dan kecurangan dapat dilakukan dalam pemungutan jumlah suara, yang bernilai nyata dan tidak.

Selain itu film ini juga menginvestigasi bagaimana peredaran uang yang ada dalam pemilihan umum presiden Amerika Serikat. Whose Vote Counts, Explained mengungkapkan praktik-praktik dan tindakan kotor yang dilakukan selama proses pemilihan umum tersebut.

4. The Crown (2016)

Di film ini, kamu bakal paham seluk beluk keluarga Kerajaan Inggris, sejarah politik pemerintahan terutama sepak terjang Ratu Elizabeth II di Inggris.

Selain itu, film ini menampilkan tentang tentang Krisis Suez di tahun 1956 yang diakhiri dengan mundurnya Perdana Menteri Anthony Eden, sehingga mengharuskan untuk diadakannya pemilihan umum pertama kali di Inggris dan menjadikan Harold Wilson sebagai Perdana Menteri pertama yang dipilih secara demokratis pada tahun 1964.

5. 2014, Siapa di Atas Presiden (2014)

Menceritakan kisah panas perpolitikan Indonesia terutama menjelang Pemilu pada tahun 2014, film ini menampilkan bagaimana kejahatan, kecurangan dan nepotisme yang dilakukan dengan menghalalkan segala cara demi menggapai tampuk kekuasaan. 

6. 12 Angry Men (1957)

Menceritakan 12 orang pria dengan watak dan karakter yang berbeda satu ruangan sempit di dalam kantor pengadilan, di film ini kamu bakal paham rumitnya proses pertimbangan pemberian vonis hukuman atau pembebasan terdakwa kasus pembunuhan yang baru berusia 18 tahun. Film ini mengajak kita untuk berpikir mengenai suatu sistem peradilan dan bagaimana seharusnya kita dapat bersikap terhadap penegakan asas praduga tak bersalah.  

Sekian enam rekomendasi film bertemakan pendidikan politik yang bisa menambah wishlist atau watch later kamu! Semoga meningkatkan pengetahuan, kesadaran serta pola pikirmu. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Cris A Jeni Putri

writer