Tips

BINGUNG MILIH SIAPA DI PEMILU 2024? INTIP PROFIL KETIGA CAPRES DI BIJAK MEMILIH!

Pada pemilu sebelumnya, masyarakat Indonesia kerap memilih calon presiden menggunakan politik identitas. Melalui website Bijak Memilih, kalian para pemilih baru bisa melihat profil ketiga capres dengan lebih objektif.

title

FROYONION.COM - Sekitar 84 hari lagi, warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas yang memiliki hak memilih akan mencoblos dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Kalau kalian masih bingung memilih capres siapa, informasi tentang ketiga paslon sudah tersedia di website Bijak Memilih.

Bijak Memilih adalah sebuah movement hasil kolaborasi dari 2 organisasi, yaitu What Is Up Indonesia (WIUI) dan Think Policy. Produk yang dihasilkan berupa website Bijak Memilih untuk membantu pemilih di Pemilu kali ini supaya dapat memilih berdasarkan informasi yang berkualitas.

BACA JUGA: JELANG PEMILU 2024, INI TIPS BUAT ANAK MUDA YANG BAKAL MENCOBLOS PERTAMA KALI

WIUI merupakan media independen yang menyajikan berita sosial politik di Indonesia dalam bahasa Inggris dengan bubuhan meme. Informasi yang disajikan oleh WIUI jadi lebih mudah dimengerti dan terasa menyenangkan untuk dipelajari.

Sedangkan Think Policy adalah social enterprise yang berfokus pada kebijakan publik. Kolaborasi keduanya menghadirkan wadah belajar politik bagi seluruh masyarakat dari berbagai kalangan, khususnya bagi anak muda yang merupakan pemilih pemula.

3 FASE DALAM BIJAK MEMILIH

Bijak Memilih menyajikan informasi sosial 3 fase: fase pertama, informasi seputar isu pilihan (pendidikan, kesehatan, lingkungan, ekonomi, dan korupsi); fase kedua, informasi tentang partai; dan fase ketiga, informasi tentang 3 paslon (Anies, Prabowo, dan Ganjar).

“Pada website Bijak Memilih, terdapat semua informasi yang relevan supaya [masyarakat Indonesia -red] bisa memilih capres yang tepat di Pemilu 2024,” terang Abigail Limuria, selaku co-initiator Bijak Memilih kepada Froyonion.com. 

“Tersaji informasi seputar isu apa saja yang terjadi di Indonesia, profil partai beserta track record-nya, keberpihakan partai, track record korupsi, ideologi, dan sejarah mereka,” tambahnya.

Untuk kalian pemilih pemula yang masih bingung tentang isu mana yang menjadi perhatian, Bijak Memilih turut menyajikan kuis yang bisa kalian coba. Dengan mengikuti kuis tersebut, kalian jadi bisa mengetahui isu apa yang relevan dan partai mana yang cocok untuk kalian dukung.

PROFIL 3 CAPRES

Sebagaimana yang kalian ketahui, 3 capres pada Pemilu 2024 berdasarkan nomor urut adalah Anies Baswedan (54), Prabowo Subianto (72), dan Ganjar Pranowo (55). Bijak Memilih mengulas 3 tokoh tersebut dengan cukup detail.

Kelebihan berupa prestasi/ pencapaian dan kontroversi masing-masing capres bisa kalian simak dengan mudah di website Bijak Memilih. Informasi yang disajikan Bijak Memilih begitu berkualitas lantaran sangat up-to-date dan kredibel dengan menyertakan sumber datanya.

BACA JUGA: JELANG PEMILU, MAKIN BANYAK ANAK MUDA CALONKAN DIRI JADI PEJABAT PUBLIK

Prestasi dan kontroversi pun dibuat menjadi dua arah dengan mengutip respons dari tokoh lainnya terhadap bahasan tersebut. Melalui website Bijak Memilih, kalian jadi bisa mengetahui profil ketiga capres dengan lebih mudah tanpa harus melakukan riset yang memakan waktu.

Co-initiator Bijak Memilih, Andhyta Firselly Utami atau yang dikenal dengan Afutami juga terbuka dengan berbagai masukan tentang website belajar politik miliknya. Pada media sosial X (sebelumnya Twitter), Afutami menanggapi masukan netizen dan melakukan pembaruan pada website Bijak Memilih.

Profil cawapres di website Bijak Memilih saat ini belum tersedia dan akan menyusul untuk kalian simak. Pantau terus media sosial dan website Bijak Memilih untuk mengetahui info terbaru terkait Pemilu 2024! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung