Kreatif

MUSIKAL POLARISASI JADI MUSIKAL ORIGINAL INDONESIA PERTAMA YANG BERANI ANGKAT TEMA POLITIK DI TAHUN POLITIK

Tepat 15 hari lagi musikal Polarisasi akan ditampilkan secara langsung di Graha Bhakti Budaya. Kira-kira akan se-’nampol’ apa musikal ini? Apakah akan mengalahkan presidency rap battle buatan mereka sendiri?

title

FROYONION.COM - “Kami cinta musikal dan cinta Indonesia, maka kami buat musikal Polarisasi,” kata Jovial dan Andovi da Lopez di acara press conference pada Rabu (17/1) lalu. 

Musikal original karya Jovial dan Andovi ini mengangkat tema yang tak biasa–politik. Mengaku terinspirasi dari musikal Hamilton (2015) karya Lin-Manuel Miranda, musikal Polarisasi akan menjadi musikal Indonesia pertama yang mengangkat tema politik.

BERPENGALAMAN DALAM KONTEN POLITIK

Sudah menjadi agenda rutin bagi kakak-beradik ini untuk membuat Epic Rap Battle setiap menjelang Pemilu–bahkan Pilkada (Ahok dan Anies)--sejak tahun 2014. 

Video “Prabowo vs Jokowi - Epic Rap Battle of Presidency” yang ditayangkan di kanal skinnyindonesian24 pada 2014 mengawali rekam jejak mereka dalam konten perpolitikan. 

 

Dilanjutkan dengan “Prabowo vs Jokowi - Epic Rap Battle of Presidency” tahun 2019 yang sangat tenar pada masanya–bahkan hingga hari ini masih banyak orang yang hapal dengan lirik ‘Jokowi, Jokowi, Jokowi, Jokowi, Jokowi, pasti kerja’. 

Tak hanya Pemilu, mereka pun membuat Epic Rap Battle untuk Pilkada Gubernur Jakarta tahun 2017 saat Ahok head to head dengan Anies. Tak alang, video-video yang dibuat oleh Jovial dan Andovi tak hanya menjadi konsumsi hiburan, tapi juga sarana edukasi politik.

Tak cukup sampai situ saja, rekam jejak mereka dalam konten perpolitikan turut naik kelas dengan tayangnya “DPR Musikal” pada tahun 2022. Mengangkat tentang kinerja DPR yang seharusnya menjadi wakil rakyat, mereka berhasil menghimpun sebanyak lebih dari 7 juta penonton. 

Sekaligus menjadi video musikal Indonesia yang paling banyak ditonton di YouTube hingga saat ini. 

PERSIAPAN SATU TAHUN UNTUK 2,5 JAM DI PANGGUNG

“Seusai pulang kerja, saya ‘ada’ di Polarisasi sampai jam 2 pagi selama 8 bulan. Effort saya untuk musikal Polarisasi berkali-kali lipat dibanding DPR Musikal,” terang Jovial da Lopez sebagai sutradara dan cast musikal Polarisasi. 

Tak hanya Jovial, namun juga semua casts dan tim yang terlibat turut mempersiapkan musikal ini dengan matang-matang. Dimulai dari penulisan cerita, lirik lagu, composing lagu, koreo, hingga latihan. 

Para casts musikal Polarisasi pada acara press conference di Galeri Indonesia Kaya. (Foto: Froyonion/Grace Angel)

Bahkan menjelang pementasan pada 2-4 Februari 2024 mendatang, para casts harus berlatih selama 5 jam untuk mematangkan koreo, akting, dan nyanyian mereka. 

Dengan tema yang berani dan rekam jejak da Lopez bersaudara dalam konten perpolitikan dan musikal, tentunya orang-orang juga menantikan musikal Polarisasi ini.

Bagi kalian yang ingin menonton tapi belum memiliki tiket, dapat kalian beli di sini. Dapatkan juga diskon sebesar 50% dengan menggunakan OCBC NISP khusus bagi nasabah yang baru membuka rekening tabungan. (*?) 

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Grace Angel

Sehari-hari menulis dan mengajukan pertanyaan random ke orang-orang. Di akhir pekan sibuk menyelami seni tarik suara dan keliling Jakarta.