Design

BUKAN CUMA DIPAKAI DESAINER GRAFIS, 4 FAKTA INI MENUNJUKKAN CANVA JUGA COCOK DIPAKAI PENULIS LEPAS

Salah satunya bisa dipakai untuk bikin desain infografis supaya tulisan lo makin keren! Mau tau kelebihan dari fakta lainnya? Baca di sini, Civs!

title

FROYONION.COMPerkembangan industri kreatif Indonesia makin hari makin bagus juga ya, Civs. Terlihat dengan banyaknya anak muda yang punya skills dan minat di bidang industri media kreatif, salah satunya desainer grafis.

Biarpun profesi ini identik dengan tools maupun aplikasi desain grafis yang berbayar, seperti Adobe dan CorelDraw. Ternyata, sebagai desainer grafis low budget, ada sebuah alternatif aplikasi serupa bernama Canva yang gratis.

Sebagai penulis lepas, gue sebenarnya nggak begitu menaruh perhatian ke aplikasi desain grafis sejuta umat ini. Namun, karena Canva menghadirkan fitur yang jarang ditemukan di aplikasi lain, rasanya ini adalah aplikasi yang tepat dipakai semua kalangan.

Misalnya, ketika gue ingin membuat sebuah ilustrasi infografis yang akan disematkan di konten tulisan. Ternyata, worth it, juga kok. Belum lagi, saat harus membuat konten tulisan berupa carousel yang terdiri dari beberapa salindia atau slide, hasilnya juga nggak kalah dengan aplikasi desain grafis berbayar.

Jadi, nggak menutup kemungkinan, aplikasi Canva bukan hanya diperuntukkan bagi desainer grafis. Namun, jika lo berprofesi sebagai penulis lepas atau kreator konten media sosial juga bisa memanfaatkan aplikasi ini.

Pas banget, di tulisan ini gue pengen kasih beberapa fakta yang juga bisa dikatakan tips bagi lo penulis lepas atau profesi sejenisnya–yang memerlukan aplikasi dalam membuat ilustrasi di artikel maupun blog pribadi lo.

Seperti apa jelasnya? Langsung aja simak di bawah ini, Civs!

BACA JUGA: 5 CARA MENULIS CREATIVE BRIEF UNTUK LO PEKERJA KREATIF

1. BIKIN KONTEN CAROUSEL JADI GAMPANG

Buat yang belum tau, carousel adalah salah satu jenis konten yang kini lagi booming di media sosial karena bisa memuat lebih dari satu gambar dalam satu postingan konten. Sifatnya yang interaktif, dapat memacu audiens maupun pembaca untuk menggeser deretan gambar yang tersaji.

Aplikasi Canva juga bisa lo gunakan untuk membuat carousel dengan menambahkan beberapa slide di dalamnya. Kemudian, tinggal lo export ke dalam format PNG atau PDF, selanjutnya diunggah lewat media sosial yang mendukung konten carousel, seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan LinkedIn. Nah, konten tulisan lo makin variatif, deh.

2. COCOK UNTUK BIKIN INFOGRAFIS

Infografis adalah singkatan dari information dan graphics yang dibuat untuk memvisualisasi data dalam menyampaikan informasi kompleks kepada pembaca supaya bisa dipahami lebih mudah dan cepat. Era saat ini, pembaca lebih suka melihat infografis dibanding tulisan yang bertele-tele.

Pertanyaannya, bisakah bikin infografis di Canva? Tentu, bisa dong! Menariknya, lo bisa dengan mudah membuat infografis hanya menggunakan template yang tersedia beragam di aplikasi ini. Pilihannya juga variatif, mulai yang gratisan, sampai ada yang berbayar. Sesuaikan aja dengan kebutuhan konten tulisan lo, Civs.

3. BIKIN CV DI SINI JUGA BISA

CV atau curriculum vitae jadi hal vital bagi lo yang ingin mengembangkan karirnya untuk melamar di bidang pekerjaan sebagai penulis. Kalau selama ini lo hanya mengandalkan situs pembuat CV yang banyak bertebaran di internet, dan lo merasa tampilannya kurang cakep–lo bisa membuatnya di Canva!

Sama seperti halnya infografis yang bisa dibuat dengan mudah, Canva juga menawarkan ratusan template CV yang dapat lo gunakan dengan sesuka hati. Mulai dari nama, summary, informasi kontak, dan pengalaman kerja sebelumnya pun tersedia lengkap di setiap template CV yang ada di Canva.

4. TEMPATNYA BIKIN INVOICE ANTI MAINSTREAM

Penulis lepas pasti nggak asing dengan lembaran sakti bernama invoice. Dikutip dari investopedia, invoice adalah dokumen yang mencantumkan rincian waktu dan catatan transaksi antara pembeli dan penjual. Artinya, invoice juga bisa disebut lembar tagihan jasa yang harus dibayar oleh klien lo, Civs.

Well, Canva juga bisa menjadi aplikasi yang diandalkan untuk membuat invoice anti mainstream. Caranya, buka aplikasi Canva dan cukup tulis kata kunci “invoice” di kolom pencarian. Setelah itu, muncul banyak deh ragam template invoice yang bebas lo kreasikan dengan logo, warna, maupun unsur grafis yang mendukung jasa–yang lo tawarkan. Jadi, kelihatan lebih menarik, kan Civs?

Itulah keempat fakta yang menunjukkan kalau Canva juga cocok dipakai oleh profesi penulis lepas yang memang masih berkaitan kok dengan dunia desain grafis. Bayangkan, kalau aplikasi ini nggak hadir di internet, mungkin lo bakal bingung ketika membuat infografis, maupun carousel yang bisa bikin konten tulisan lo digemari sama followers. (*/)

BACA JUGA: WAJIB DICOBA! 5 TOOLS INI BIKIN LO NGGAK BINGUNG LAGI MENCARI IDE KONTEN

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Lukman Hakim

Penulis lepas yang menuangkan ide secara bebas tapi tetap berasas