Kreatif

WAJIB DICOBA! 5 TOOLS INI BIKIN LO NGGAK BINGUNG LAGI MENCARI IDE KONTEN

Lo lagi bingung mencari ide konten tapi nggak ketemu-temu? Cobain deh, 5 tools ini. Siapa tahu rutinitas mendapatkan ide konten jadi makin gampang, Civs!

title

FROYONION.COMBagi lo yang bergelut dalam perkembangan dunia kreatif di Indonesia, alias menjadi content creator, pastinya lo sering mengalami kebingungan dalam mencari ide konten. Giliran lagi bengong, dapat aja idenya. Eh, sekalinya niat mencari ide konten, nggak ketemu-temu titik terangnya.

Aktivitas tersebut nggak hanya berlangsung beberapa menit–kenyataanya, bisa sampai berjam-jam. Cari referensi dari kompetitor atau cari ide konten lewat tren yang sedang viral biasanya menjadi senjata ampuh para content creator dalam menemukan jati dirinya, eh maksudnya mencari ide konten.

Gue pun juga sering merasa begitu, sampai suatu ketika mengalami kebingungan yang amat kuat saat memikirkan ide konten. Kalau sudah begini, biasanya ngebatin, “Gini amat nyari cuan, tiap hari disuruh mikir.” Wkwkwk. Tapi, memang realitanya seperti itu, Civs. Tanpa ada ide yang tokcer, ya mana bisa kita menghasilkan konten yang bagus.

Nah, jadi ingat nih. Sebelumnya gue baca artikel dari Bang Roy, kalau rutinitas seorang content creator, bukan cuma soal mencari ide, tapi ada beberapa tahapan yang perlu dilalui; mulai dari mencari ide, melakukan riset, mengeksekusi konten yang terbagi beberapa proses juga di dalamnya, sampai ke tahap editing dan upload konten.

BACA JUGA: LIKA-LIKU NYARI IDE SAMPAI JADI KONTEN BUAT CONTENT CREATOR

Lantas, ada nggak sih, situs atau semacam tools yang bisa memudahkan lo untuk mencari ide konten?

Ya, jelas ada dong. Seperti tulisan yang sedang lo baca saat ini karena gue bakal merekomendasikan 5 tools yang bikin lo nggak bingung lagi, khususnya dalam mencari ide konten. Yang penting siapkan hape atau buku catatan biar nggak gampang lupa. Cekidot!

1. GOOGLE TRENDS

Google Trends merupakan salah satu tools dari Google yang menurut gue powerful banget! Lewat tools ini, lo bisa bebas mencari kata kunci, dan bahkan membandingkan dengan kata kunci lain. Tentunya ini dapat memudahkan proses mencari ide konten, kan Civs? 

Cara pemakaiannya juga mudah; arahkan kursor ke menu pencarian Google, lalu ketik trends.google.com, dan tinggal ketik kata kunci yang ingin lo cari. Misalnya, lo mengetik kata kunci “kuliner” karena lo mau bikin konten tentang tren kuliner yang sedang ramai. Tinggal gulirkan ke bawah, dan ketemu deh beberapa topik yang relevan.

Nggak cuma itu, Google Trends juga menyajikan matriks kata kunci yang sedang populer berdasarkan urutan waktu maupun wilayah mana saja yang paling banyak mengakses suatu topik, Civs. Problem solver banget, kan?

2. ANSWER THE PUBLIC

Bedanya, jika Google Trends menampilkan referensi berdasarkan topik yang sedang ramai ditelusuri, sedangkan Answer The Public menampilkan referensi atau ide konten berdasarkan kelompok pertanyaan, seperti what, who, why, when, how, which, dan masih banyak lagi.

Tools ini juga user-friendly. Pada halaman awal, lo tinggal ketik aja di kolom pencarian–suatu topik yang ingin lo telusuri, dan boom! Answer The Public secara otomatis menampilkan hasil yang lengkap, mulai dari topik berdasarkan pertanyaan yang paling banyak dicari, preposisi atau kata depan, sampai menampilkan perbandingan.

Oh ya, di sini lo juga bisa menampilkan topik yang lo pilih berdasarkan kategori negara, misalnya lo iseng memilih negara Jepang untuk mencari kata kunci tentang “sushi” berdasarkan tingkat popularitas masyarakat di sana ketika mengakses topik tentang shushi itu seperti apa sih? Jadi, semuanya tervisualisasi secara lengkap, dan bisa diunduh hasilnya!

3. QUESTION DB

Sama halnya seperti Answer The Public, tools bernama Question DB juga memanfaatkan fitur pencarian berdasarkan kata kunci dalam menampilkan kata kunci yang relevan, dan bisa lo ambil menjadi ide konten. Tapi, tools ini bisa dibilang digunakan untuk mencari topik yang lebih pribadi.

Karena hasil yang didapatkan berasal dari situs Reddit, dan kita semua juga tahu kalau situs ini merupakan sebuah forum online mirip Kaskus-nya Amerika Serikat, jadi kebanyakan informasi yang didapatkan bisa dibilang terlalu bebas, dan kabarnya kini sudah diblokir oleh pemerintah Indonesia.

Namun, lo masih tetap bisa menggunakan Question DB hingga 10 kali masa percobaan untuk mencari kata kunci yang topiknya relevan dengan hal yang sedang lo cari. Cara menggunakannya juga gampang; cukup mengetik topik yang diinginkan, maksimal hingga 3 kata, maka tools ini akan menampilkan beberapa topik yang sesuai. 

4. SEMRUSH

Bagi lo yang berprofesi sebagai content writer ataupun SEO specialist, sepertinya sudah nggak asing lagi dengan SEMRush, tools yang sangat bermanfaat untuk melakukan pencarian ide melalui rekomendasi kata kunci terbaik. Klaimnya, sih, tools ini dapat menampilkan akses sampai 20 miliar kata kunci. Hmm, menarik, ya?

Cara pakainya, gimana? Yo pasti gampang dong. Tinggal cari aja di kolom pencarian: semrush.com, kemudian klik Start your free trial, lalu login dengan email, dan pilih opsi Get free trial untuk mencobanya secara gratis. Walaupun di akhir tools ini dapat dikatakan berbayar, tapi fitur yang ditawarkan juga worth it, kok. Daripada pakai yang nanggung, ya kan?

Di samping itu, ada beberapa keunggulan lain ketika lo menggunakan SEMRush, mulai dari memahami kinerja situs yang lo punya, menemukan kata kunci optimal, melihat perbandingan situs milik kompetitor, memantau traffic situs, dan memberikan referensi backlink yang tentunya juga menunjang aktivitas pembuatan konten.

5. TIKTOK

Sebenarnya TikTok merupakan platform media sosial setara Instagram, atau Twitter yang menjadi favorit content creator untuk mendapatkan ide. Tapi, nggak ada salahnya lo mencoba TikTok karena bisa dikatakan menjadi tools yang dapat diandalkan apabila lo ingin mencari konten yang sedang viral atau trending.

Lo cukup mengunduh aplikasi TikTok atau mengaksesnya via browser, dan ketiklah kata kunci yang ingin ditampilkan. Misalnya, lo ingin mencari konten yang memakai filter nangis karena sempat nge-tren. Setelah lo mendapatkan salah satu konten yang cocok, tinggal dimodifikasi deh dengan konten yang akan lo buat. Gampang, kan?

Selain itu, TikTok juga menampilkan ide konten yang sepertinya semua content creator juga sering pakai. Yup, memanfaatkan fitur pencarian melalui sound atau musik yang sedang populer. Bonusnya, sih, kreativitas konten lo bakal dilihat banyak oleh pengguna lain, which is semakin meningkatkan engagement rate konten.

Sampai sini, lo mau pakai tools yang mana, Civs? (*/)

BACA JUGA: KENAPA ADA ORANG YANG LEBIH MERASA KREATIF SAAT MALAM HARI?

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Lukman Hakim

Penulis lepas yang menuangkan ide secara bebas tapi tetap berasas