Kolom Bang Roy

KARIER LO BEDA DARI JURUSAN KULIAH? INI YANG PERLU LO KETAHUI

Di kolom yang tayang tiap Senin ini, siapa aja bisa nanya dan bakal dijawab langsung oleh Bang Roy sendiri. Kamu bisa nanya segala macem tema pertanyaan yang berkaitan dengan kehidupan muda-mudi zaman sekarang. Untuk kirim pertanyaan kamu, bisa kirim DM langsung via Instagram @froyonion.

title

Pertanyaan: 

“Bang Roy, gue takut karir gue belok deh dari jurusan kuliah sekarang, gimana dong?” -(@wnxwnr)

 

Jawaban Bang Roy:

Gue rasa nggak cuma lo aja yang punya kekhawatiran yang sama. Zaman sekarang banyak banget anak-anak muda yang ‘belok’ pas lulus kuliah. Temen-temen kampus gue yang dulunya udah kuliah susah-susah 4 - 5 tahun terus ujug-ujug kerja di tempat yang nggak ada hubungannya sama apa yang udah dipelajarin di kampus, kuliah lo kayak sia-sia aja ye? 

Menurut gue, hal ini seharusnya jadi hal yang paling nggak perlu lo khawatirin di antara kekhawatiran-kekhawatiran lainnya. Lo baru bisa ngerasa down kalo misalkan lo nggak berkembang sama sekali, atau lo nggak belajar skills baru atau mengadopsi pola pikir ‘berkembang’ ketika lo lulus kuliah.

Daripada lo ngabisin waktu untuk khawatir, mending lo lebih fokus untuk ngembangin potensi lo lebih dalem. Kenali diri lo lebih dekat lagi, tau kelebihannya apa dan maksimalin di situ. Nggak ada yang tau rejeki lo dateng dari mana, yang penting lo terus positif dan jalan terus cuy.

Punya karier yang ‘belok’ emang nggak mudah cuy, lo bakal ngerasain apa yang mas-mas pom bensin sering bilang, “Dimulai dari 0 ya”. Lo belajar hal baru, mulai adaptasi sama kebiasaan baru yang bisa bikin lo kewalahan. 

Emang nggak ada yang mudah kok kalo ngomongin karier mah, dan lo malah nggak perlu takut

Apalagi buat fresh grad. Tetep bakal ada hal-hal yang baru lo rasain ketika lo kerja untuk pertama kalinya, bahkan meski karier lo masih sejalan sama jurusan kuliah sekalipun.

Anggep aja peluang karier di luar jurusan lo sebagai kesempatan buat lo mengasah skills yang belom pernah lo pelajari sebelumnya. Pada akhirnya, orang yang punya wawasan dan ilmu yang luas berpeluang untuk jadi lebih sukses di karier dan kehidupan sosial kan.

Banyak kok orang-orang sukses di dunia ini yang karier atau bisnisnya beda dari jurusan mereka pas kuliah. Contohnya kayak Mark Zuckerberg yang punya gelar di psikologi, siapa yang tau dia bakal sukses lewat Facebook dengan ‘bumbu-bumbu’ psychological influence racikan Mark di platform itu?

Kalo di Indonesia, ada Chairul Tanjung. Nggak ada yang sangka juga kalo dia merupakan lulusan kedokteran gigi, dan sekarang jadi seorang respected businessman di berbagai macam sektor lokal, kayak industri hiburan dan perbankan.

Sekarang, lo bayangin mereka berdua menolak kemungkinan untuk bekerja di bidang lain di luar jurusan kuliah mereka dan cuma mau kerjaan yang sesuai jurusan atau bidang yang mereka tekuni pas kuliah. Apa mereka masih bisa jadi orang yang sukses dan jadi figur yang dikagumi kayak sekarang? Belum tentu

Mungkin, kalo mereka nggak open minded dalam konteks peluang kerja, mereka nggak bisa sesukses sekarang. Salah satu hal yang bisa dipelajari dari kisah hidup mereka yaitu mereka selalu mau belajar dan nggak pernah menutup kemungkinan untuk berkarier atau berkarya di luar bidang yang mereka pelajari pas kuliah.

Contohnya kalo lo berkarier di agensi periklanan, nggak semerta-merta anak-anak DKV, advertising, dan broadcasting aja yang punya kesempatan terjun di industri itu. Kalo lo punya skills yang tepat dan dibutuhkan perusahaan, ya lo tetep punya kesempatan yang sama untuk masuk di agensi itu, meskipun lo kuliahnya jurusan perikanan sekalipun.

Gue yakin, kuliah yang lo sekarang jalani nggak akan pernah jadi sia-sia dan useless, meskipun di masa sekarang mungkin lo belom ngerasa manfaatnya, tapi gue yakin suatu saat ilmu yang pernah lo dapetin nggak akan pernah pudar dan selalu bisa lo gunakan buat hal-hal positif yang membangun dan berdampak positif.

Mungkin, suatu saat lo bisa memanfaatkan ilmu dari perkuliahan lo untuk jadi side hustle, atau mungkin buka bisnis yang bisa nge-mix ilmu dari masa-masa perkuliahan lo dan juga kerjaan yang lo bakalan lakuin nantinya.

Inget cuy, kerjaan di zaman sekarang semakin dinamis, lo juga nggak bisa berharap dengan satu sumber penghasilan dan satu skillset aja. Lo kudu bisa show off dan maksimal di skillset yang lo punya, dan kembangin skills baru, utamanya sih soft skills yak.

Jangan pernah punya pandangan skeptis sama diri sendiri dan juga dunia yang lagi berkembang. Tetap coba dan mulai belajar dari hal yang lo sukai dulu, pelan-pelan lo bakal sadar potensi dan nggak akan terganggu ama pemikiran kayak “Gue bingung deh gue kuliah selama ini buat apa” atau “Nantinya gue bisa kerja jadi apa ya”.

Kalo lo fokus ngembangin diri semasa kuliah, ketika lulus nantinya lo nggak akan takut mau kerja di mana.

Nikmatin aja prosesnya. Dari pertanyaan lo, gue pikir sekarang lo masih kuliah, dan lo nggak perlu terbebani atau overthinking soal itu untuk saat ini. Fokus buat bikin progress di skills yang lo anggep penting buat karier lo ke depan. Nggak ada yang tau rezeki lo nantinya dari mana. 

Itu saran dari gue. Perkuat mindset lo, buat pemikiran lo jadi satu senjata yang bisa lo asah untuk bisa survive di dunia yang makin berkembang ini yak. Semangat cuy! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Bang Roy

Bang Roy