Food

TEH HANGAT MANIS JADI ANDALAN SAAT SAKIT, SEMANJUR APA SEBENARNYA?

Dari kasus kecelakaan ringan sampai kesurupan, teh hangat manis hampir selalu jadi andalan sebagai pertolongan pertama. Sesakti apa sih minuman ajaib ini?

title

FROYONION.COM - Di Indonesia, teh hangat manis adalah kunci. Minuman ini hampir selalu jadi hidangan nomor satu ketika sakit, tidak peduli apapun sakitnya. 

Batuk pilek? Minum teh hangat manis. Demam? Teh hangat manis. Jatuh dari motor? Minum teh hangat manis. Pingsan saat upacara  bendera? Sajikan teh hangat manis. Kesurupan? Pasti ada teh hangat manis. 

Betul, teh memang mengandung antioksidan yang bagus bagi tubuh. Tapi saat minuman yang sama jadi andalan untuk segala keluhan kesehatan, muncul satu pertanyaan di pikiran kita. Memang sesakti apa sih secangkir teh hangat manis? Atau ini hanya sugestif saja? 

BACA JUGA:

TERNYATA ANGGUR MERAH LEBIH BIKIN SAKIT KEPALA, KETIMBANG MINUMAN BERALKOHOL LAINNYA 

Ahli gizi sekaligus profesor Ilmu Nutrisi di Universitas Pennsylvania, Colleen Tewksbury, mengatakan bahwa saat seseorang dalam kondisi sakit, ia akan kehilangan nafsu makan dan rasa hausnya. Ini merupakan tanda bahwa sistem kekebalan tubuh bekerja secara berlebihan. Padahal, tubuh membutuhkan cairan, karbohidrat, protein, vitamin serta mineral. 

Dalam keadaan tubuh yang sakit dan menolak segala bentuk cairan serta makanan untuk masuk, akan sangat sulit untuk memenuhi semua kebutuhan tersebut. Nutrisi seimbang ini akan dapat mempercepat pemulihan, meningkatkan energi hingga membantu membangun sistem kekebalan tubuh. Makanan sehat dengan gizi seimbang akan sangat penting dikonsumsi ketika sedang sakit. 

Apalagi, sistem kekebalan tubuh kita akan membutuhkan lebih banyak energi guna melawan infeksi. Dalam kondisi normal, tubuh akan mendapat pasokan bahan bakar dari glukosa dalam makanan. Namun dalam kondisi sakit atau berpuasa, tubuh akan memanfaatkan asam lemak sebagai cadangan sumber energi tinggi. 

APA YANG HARUS DIKONSUMSI KETIKA SAKIT? 

Tubuh manusia membutuhkan rangkaian kombinasi nutrisi tertentu, mulai dari tingkat protein, vitamin, karbohidrat dan lain-lain. Dalam kondisi tidak sehat, makan lebih sering dalam porsi kecil akan lebih diutamakan daripada makanan dalam porsi besar yang umum dikonsumsi ketika sehat. Tentunya dalam porsi makan harus tetap memasukkan semua unsur nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Resep inilah yang menjadi awal mula sup kesehatan. Berbahan kaldu dengan semua komponen di atas, semangkuk sup panas beruap akan membantu memecah lendir pada infeksi saluran pernapasan bagian atas. 

Penting juga untuk fokus pada minum. Hidrasi merupakan bagian penting untuk melawan hampir semua penyakit. Ini juga menjadi tantangan tersendiri karena tubuh kehilangan banyak cairan akibat dari penyakit yang sedang diderita. Minuman tanpa kafein seperti air, jus buah, teh herbal dan minuman elektrolit gula rendah seperti air kelapa terbukti mampu meningkatkan hidrasi. 

BACA JUGA:

INDUSTRI PANGAN KOREA SELATAN GALAKKAN SERTIFIKASI HALAL DEMI PASAR INDONESIA 

Inilah yang kemudian menjadi awal pemberian teh hangat manis untuk segala kondisi keluhan kesehatan. Seseorang mungkin tidak sedang memasak sup sayuran di rumahnya, tapi hampir di tiap rumah akan bisa dengan mudah ditemukan teh celup yang bisa langsung diseduh. Proses penyajiannya juga cepat dan mudah sehingga kerap dijadikan sebagai pertolongan pertama. 

Secangkir teh manis juga terbukti bermanfaat bagi tubuh, bahkan jika dikonsumsi oleh seseorang yang tengah dalam kondisi sehat. Beberapa manfaatnya mulai dari meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah stres, meningkatkan fungsi otak, menjaga kesehatan jantung sampai dengan menangkal radikal bebas. 

TIDAK HANYA POPULER DI INDONESIA 

Survey pada 2020 yang dilakukan terhadap 395 orang Amerika oleh Seton Hall University menunjukkan bahwa konsumen lebih memilih teh untuk kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan jantung hingga meningkatkan suasana hati. 

Sebanyak 93% responden dari survey tersebut merasakan ketenangan saat meminum teh, sementara 84% dari mereka merasa lebih bisa berkonsentrasi. Kandungan dalam secangkir teh memang mampu memberi efek menenangkan. Minuman ini berasal dari tanaman Camellia sinensis, salah satu spesies bunga camellia yang dibudidayakan untuk dipanen dan menghasilkan teh. 

Teh juga mengandung l-theanine, salah satu senyawa kimia yang mampu melawan gejala kecemasan serta meningkatkan pereda stres. Senyawa ini juga dapat meningkatkan rasa tenang, merangsang gelombang alfa di otak hingga relaksasi dalam situasi stres. 

Dalam teh juga turut terdapat kafein sehingga kombinasi antara kedua senyawa ini mampu menghasilkan kejernihan serta fokus guna meningkatkan kinerja mental dan menenangkan pikiran. Semua manfaat ini bisa didapatkan dari segala jenis teh mulai dari teh hijau, teh oolong, teh hitam dan lain-lain. 

BACA JUGA: KOPI ROBUSTA VS ARABIKA, MANA YANG LEBIH POPULER DI INDONESIA? 

Jadi, iya, teh hangat manis memang sesakti itu. Ia jelas bukan obat, tapi tetap merupakan pertolongan pertama yang bermanfaat ketika badan sedang terasa tidak sehat. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Wahyu Tri Utami

Sometimes I write, most of the time I read