Food

TAK CUMA SEHAT DAN HEMAT, MEMASAK SENDIRI JUGA BAIK BUAT MENTAL LHO!

Buat kamu yang enggak suka masak, coba mulai belajar sekarang. Soalnya memasak jadi salah satu terapi kesehatan mental lho!

title

FROYONION.COM - Memasak mungkin adalah salah satu kegiatan yang sulit dilakukan. Terkadang kita berpikir bahwa perlu keahlian tertentu untuk menyajikan makanan lezat di atas piring. Padahal memasak makanan dengan bahan yang sederhana saja sudah bisa membuat makanan enak lho. 

Selain sehat dan tidak perlu khawatir tentang kebersihannya, memasak sendiri ternyata menyimpan banyak manfaat lainnya lho. Salah satunya adalah baik untuk kesehatan mentalmu. Tak heran, kini kegiatan ini menjadi terapi kesehatan mental yang dianjurkan oleh para ahli kesehatan. 

Dalam sebuah studi yang berjudul Psychosocial Benefits of Cooking Interventions: A Systematic Review (2017), ada berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan dari memasak makanan sendiri. Pertama, meningkatkan koneksi sosial. Sebab dalam memasak, kita harus berkoordinasi dengan orang lain untuk mengolah bahan hingga menjadi sajian lezat. 

Kedua, memasak juga bisa meningkatkan kepercayaan diri. Walau terkesan sepele, memasak itu membutuhkan skill seperti kepekaan pada rasa dan juga ketelitian ketika memasukkan bahan-bahan makanan. Nah ketika apa yang kita buat hasilnya lezat tentu saja kita merasa senang dan ingin mencoba menu-menu baru lainnya. 

BACA JUGA: KENAPA RESEP MASAKAN DI INTERNET NGGAK SESUAI EKSPEKTASI?

Yang paling penting, memasak juga bisa meningkatkan mood kita dan menghilangkan rasa cemas. Sama seperti sedang melukis, menulis, atau menggambar, memasak adalah kegiatan kreatif yang membutuhkan kemampuan kita untuk mengkreasikan sesuatu. 

Ini juga didukung oleh pernyataan dari seorang Psikolog Klinis dari Smart Health Psychology, Marni Amsellem, PhD seperti dikutip Refinery29 nih. Ia mengatakan membuat makanan itu bisa menjadi terapi karena banyak alasan, termasuk menghasilkan sesuatu yang nyata yang kita makan sendiri. 

"Secara umum, (memasak dan membuat kue) pelampiasan kreatif dan pelampiasan produktivitas. Kita cenderung merasa diasuh saat merawat diri sendiri dan terkadang terlibat dalam aktivitas kreatif adalah sesuatu yang menyenangkan untuk kita," kata Amsellem. 

Ditambah nih, gerakan-gerakan memasak makanan bisa menjadi tugas yang relatif mudah. Inilah yang membantu meringankan depresi dan kecemasan lho. Saat kita tidak bersemangat, melakukan sesuatu yang berbeda dari yang sering kita lakukan itu akan meningkatkan motivasi diri. 

BACA JUGA: SUKA KESEL LIAT KONTEN MASAK RESEP DEBM DI TIKTOK, TAPI KENAPA KITA TONTON SAMPAI SELESAI?

Belum lagi, saat kita memasak atau memanggang, kita benar-benar melakukan sesuatu untuk diri sendiri atau orang lain--kalau suka memasak untuk pacar atau keluarga. Nah melakukan sesuatu untuk menjaga diri sendiri dan orang lain bisa sangat terapeutik lho. 

"Ide untuk melakukan sesuatu untuk orang lain benar-benar terkait dengan perasaan senang. Kamu yang mengalami stres, kecemasan, atau apapun yang membuatmu sakit, kamu bisa mengubahnya menjadi sesuatu yang nyata dan positif akan bisa membawa kebahagiaan bagi dirimu dan orang lain," ujarnya. 

Terkadang untuk memulai memasak, kita berpikir untuk bisa menghasilkan sajian yang estetik dan juga lezat. Padahal memasak itu bukan sekadar untuk keindahan semata, tetapi juga dilakukan karena kita senang dan diberikan untuk jadi diri sendiri. 

Mulailah dengan masakan yang sederhana. Misalnya memasak nasi goreng atau memasak mie instan tapi menambahkannya dengan bahan-bahan lain agar rasa dan bentuknya terlihat berbeda. Memasak itu mudah kok, asal kamu mau mencoba dan jangan takut gagal. Sudah tahu mau masak apa hari ini? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Dian Rosalina

Penulis, Ibu-ibu, dan pecinta kucing yang suka bakso.