Food

REKOMENDASI MENU BURJO UNTUK MAHASISWA

Jangan sebut kamu mahasiswa sebelum mencoba makan di burjo! Percayalah, burjo adalah markasnya mahasiswa, buat makan, buat nongkrong, dan buat apa saja!

title

FROYONION.COM - Bagi mahasiswa khususnya di Jogja, Solo, dan Semarang warung burjo bukan sekadar tempat makan murah. Burjo juga kerap dijadikan tempat nongkrong mahasiswa untuk melepas penat atau obrolan penuh makna seperti mengkritisi pemerintahan yang sah dan memikirkan masa depan bangsa dan negara. 

Secara harfiah, warung burjo merupakan kepanjangan dari bubur kacang ijo. Lebih luas lagi, warung burjo tidak hanya menyediakan bubur kacang ijo saja namun juga menu-menu makanan rumahan atau olahan mie instan yang tentunya ramah di kantong mahasiswa. Soal cita rasa, tidak perlu diragukan lagi. 

Dilihat dari fisik dan visual, burjo identic dengan spanduk papan nama dengan paduan warna merah, kuning, dan hijau. selain itu pemilihan font dan warna cat dinding warung juga seragam. Umumnya burjo memang membuka gerai di dekat kampus karena target market mereka memang mahasiswa dan mahasiswi. Di Jakarta, burjo dikenal dengan warmindo. Sekilas mereka tampak sama, namun katanya sangat berbeda, khususnya soal rasa makanan. Hanya sama secara visual saja. 

Salah satu daya tarik dari burjo adalah harganya yang murah. Burjo merupakan markas besar mahasiswa-mahasiswa ngirit yang rindu dengan masakan rumah. Selain itu, burjo juga buka 24 jam. Bagi mahasiswa yang lembur di kampus atau berkegiatan hingga tengah malam dan bingung mau makan apa, burjo adalah jawabannya. 

REKOMENDASI MENU BURJO YANG COCOK UNTUK MAHASISWA 

Beberapa menu dapat dijumpai di burjo dengan harga yang ramah kantong. Tidak hanya menawarkan harga yang terjangkau saja, menu-menu di burjo cukup bervariasi dan tentunya enak. Berikut rekomendasi menu makan burjo yang pastinya cocok untuk mahasiswa. 

  1. Bubur kacang ijo

Menu yang pertama adalah bubur kacang ijo itu sendiri. Menu ini dapat dikatakan sebagai makanan pembuka atau untuk pengganjal perut. Menu yang memiliki bahan dasar kacang hijau dan ketan hitam ini dapat disajikan secara hangat maupun dingin dengan menambahkan beberapa es batu. Bubur kacang ijo sangat cocok dinikmati saat ingin nongkrong di burjo namun perut belum begitu lapar, selain itu bubur kacang ijo juga dapat dikonsumsi saat sudah makan namun belum kenyang sepenuhnya. Bubur kacang ijo dijual dengan harga yang terjangkau mulai dari 5-7 ribu rupiah saja. Sudah simple, murah, dan enak.

2. Nasi Telur

Berikutnya bergeser ke salah satu menu paling ikonik di burjo, yakni nasi telur. Nasi telur merupakan salah satu menu yang paling laku di burjo, alasannya karena proses masaknya yang cepat, menu sederhana, dan tentunya enak. Dengan bahan dasar telur yang bisa dikreasikan ceplok atau dadar, ditambah dengan sayur seperti bihun, kering tempe, atau kuah opor membuat nasi telur makin nikmat. Mahasiswa dapat merasakan kenikmatan menu ini dengan harga di kisaran 8-10 ribu rupiah saja. 

BACA JUGA: KENAPA MARTABAK MAKANAN YANG MESTI DIBAWA KE RUMAH PACAR?

3. Nasi Ayam Opor

Nasi ayam opor menjadi opsi untuk mahasiswa yang suka dengan nasi yang sedikit berkuah. Nasi ayam opor disajikan dengan sayur pelengkap seperti kering tempe, sayur buncis, bihun, dan juga sambal. Opor yang diolah dengan rempah yang berani dan dipadukan dengan tekstur daging ayam yang empuk membuat menu ini jadi salah satu menu favorit mahasiswa. Nasi opor ayam dapat dibeli dengan harga yang terjangkau mulai dari 10-12 ribu rupiah saja. Murah meriah bukan? 

4. Nasi Ayam Krispi 

Olahan ayam tidak memulu soal opor saja. Terdapat menu lain yang tidak kalah enaknya yakni nasi ayam krispi. Nasi ayam krispi cocok untuk mahasiswa yang kurang doyan dengan masakan berkuah dan lebih senang dengan yang kering-kering. Ayam krispi yang dibalut dengan tepung memberikan tekstur gurih pada makanan. Tentu jika dibandingkan dengan merk ayam goreng krispi macam KFC atau Mc Donald tidak akan sebanding. Namun untuk makanan dengan harga sekitar 10-12 ribu rupiah sudah mendapatkan rasa yang enak sudah sangat worth it untuk dicoba. 

5. Nasi Orak Arik 

Nasi orak arik sangat cocok untuk mahasiswa yang menyukai keanekaragaman rasa dalam satu piring. Nasi orak arik dibuat dari campuran suiran daging ayam, telur, sosis dan sawi yang kemudian ditumis secara bersamaan. Menu ini menawarkan rasa yang gurih dan beragam sehingga membuat nasi terasa lebih nikmat. Nasi orak arik dapat dibeli dengan harga yang terjangkau mulai dari 9-11 ribu rupiah saja. Sepiring nasi orak arik menyimpan rasa yang beragam dan dapat dibeli dengan harga terjangkau. Belum puas dengan campuran beberapa bahan utama, nasi orak arik juga dapat dinikmati dengan ikan sarden yang pastinya membuat cita rasa nasi orak arik makin nikmat. 

6. Magelangan 

Menu yang satu ini merupakan salah satu menu  favorit. Magelangan merupakan paket kombo dan mengenyangkan karena dibuat dari nasi yang dicampur dengan mie instan. Karbohidrat bertemu karbohidrat. Sudah pasti kenyang!

Magelangan merupakan olahan nasi yang dipadukan dengan mie goreng instan. Proses pembuatannya sama seperti membuat nasi goreng. Disantap dengan tambahan telur ceplok setengah matang dan kerupuk membuat sepiring magelangan menjadi menu favorit saat sedang kelaparan akut. Rasa manis dari kecap yang dipadukan dengan rasa gurih dari bumbu-bumbu pilihan membuat magelangan memiliki tempat special di hati tiap-tiap mahasiswa yang menikmatinya. 

7. Aneka Olahan Mie Instan

Olahan mie instan di burjo ada beragam macam seperti mie goreng, mie kuah, omlete, dan mie dok-dok. Aneka olahan mie instan dapat menjadi opsi jika mahasiswa sedang bosan makan nasi. Jika suka dengan mie yang kering, mie goreng telur merupakan pilihan yang tepat. Jika udara sedang dingin-dinginnya dan membutuhkan hidangan berkuah untuk menghangatkan badan, mie kuah telur dan mie dok-dok merupakan pilihan yang pas. Khusus untuk mie dok-dok, olahan mie yang satu ini memiliki cita rasa yang gurih dan cenderung pedas, jadi pastikan punya persiapan sebelum menyantapnya supaya tidak sakit perut!

Olahan mie instan berikutnya adalah favorit mahasiswa yang suka masakan yang gurih krispi, yakni omlet. Omlet dibuat dari mie yang kemudian dibalut dengan telur dan kemudian didadar atau digoreng dengan minyak yang sedikit. Omlet memiliki tekstur yang krispi di luar dan lembut di dalam. Cita rasanya yang gurih ini sangat cocok untuk dijadikan lauk dengan nasi atau sebatas cemilan sebagai penunda rasa lapar. 

Itulah rekomendasi menu makan burjo khususnya untuk mahasiswa yang tentunya murah dan enak. Di lingkungan kampus, sebenarnya banyak sekali pilihan makanan, namun makan dan nongkrong di burjo merupakan hal yang berbeda. Kalau tidak percaya, coba rasakan sendiri! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Juhan Suraya

Juhan Suraya. Suka baca buku, suka menulis, cenderung realistis.