Food

MENGUNJUNGI SOTO SEGAR BERKAH BU UMI PASAR LEGI YANG NIKMAT DAN MANTAP

Soto merupakan salah satu hidangan yang legendaris di Solo. Salah satunya adalah Soto Berkah Bu Umi. Hmmm, seperti apa ya rasanya?

title

FROYONION.COM – Solo merupakan salah satu kota yang menjadi destinasi wisata di Jawa Tengah. Solo menawarkan berbagai macam wisata mulai dari wisata sejarah, budaya, hingga kuliner. 

Di Solo, menu soto memiliki ciri khas dengan kuahnya yang bening dan juga rasanya gurih. Soto di Solo tidak hanya disajikan dengan isian daging ayam, namun juga ada soto dengan irisan daging sapi. Kamu dapat menjumpai aneka sajian soto di berbagai tempat yang tersebar di Solo.

Kota Solo dikenal juga dengan kota yang tidak pernah tidur, dari pagi hingga malam hari banyak sekali aktivitas, terlebih bagi para pedagang yang mengais rejeki di Kota Solo. Salah satu pedagang yang buka di malam hari seperti kuliner, banyak sekali ditemui di kota ini, dari malam sampai pagi masih ada yang menyediakan hidangan khas Kota Solo. Bagi pecinta kuliner hangat di malam hari bisa mencoba salah satu masakan soto yakni Soto Sarkem.

Dinginnya malam kota Bengawan membuat saya ingin mencari santapan yang hangat-hangat dan tentunya menyegarkan. Saya memiliki beberapa pilihan di kepala seperti mie dok-dok, nasi kare, bakso dan mie ayam. Ternyata alam bawah sadar saya merasa opsi barusan tidaklah sepenuhnya yang saya butuhkan. 

Kebingungan ini akhirnya membawa saya untuk memilih soto. Soto merupakan hidangan yang sudah pasti menghangatkan badan, segar, dan tentunya murah. Akhirnya, tanpa pikir panjang, saya langsung menuju ke salah satu warung soto yang cukup underrated di kota Solo, yakni warung Soto Berkah Bu Umi. 

Mengapa saya mengatakan bahwa warung soto ini underrated? Dengan rasanya yang segar dan lezat, banyak media yang nyaris tidak memperhitungkan soto ini sebagai rekomendasi soto yang harus dicoba saat berkunjung di Solo. 

Umumnya, media-media besar memberikan rekomendasi seperti Soto Gading, Soto Ndelik, Soto Kwali hingga Soto Gerabah. Nyaris tidak ada yang menyebut Soto Berkah Bu Umi. Padahal, soal cita, Soto Berkah Bu Umi tidak kalah saing dengan soto-soto yang telah disebut sebelumnya. 

Setelahnya, meluncurlah saya menuju lokasi. Memang menikmati soto di daerah asalnya menjadi pengalaman yang menyenangkan. Walau tidak ada sejarah pasti di mana soto berasal, namun di tanah Mataram ini, soto menjadi salah satu hidangan tradisional yang sudah ada sejak zaman kerajaan. 

Soto Berkah Bu Umi terletak tepat di seberang Pasar Legi Solo tepatnya di Jl. Letjen S. Parman No.19, Setabelan, Kec. Banjarsari, Solo. Meski terletak di daerah yang tidak seramai Pasar Triwindu Ngarsopuro, Manahan, Sarkem, Balai Kota hingga Jl. Slamet Riyadi, tidak membuat Soto Berkah Bu Umi sepi pembeli. Kuah beningnya yang segar, isiannya yang beragam, dan harganya yang murah menjadi daya tarik tersendiri bagi pembeli. 

BACA JUGA: MENCARI JAWABAN APAKAH NGARSOPURO NIGHT MARKET MERUPAKAN MALIOBORONYA SOLO

Saat saya masuk ke warung tersebut, suasananya sangat sederhana. Tidak ada kios atau apa, melainkan hanya warung tendaan yang buka di teras kios pada malam hari saat kios tersebut telah tutup. Di bawah atap terpal, Soto Berkah Bu Umi menawarkan pengunjungnya untuk duduk lesehan atau duduk di kursi dan meja yang sudah tersedia. 

Di atas meja tersaji topping yang beragam, ada tempe goreng, tempe tepung, tahu goreng, tahu bakso, dan perkedel. Sementara untuk sate-satean, ada state babat, sate telur puyuh, dan sate usus. Selain itu, varian lainnya ada sosis basah, aneka krupuk, dan yang paling membuat segar soto ini yakni jeruk nipis. 

Bersama dengan teh hangat yang saya pesan, membuat malam saya semakin hangat. Soto saya santap dengan perlahan yang saya selingi dengan seruputan teh untuk melancarkan soto melewati tenggorokan. Dengan beberapa topping yang saya pilih yaitu sosis basah, perkedel, sate babat dan sate telur puyuh membuat cita rasa semakin beragam. 

Penilaian saya tidak goyah. Saya tetap menganggap bahwa Soto Berkah Bu Umi merupakan salah satu soto paling enak di kota Solo. 

Setelah saya menyantap soto daging sapi, saya berbincang dengan pegawai Soto Berkah Bu Umi. Ia mengatakan bahwa warung Soto Berkah Bu Umi dimiliki oleh Bu Umi yang saat ini dikelola oleh anaknya dibantu oleh beberapa pegawai, sementara Bu Umi hanya datang sesekali ke warungnya. 

Mulanya, Bu Umi membuka warung soto sederhana dengan tenda saja. Soto dipilih sebagai sumber penghidupan karena proses pembuatannya yang sederhana, memiliki cita rasa yang khas, salah satu menu makanan khas Solo, dan merupakan salah satu santapan favorit masyarakat Solo. 

Warung Soto Berkah Bu Umi sudah buka sejak tahun 2014 dan belum pindah sama sekali hingga saat ini, yang berarti bahwa soto ini sejak awal berdiri di seberang Pasar Legi, Solo. 

Selain itu, Soto Berkah Bu Umi juga selalu mengandalkan kuah bening dengan cita rasa yang gurih, asin dan menghangatkan tersebut. Hal itu menjadi salah satu senjata utama dari warung soto ini. 

Untuk harga, warung Soto Berkah Bu Umi terbilang murah meriah. Berdasarkan penuturan pegawainya, satu mangkuk soto daging sapi kecil dihargai 5 ribu rupiah sementara soto daging sapi besar dihargai sebesar 10 ribu rupiah. 

Soto Berkah Bu Umi yang terletak di Pasar Legi merupakan salah satu soto underrated di wilayah Solo dan sangat wajib untuk dicoba jika berwisata ke kota Bengawan. Datang dan rasakan kesegarannya! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Juhan Suraya

Juhan Suraya. Suka baca buku, suka menulis, cenderung realistis.