Food

5 REKOMENDASI MAKANAN KHAS SOLO YANG BERSEJARAH UNIK

Selain karena rasanya yang khas, makanan Solo juga dikenal unik karena tiap makanannya punya sejarah dari beragam kehidupan budaya masyarakat sekitar

title

FROYONION.COM - Selain terkenal karena salah satu nama stasiunnya yakni stasiun Solo Balapan yang jadi judul lagu karya alm. Didi Kempot, Kota Solo juga terkenal dengan kulinernya yang khas. Kota yang hanya berjarak sekitar 60 km dari Kota Yogyakarta ini punya beragam makanan khas yang nggak hanya proses masaknya saja yang detail tapi juga pengaruh  budaya masyarakat sekitar. Makanan khas Solo merupakan adaptasi dari perpaduan budaya Jawa, budaya Keraton, budaya Kolonial dan budaya warga pendatang.

Buat yang berencana mencoba kuliner baru, lagi kangen sama Kota Solo atau lagi berencana buat ke Kota Solo beberapa makanan khas Solo ini bisa kalian coba, antara lain:

1. Tengkleng

Bahan utama tengkleng adalah tulang kambing dengan kuah santan berwarna kuning. Walaupun mengandung santan, tapi kuah tengkleng cenderung encer tak seperti kebanyakan makanan santan yang kental. Kuliner ini berasal dari kreativitas warga Solo pada zaman penjajahan yang kekurangan bahan makanan. Karena daging hanya bisa dikonsumsi oleh para bangsawan, tulang-tulang yang tidak dikonsumsi para bangsawan pun akhirnya diolah. Pakai nasi anget terus taburan bawang goreng enak, nih, Civs!

2. Garang Asem

Secara penampilan, garang asem ini mirip sama pepes karena dibungkus menggunakan daun pisang dan proses masaknya dikukus. Olahan ayam kampung berkuah segar, gurih dan asam. Rasa asamnya didapat langsung dari buah belimbing sayur (belimbing wuluh). Dulunya, makanan ini biasa dimakan oleh para bangsawan karena berbahan utama ayam kampung yang mahal, tapi siapa saja kini bisa memakannya. Dalam proses memasak dan penyajiannya ada cabai rawit utuh yang kalau kamu nggak hati-hati, nih, Civs satu buah cabai rawit bisa bikin mulut kepedesan! Buat Civs yang berdomisili di Jakarta, bisa menikmati sajian makanan khas Solo di Omah Solo Cafe & Resto di daerah Cilandak, Jakarta Selatan.

3. Sosis Solo

Nah ini yang sering banget dijual sama mahasiswa buat dana usaha (danus) atau ibu-ibu buat penghasilan tambahan. Bentuknya yang mirip risol atau lumpia ini kulitnya terbuat dari telur dadar. Sejarah makanan ini berasal dari Kanjeng Sunan Pakubuwono ke-X yang ingin mencoba makanan favorit para menir dan noni-noni Belanda. Dengan hasil racikannya yang telah disesuaikan dengan rasa jadilah sosis solo yang isiannya terdiri dari daging cincang dan potongan telur rebus lalu digulung bersama kulit telur dadar dan digoreng. 

4. Timlo Solo

Timlo Solo terinspirasi dari makanan khas masyarakat Tionghoa bernama sup kimlo. Makanan ini adaptasi budaya dari banyaknya warga Tionghoa di Solo dan telah ada sejak tahun 1960-an. Sup daging dengan kembang tahu dan irisan telur rebus ini dikenal juga dengan sup solo atau sup ala warga Solo. Civs bisa nyobain makanan berkuah ini di Waroeng Solo Resto & Cafe yang ada di daerah Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

5. Nasi Liwet

Kalau di Solo, nasi liwet biasa tersedia di pasar-pasar tradisional misalnya di Pasar Gede atau Pasar Kliwon. Nasi yang berasal dari desa Menuran dan sering disajikan sebagai menu perayaan Maulid Nabi. Konon makanan ini sering disajikan saat acara Maulid Nabi karena terinspirasi dari nasi samin yang katanya, sih jadi nasi favoritnya nabi. Karena sulit menemukan minyak samin jadilah nasi liwet yang terbuat dari santan kelapa.

Nasi liwet Solo ini berbeda dengan nasi liwet masyarakat Sunda. Nasi liwet Solo disajikan dengan sayur labu siam, ayam suwir, serta irisan telur rebus ini punya rasa gurih manis. Rasa gurihnya nggak hanya berasal dari nasinya yang dimasak dengan santan, tapi juga karena adanya areh (pati santan). Kalau Civs pengen coba masak nasi liwet yang gurih ini, bisa, kok! 

Bareng Chef Martin Natadipraja dan Food Enthusiast pengurus Aku Cinta Makanan Indonesia (ACMI), Astrid Enricka berbagi resep dan cara bikin Nasi Liwet versi nggak ribet di edisi Kuliner Indonesia Kaya di Channel Youtube Indonesia Kaya. Bahan-bahan yang disiapkan antara lain ada ayam kampung, santan kelapa parut, daun salam, bawang merah, garam dan beras. Buat Civs yang sedang mencoba hal baru atau pengen kuliner ke Solo tapi belum sempat. Bisa dicoba masak nasi liwet Solo sendiri di rumah atau di kos, hehe! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Anisah Meidayanti

Mantan anak FOMO yang sekarang hijrah jadi JOMO. Suka riset, suka nulis dan suka kucing!