Food

KEDAI ES TEH JAYA ABADI: MINUM TEH SAMBIL BERNOSTALGIA SUASANA TEMPO DULU

Kalau lagi di Kota Bogor, jangan lupa minum teh sambil bernostalgia ke Kedai Es Teh Jaya Abadi

title

FROYONION.COMTeh menjadi minuman kesukaan banyak orang. Mulai dari teh tawar, teh manis, es teh, sampai varian teh kekinian yang marak terjual di pasaran. Namun, kalian tahu, nggak? Di Kota Bogor, ada satu gerai yang menjual aneka racikan teh otentik dengan suasana tempo dulu.

Ya, namanya Kedai Es Teh Jaya Abadi. Buat kalian yang selalu up-to-date di media sosial, pasti sudah nggak asing. Berlokasi di Jalan Merdeka, Ciwaringin, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat, kedai ini seolah magnet bagi siapapun untuk datang dan mencicipi segarnya teh asli nusantara.

Menurut pantauan kontributor Froyonion.com, kedai itu dimiliki oleh Tegoeh Winandar yang memiliki latar belakang pendidikan spesialis bedah di Solo dan mulai menjadi penikmat teh pada tahun 2016. Belajar dari berbagai pakar, sang pemilik akhirnya memberanikan diri untuk mendirikan kedai pada pada April 2022.

Walaupun tergolong baru, sudah ada 35 merek teh dengan beragam varian yang siap memanjakan rasa penasaran para pengunjung. Teh yang digunakan bukan sembarang teh, alias jenis teh tubruk dari berbagai merek legendaris hasil petani teh Indonesia.

BACA JUGA: BUTTERFLY PEA TEA: TEH SI CANTIK UNGU BUNGA TELANG KEARIFAN LOKAL KAYA KHASIAT

SUASANA “VINTAGE” ERA 70-AN YANG BEGITU KENTAL

Ketika sampai di depan kedai, kalian akan disuguhi kesan kuno alias vintage yang antik khas bangunan rumah jaman dulu. Seperti perpaduan warna hijau dan putih pada eksterior bangunan, papan nama kedai yang dicetak tebal, serta penggunaan warna dan gaya tulisan yang mencolok. Oh ya, papan informasi jam buka kedai juga ditulis 

Aneka poster iklan hingga perabot menambah kesan kuno (Foto Dok. Pribadi)

Perjalanan berlanjut dan pintu utama terbuka. Aneka poster iklan jadul dari beberapa jenama asal Indonesia memenuhi setiap sudut dinding kedai. Tak ketinggalan lembaran kalender cetakan tahun 1974, sebuah televisi tabung hitam putih, meja dan kursi yang antik sukses membuat pengunjung terpana.

Setelah kalian memesan menu di kasir, lupakan sejenak untuk menggunakan wadah plastik karena kalian bisa memilih gelas berbahan enamel yang identik dengan kesan kuno. Kemudian duduklah di kursi bercat merah yang terletak di dekat jendela. Asyik, bukan?

Aneka pajangan dan perabot bernuansa tempo dulu bukan cuma menarik mata pengunjung. Namun, pengetahuan pengunjung juga bertambah bahwa perkembangan karya seni khususnya seni kriya di Indonesia sangatlah berkembang. 

Di samping itu, penamaan ‘Jaya Abadi’ juga tak luput dari kisah menarik. Penggunaan nama unik tersebut demi menggambarkan suasana toko jaman dulu pada era 70-an dan mampu menarik perhatian serta mudah diingat oleh pengunjung.

MENU YANG BERAGAM DAN TERJANGKAU

Menu yang tersaji di kedai Es Teh Jaya Abadi sangatlah beragam. Kalian nggak perlu khawatir datang ke sini hanya minum es teh manis karena ada tiga varian menu teh: menu es teh klasik, menu wedhangan, dan varian kebarat-baratan. Mari kita kupas satu per satu.

Suasana Kedai Es Teh Jaya Abadi
Suasananya seperti pada tempo dulu menjadikan pengunjung betah (Foto Dok. Pribadi)

Pada menu es teh klasik, tersedia es teh manis & tawar JA (Jaya Abadi) yang terbuat dari 3 varian teh asli Solo, Pekalongan, dan Karanganyar. Kemudian es teh kampul yang dikombinasikan dengan irisan jeruk nipis. Lalu es teh susu yakni seduhan teh dengan krimer kental manis. Dan es teh mondo alias es teh dengan sedikit gula.

Menu wedhangan terdiri dari wedhang jahe teh yakni teh panas dipadu dengan jahe asli. Kemudian wedhang teh tubruk yang terbuat dari 2 varian teh tubruk asli Pekalongan dan Karanganyar. Selanjutnya wedhang teh susu yang berpadu dengan teh asli Pekalongan dan Karanganyar ditambah krimer kental manis. Serta wedhang teh tubruk manis, yakni campuran 2 varian teh tubruk bercita rasa manis.

Untuk varian kebarat-baratan, kalian bisa mencoba ice green tea latte, ice/hot ocha, ice/hot thai tea, ice/hot lime tea, atau ice/hot lychee tea. Camilan seperti kue sus, biskuit gabin, risoles, bakwan jagung, ketan kelapa, sosis Solo, dan mendoan juga semakin melengkapi keseruan menyeruput teh.

“Menurutku tehnya enak, manisnya pas, dan seger. Camilan kayak risol dan mendoan juga cocok jadi teman minum teh. Dan yang terpenting suasananya itu unik dengan dekorasi nuansa tempo dulu. Harga terjangkaulah buat makanan dan minumannya,” ucap Ina, salah satu pengunjung kedai.

Dengan harga mulai Rp4.000 sampai Rp15.000 untuk menu teh, dan harga serba Rp5.0000 untuk camilan, dijamin terjangkau dan nggak bikin dompet kalian menangis hanya untuk bertandang dan menikmati racikan teh khas tempo dulu di Kedai Es Teh Jaya Abadi.

Jadi, sudahkah kalian berkunjung ke kedai teh unik ini? Kalau belum, kalian boleh datang sendiri atau ramai-ramai bareng teman, ya! (*/)

BACA JUGA: APA IYA PENCINTA TEH KALAH PAMOR DENGAN PENIKMAT KOPI?

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Lukman Hakim

Penulis lepas yang menuangkan ide secara bebas tapi tetap berasas