Food

DIPIMPIN RAWON, BERIKUT DAFTAR 10 MAKANAN BERKUAH TERBAIK DI DUNIA VERSI TASTE ATLAS

Ada Indonesia coy! Rawon kalahkan ramen dalam survey makanan berkuah terbaik di dunia versi Taste Atlas. Kira-kira makanan apa saja dan dari negara mana saja ya yang terpilih masuk 10 besar?

title

FROYONION.COMMakanan asli Indonesia kembali diakui kelezatannya oleh dunia. Kali ini rawon menempati urutan teratas sebagai makanan berkuah terbaik di dunia versi Taste Atlas

Taste Atlas sendiri dikenal sebagai situs yang secara khusus membahas aneka kuliner dari seluruh penjuru dunia. Para penikmat kuliner juga bisa memberikan ulasan hingga voting pada makanan tertentu yang menurut mereka dirasa paling enak. 

Juli lalu, komunitas pembaca Taste Atlas merangkum 10 makanan berkuah atau sup paling enak dari seluruh dunia. Dari skala 1 sampai 5, rawon menempati posisi teratas dengan poin 4.8.  Apa saja sembilan sup lainnya dan dari negara mana saja mereka berasal?  

Yuk, simak daftar mundur 10 sup terbaik di dunia versi Taste Atlas berikut. 

BACA JUGA:

KENAPA BAKPIA SANGAT IDENTIK DENGAN YOGYAKARTA?

10. ZUREK (POLANDIA) 

Di posisi ke sepuluh ada zurek yang mendapat poin 4.6. Berasal dari Polandia, zurek terdiri dari semangkuk sup yang dilengkapi empat potong roti tawar berbahan dasar gandum, sosis daging serta separuh porsi telur rebus dengan bumbu bawang putih. 

Rasanya gurih dan porsinya sendiri cukup besar, mengingat roti adalah bagian penting dalam kuliner Polandia. Biasanya, sup dan sosis daging akan disajikan panas sementara roti dan telurnya dingin. 

Menyantap zurek sudah jadi kebiasaan warga Warsawa, Polandia di musim dingin karena makanan ini memang cukup menghangatkan. Zurek juga menjadi salah satu makanan khas Polandia yang nggak boleh dilewatkan kalau kalian berkesempatan berkunjung ke negara ini. 

9. SHOYU RAMEN (JEPANG) 

Selanjutnya ada shoyu ramen dari Jepang yang sama-sama mendapat nilai 4.6 seperti zurek. Mi ramen asal Jepang sendiri memiliki jenis yang cukup beragam. Salah satunya yang populer adalah shoyu ramen. 

Shoyu sendiri adalah sejenis kecap asin khas asal Jepang yang biasanya digunakan sebagai bumbu masakan ataupun cocolan. Terbuat dari fermentasi kacang kedelai, gandum, garam serta air, tekstur shoyu ini halus, berwarna hitam dan kaya akan umami. 

Nah, ramen yang menggunakan kecap asin dalam bumbu kuahnya ini disebut shoyu ramen. Dalam pengolahannya, daging serta sayuran akan terlebih dahulu direbus agar bisa mendapat kuah kaldu yang gurih dan cenderung asin. 

8. RAMEN (JEPANG) 

Kembali mendapat poin 4.6 adalah ramen dari Jepang. Ini ramen secara keseluruhan, bukan spesifik shoyu ramen seperti di poin ke-9 di atas.  

Ramen sendiri adalah kuliner mi berkuah khas Jepang. Ciri khasnya adalah rebusan mi yang dituangkan dalam semangkuk kuah dari aneka jenis kaldu. Ragam lauk akan ditambahkan ke atasnya seperti daging, telur rebus hingga irisan daun bawang. 

BACA JUGA:

3 ALTERNATIF SUSU NON HEWANI, NOMOR TERAKHIR PALING VIRAL! 

7. BORI-BORI (PARAGUAY) 

Selanjutnya ada bori-bori, sup tradisional asal Paraguay, Amerika Selatan yang mendapat poin 4.7. Menu favorit saat musim dingin ini memiliki kuah keemasan serta rasa yang begitu kaya akan rempah.

Terbuat dari daging ayam ataupun sapi berpadu dengan aneka jenis sayur hijau, bumbu yang dipakai terdiri dari daun salam, saffron, peterseli hingga cengkeh. Nama sup ini sendiri mengacu pada bola-bola kecil dalam supnya yang terbuat dari campuran keju serta tepung jagung. 

6. CIORBA RADAUTEANA (ROMANIA) 

Berada di posisi enam dengan poin 4.7 adalah ciorba radauteana asal Romania. Sup tradisional ini dibuat dengan kombinasi antara daging ayam, bawang putih, paprika merah, seledri, wortel, parsley, jus lemon dan krim asam.  

Semua bahan dimasak dalam api rendah sampai daging dan sayurnya matang. Tambahan jus lemon membuat rasa sup ini cenderung asam. Di Romania, ciorba radauteana kerap digunakan sebagai makanan penghilang rasa pengar dan meredakan gejala demam. 

5. TAIWANESE HOT POT (TAIWAN) 

Hot pot asal Taiwan menempati posisi kelima dengan poin 4.7. Makanan ini biasa dikonsumsi saat musim dingin tiba. Nggak ada resep yang pasti, karena isian hot pot bisa berbeda-beda satu sama lain. Namun umumnya dalam menu hot pot pasti terdapat kuah kaldu dengan aneka bahan yang dimasak di dalamnya lengkap dengan saus cocolan. 

Untuk kuah kaldunya sendiri bisa menggunakan herba Cina, tulang babi, kubis hingga kimchi. Sementara bahan-bahan yang dimasak di dalamnya termasuk sayur-sayuran, tofu, dumpling, kue ikan hingga potongan tipis daging.  

4. SOPA DE LIMA (MEKSIKO) 

Sopa de lima atau disebut juga sup jeruk nipis berasal dari Meksiko dan meraih poin 4.7 dalam daftar sup terbaik di dunia versi Taste Atlas. Berasal dari daerah Yucatan, bahan pembuatnya termasuk kuah kaldu, jus lemon dan suwiran ayam. 

Untuk menambah rasa, digunakan juga aneka rempah seperti ketumbar, jintan dan cabe bubuk. Beragam topping juga akan ditambahkan di atasnya seperti krim asam, buah alpukat hingga keju.  

BACA JUGA:

MENGUNJUNGI SOTO SEGAR BERKAH BU UMI PASAR LEGI YANG NIKMAT DAN MANTAP

3. TOM KHA GAI (THAILAND) 

Disebut juga sup ayam santan, tom kha gai menduduki peringkat tiga dengan poin 4.7. Sesuai namanya, bahan-bahan pembuatan makanan berkuah ini adalah daging ayam, santan kelapa dan aneka rempah seperti sereh, ketumbar, kecap ikan dan cabe Thailand.

Tom kha gai termasuk dalam hidangan tradisional yang bisa dengan mudah ditemukan di tiap sudut Negeri Gajah Putih. Cara pembuatannya juga terbilang sederhana sehingga kerap dimasak di rumah untuk makan malam. 

2. TONKUTSU RAMEN (JEPANG) 

Satu lagi varian mi ramen asal Jepang yang masuk dalam daftar ini adalah tonkutsu ramen. Makanan ini berasal dari perfektur Fukuoka di Pulau Kyushu, Jepang dan merupakan makanan khas daerah tersebut. 

Ciri khas tonkutsu ramen dan yang membedakannya dari jenis ramen lain adalah bahan kaldunya. Menggunakan tulang babi yang direbus hingga berjam-jam, mi kuah ini juga biasanya dihidangkan dengan topping daging babi. Sebutan lain untuk tonkutsu ramen adalah hakata ramen. 

1. RAWON (INDONESIA) 

Juara satu sekaligus pemuncak daftar ini adalah rawon asal Indonesia dengan poin 4.8. Berasal dari Ponorogo, Jawa Timur, ciri khas rawon ialah bumbu hitam yang terbuat dari biji kluwek. Bahan utama yang digunakan sendiri berupa daging sapi dalam potongan kecil-kecil. 

Rawon biasa disajikan bersama nasi, tauge, telur asin, daun bawang serta kerupuk udang. Bahan pelengkap lain juga biasa dihidangkan bersama rawon seperti daging empal dan juga sambal. Kunci kelezatan rawon terutama berasal dari olahan kuah kaldu daging dan juga rempah-rempahnya. 

Nah, itu dia sepuluh sup terbaik di dunia versi Taste Atlas. Adakah yang sudah kalian coba dari daftar di atas, atau justru sup favorit kalian nggak masuk dalam list? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Wahyu Tri Utami

Sometimes I write, most of the time I read