Food

COBAIN MI TAREMPA KHAS KEPULAUAN RIAU, KONON CUMA ADA 1 CABANG DI JAKARTA

Gurih, asam, manis, pedas, bercampur di sepiring Mi Tarempa cabang Jakarta. Pencinta kuliner nusantara bisa merapat ke Mie Terempa’k di Sawah Besar, Jakarta Pusat!

title

FROYONION.COMBarangkali kalian asing mendengar Tarempa, sebuah kota kecil di Kabupaten Anambas, Provinsi Kepulauan Riau yang ternyata memiliki kuliner yang tengah naik daun dan jadi bahan FOMO bagi pencinta kuliner nusantara. Ya, mi tarempa.

Ketika mengetik kata kunci mi tarempa di dunia maya, mata langsung tertuju terhadap sajian olahan mi telur berwarna kuning pipih, tampil begitu menggugah selera dengan kuah merah dan diberi taburan daging ikan tuna serta telur.

Kudapan mi yang memiliki nama sesuai asalnya ini, ibarat sebelas dua belas dengan mi aceh yang terlebih dahulu tersohor. Namun yang membedakan adalah mi tarempa memiliki cita rasa lengkap, kombinasi gurih, asam, manis, dan pedas. Terlebih taburan ikan tuna yang mulanya menggunakan ikan tongkol serta kecambah dan telur jadi ciri khas tersendiri.

Beruntungnya, nggak perlu jauh-jauh bertandang ke pulau seberang hanya untuk mencicipi mi tarempa karena kuliner ini bisa dinikmati di kedai Mie Terempa’k yang berlokasi di Jl. Raya Mangga Besar No.68, Sawah Besar, Jakarta.

Demi memuaskan rasa penasaran, penulis berkesempatan mencicipinya di kedai yang menjadi cabang satu-satunya di Jakarta. Penasaran dengan rasa, tekstur, suasana, dan harganya? Simak artikel ini hingga selesai!

BERDIRI SEJAK 2013 DAN TIDAK MEMBUKA CABANG LAIN

Mie Terempa’k Jakarta
Kedai mi tarempa satu-satunya di Jakarta bernama Mie Terempa’k di bilangan Sawah Besar, Jakarta. (Foto: Dok Pribadi Penulis)

Sejarah berdirinya kedai Mie Terempa’k  bermula pada tahun 2013 yang merupakan usaha turun temurun keluarga dengan mendirikan kedai yang sama di tanah asalnya, Batam, Kepulauan Riau. Lebih dari satu dekade berselang, kedai ini tetap menjadi incaran penikmat mi tarempa yang jumlahnya terbilang langka di ibukota.

Meski sudah berdiri lama, popularitas mi tarempa seakan-akan semakin populer berkat kekuatan media sosial Instagram dan TikTok. Food vloger, komunitas kuliner hingga masyarakat tak sedikit yang memberitahu kabar kedai berpredikat kuliner hidden gem ini.

Lokasi kedai Mie Terempa’k yang tersembunyi, sebenarnya gampang sekali untuk diakses. Selain menaiki kendaraan pribadi, penulis menyarankan untuk menaiki KRL lalu turun di Stasiun Mangga Besar dan melanjutkan perjalanan dengan mikrolet nomor 01 jurusan Kota - Pasar Baru. Moda transportasi lain seperti Transjakarta juga bisa jadi pilihan lalu turun di Halte Jembatan Merah yang berjarak 500 meter dari lokasi.

Sesampainya di lokasi, kalian akan disambut dengan banner bertuliskan logo Mie Terempa’k dan luasnya kedai beratap yang menambah kenyamanan menyantap. Oh iya, tepat di sisi samping kedai, terdapat toko karangan bunga legendaris, Bina Flora yang bisa jadi destinasi seru setelah mencicipi mi tarempa.

HARGA DAN MENU MI TAREMPA DI KEDAI MIE TEREMPA’K

Mi Tarempa ikan tuna
Gurihnya mi tarempa topping ikan tuna dengan hangatnya teh o jadi perpaduan pas. (Foto: Dok Pribadi Penulis)

Tak perlu basa basi, berdasarkan riset sederhana yang dilakukan sebelumnya, penulis memesan varian terlaris yaitu mi tarempa dengan topping ikan tuna yang disajikan bersama kuah merah lezat seharga Rp23 ribu. Kalian juga bisa pilih opsi lain seperti mi tarempa kering dan lembab atau nyemek, baik itu berisi topping sapi, seafood atau dengan tambahan pangsit kering.

Kesan pertama adalah mi kenyal yang disajikan saat hangat-hangatnya, ditambah kuah yang gurih dan taburan ikan tuna serta potongan kecambah. Jangan lupa beri acar berisi irisan cabai hijau yang asam dan pedas guna menambah cita rasa.

Roti abon Tarempa
Luti gendang atau roti goreng berisi abon ikan tuna juga jadi primadona selain mi tarempa. (Foto: Dok Pribadi Penulis)

Selain mi tarempa, kalian wajib mencicipi luti gendang atau roti goreng berisi abon ikan tuna yang lagi-lagi tak kalah lezat. Merogoh kocek Rp4 ribu tiap potongnya, penulis berani jamin tak cukup makan satu, alias bikin ketagihan. Makanlah luti gendang dengan cara dicelup ke kuah mi tarempa. Maknyus!

Minuman yang tersedia di kedai ini memiliki penamaan yang khas, seperti teh o, teh o peng, teh susu peng, teh tarik peng, kopi peng, dan kopi susu peng. Kata “o” yang diserap dari bahasa Mandarin berarti panas, sedangkan “peng” berarti “es”. Berhubung cuaca sedang diguyur hujan, teh o atau kopi o bisa jadi sajian minuman yang hangat, semua dibanderol mulai Rp5 ribu hingga Rp15 ribu.

Gimana, sudah nggak sabar buat icip-icip segar gurihnya mi tarempa? Yuk, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi lembutnya mi tarempa asli hanya di kedai Mie Terempa’k. (*/)

BACA JUGA: WAJIB COBA! ICIP LEMBUTNYA MI AYAM GONDANGDIA YANG ADA SEJAK TAHUN 1968

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Lukman Hakim

Penulis lepas yang menuangkan ide secara bebas tapi tetap berasas