Esensi

PSST! INI CARA SEBUAH TOPIK BISA JADI TRENDING TOPIC DI TWITTER

Selain memilih kata kunci dan topik yang tepat, masih ada cara lain yang bisa bikin topik jadi trending topic di Twitter. Selengkapnya, baca di sini, Civs!

title

FROYONION.COMCivs, pernah kepikiran nggak, kok bisa ya suatu konten atau topik bisa jadi trending topic Twitter? Jumlah tweets-nya pun mulai dari ribuan, ratusan ribu, sampai jutaan. Sebenarnya, apa sih rahasia di balik trending topic Twitter?

Usut punya usut, dilansir dari laman Blogging Wizard, strateginya ada ketika lo mem-posting konten secara aktif di Twitter. Namun, itu aja nggak cukup. Artinya, lo harus mengeksplorasi segala hal yang bisa membuat konten lo jadi trending topic.

Semenjak diciptakan pada tahun 2006 silam oleh seorang mahasiswa NYU, Jack Dorsey, Twitter dikenal sebagai platform media sosial yang unik karena punya fitur percakapan real-time, dan pengguna pun bisa mengikuti, atau bahkan mengikuti sosok berpengaruh di dunia, serta nggak bakal ketinggalan update peristiwa global.

Terlebih, saat ini Twitter memiliki lebih dari 192 juta pengguna harian yang termonetisasi alias mendapatkan keuntungan dari bermain Twitter. Dan sebenarnya ada cara yang bisa lo jangkau agar meraih trending topic Twitter. 

Terus, gimana caranya?

Nah, sebelum kita bahas lebih lanjut tentang alasan kenapa sebuah topik bisa menjadi trending topic di Twitter, beserta caranya. Ada baiknya lo memahami terlebih dahulu dasar-dasar mengenai trending topic Twitter yang seru buat dibahas.

Semuanya akan dijelaskan secara tuntas hanya di artikel ini. Baca sampai akhir, Civs!

BACA JUGA: 5 LANGKAH BIKIN KONTEN BERDASARKAN TRENDING TOPIC BIAR KONTEN LO AUTO RAMAI!

CARA SEBUAH TOPIK BISA JADI TRENDING TOPIC DI TWITTER

Dilansir dari laman resmi Twittertrending topic Twitter bermula dari sebuah tren yang ditentukan oleh algoritma yang bakal mengidentifikasikan topik yang tengah populer selama beberapa waktu atau setiap hari.

Pertanyaannya, gimana caranya sebuah topik bisa jadi trending di twitter? 

Mengutip Tabloid Bintang, anggapan kalau trending topic cuma ditentukan dari jumlah tweet tentang topik tertentu atau penggunaan tagar atau hashtag, sebenarnya kurang tepat, Civs. Ada beberapa faktor lain yang membuat suatu topik bisa jadi trending topic di Twitter.

Pertama, menempatkan kata kunci sedemikan rupa. Hal ini lumrah dilakukan untuk mempopulerkan suatu topik atau peristiwa yang tengah terjadi. Misalnya suatu kampanye bisnis perusahaan yang bergerak di industri kreatif Indonesia, bakal menyematkan suatu kata kunci yang berkaitan dengan topik yang dipilih

Kedua, memilih waktu yang tepat. Waktu yang tepat akan membuat suatu topik yang kita angkat dapat populer dan bertengger di trending topic, Civs. Namun, lo perlu untuk menganalisis waktu terlebih dahulu. Misalnya, memilih waktu dini hari atau siang hari karena orang-orang cenderung aktif bermain Twitter pada waktu tersebut.

Ketiga, rajin berinteraksi dengan pengguna Twitter lain. Jika lo udah berusaha membuat tweet yang diharapkan bakal trending di Twitter, jangan lupakan buat berinteraksi dengan pengguna lain. Misalnya, saling berkomentar, me-retweet, sehingga topik yang lo angkat akan tetap aktif dan relevan.

Keempat, punya pengikut aktif di Twitter. Sebenarnya, nggak masalah kalau lo berpikir jika semakin banyak pengikut atau followers, maka peluang suatu topik bakal populer akan lebih besar. Namun, pastikan didukung pula oleh pengikut aktif yang nggak cuma mengikuti akun lo doang.

Kelima, kawinkan topik dengan minat pengikut. Mau tau nggak biar topik yang lo buat biar makin trending? Salah satu caranya adalah mengawinkan atau menghubungkan suatu topik dengan minat pengikut. Lo bisa mengadakan polling dahulu untuk mengetahui minat mereka. Selanjutnya, lo tinggal eksekusi deh!

Selain itu lo bisa mengajak teman atau pengikut lo untuk mempopulerkan topik yang sedang lo angkat. Namun selalu ingat untuk membuat topik yang mengarah ke hal positif, alias bukan berbau SARA, spamming, dan bahkan memuat unsur politik.

CATATAN PENTING DALAM MEMBUAT TRENDING TOPIC TWITTER

Yang namanya trending topic emang nggak terlepas dari upaya pihak-pihak tertentu untuk memasukan unsur politik, menyerang seseorang, atau membahas hal-hal vulgar yang kerap terjadi. Makanya, ada beberapa catatan penting yang perlu lo pahami dalam membuat trending topic.

Misalnya, mohon maaf, jika lo berniat untuk memasukan kata-kata vulgar atau berhubungan dengan unsur-unsur dewasa, siap-siap aja konten atau topik lo bakal diblokir oleh pihak Twitter. Pada beberapa kasus, pertimbangan tersebut juga berpengaruh terhadap kelangsungan suatu akun alias bisa-bisa dihapus secara permanen.

Kemudian, terkait penggunaan hashtag secara berlebihan juga mesti lo waspada, Civs. Pasalnya, para pengikut atau followers lo bakal berpikir lo sedang melakukan spamming. Nah, biar aman dan penggunaan hashtag dapat optimal. Batasi penggunaan hashtag minimal sebanyak dua setiap tweet-nya.

Dan, lo jangan sekali-kali mengirim tweet atau hendak mempopulerkan topik biar jadi trending topic menggunakan pesan otomatis. Alasannya, kembali lagi terhadap konsep Twitter sebagai tempat untuk berekspresi, dan melakukan percakapan secara dua arah. Jika lo melanggarnya, hal ini sama aja mengurangi kualitas topik yang lo buat, Civs.

Sampai sini, udah makin paham kan soal kenapa sebuah topik bisa jadi trending topic di Twitter? 

Demi menciptakan lingkungan media sosial yang sehat, lo juga bisa berkontribusi memanfaatkan Twitter sebagai platform tren anak muda Indonesia dengan topik dan informasi berkualitas, Civs. (*/)

BACA JUGA: WAJIB DICOBA! 5 TOOLS INI BIKIN LO NGGAK BINGUNG LAGI MENCARI IDE KONTEN

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Lukman Hakim

Penulis lepas yang menuangkan ide secara bebas tapi tetap berasas