Kreatif

5 LANGKAH BIKIN KONTEN BERDASARKAN TRENDING TOPIC BIAR KONTEN LO AUTO RAMAI!

Konten lo sepi mulu? Cobain 3 langkah ini biar konten lo auto ramai dengan trending topic, Civs!

title

FROYONION.COMKreator konten asal Indonesia kini banyak bikin konten berdasarkan trending topic yang lagi viral. Nggak cuma meniru konsep, namun ada juga membahas dari sisi yang jarang diketahui orang-orang.

Dengan membuat konten trending topicengagement media sosial lo juga bakal ikut naik. Hal ini tentu terasa berbeda jika kita membuat konten yang nggak mengandung unsur trending, biasanya akan cenderung sepi, Civs.

Dilansir dari Sirclo, ketika lo membuat konten trending topic, secara bertahap juga akan mengangkat popularitas bisnis yang tengah lo bangun, khususnya di era industri kreatif Indonesia saat ini.

Misalnya, tren menonton film yang kini sedang ramai dibicarakan. Lo bisa membahas mulai dari karakter pemain di kehidupan aslinya, fakta-fakta yang jarang orang ketahui, atau mengulas teori-teori yang kerap jadi bahan perbincangan.

Jika lo salah satu penggemar berat musisi kenamaan Indonesia. Lo bisa cari tau juga lagu apa yang sedang hits. Selanjutnya, lo bisa mengkreasikan topik lagu tersebut menjadi konten-konten populer melalui seluk beluk fakta-fakta lagu ciptaannya.

Penasaran gimana langkah-langkah bikin konten trending topic? Simak artikel ini sampai selesai!

BACA JUGA: LAGU LAWAS INDONESIA KEMBALI HITS BERKAT KREATIVITAS KREATOR TIKTOK

APA ITU KONTEN TRENDING TOPIC?

Sebelum kita terjun untuk membuat konten trending topic, gue pengen jelaskan dahulu definisinya. Dikutip dari Big Commercetrending topic adalah suatu subjek yang sedang populer untuk dibahas di lini media sosial dalam waktu yang terbatas.

Kenapa bersifat terbatas? Umumnya, konten trending topic nggak akan bertahan lama. Kecuali, konten ini dipopulerkan kembali oleh beberapa kreator konten yang jeli untuk melihat peluang seberapa populer topik yang diangkat.

Soal ruang lingkup topik yang sedang trending juga macam-macam, mulai dari peristiwa terkini, berita selebriti, pemutaran film, sampai konten-konten receh bin absurd juga banyak disukai netizen di media sosial, Civs!

Popularitas konten trending topic bergantung terhadap algoritma platform media sosial. Melalui fitur kecerdasan buatan atau artificial intelligence, sebagian besar platform bakal menyesuaikan topik-tipik berdasarkan lokasi dan riwayat pencarian pengguna. Canggih juga ya?

TOOLS YANG PERLU LO SIAPKAN

Sebagaimana yang lo ketahui dalam membuat konten trending topic juga dapat memanfaatkan beberapa tools di bawah ini agar lo nggak bingung ingin bahas apa nantinya, yaitu:

1, GOOGLE TREND

Topik yang sedang populer di mesin pencari Google biasanya dihitung berdasarkan tingkat pencarian kata kunci dalam waktu tertentu. Jadi, Google Trend bisa lo jadikan opsi untuk mencari topik-topik yang sedang ramai dibahas.

2. TWITTER

Twitter emang gudangnya trending topic! Lo tinggal pilih topik-topik yang relevan dengan niche konten yang akan dibuat. Uniknya, lo bisa mengambil referensi topik berdasarkan negara tertentu. Jangan lupa sematkan kata kunci terkait topik yang telah lo pilih di konten yang akan dibuat.

3. INSTAGRAM

Di urutan ketiga kita bisa mengandalkan Instagram. Sedikit tips, lo bisa memanfaatkan fitur hashtag yang sekiranya sedang ramai dibahas atau juga bisa lewat fitur explore untuk lo jadikan referensi dalam membuat konten trending topic.

4. TIKTOK

Kini, TikTok kian ramai digunakan kreator konten di dunia untuk memanfaatkan topik yang sedang tren. Sedikit berbeda dari tools lainnya, lo bisa mencari referensi melalui fitur for you page (FYP), hashtag, atau lewat pencarian suara alias sound yang populer digunakan dalam mencari trending topic.

LANGKAH-LANGKAH BIKIN KONTEN TRENDING TOPIC

Di bawah ini ada beberapa langkah-langkah untuk membuat konten trending topic yang bisa lo coba. Simak dan jangan lupa praktikkan, ya Civs!

1. RIDING THE WAVE

Riding the wave adalah salah satu cara untuk memanfaatkan topik atau sesuatu  yang sedang tren, kemudian lo ambil esensi topik tersebut untuk memanfaatkannya menjadi konten. Kaitkan topik yang relevan dengan konten atau brand bisnis lo.

2. MANFAATKAN KONTEN TRIVIA ATAU QUIZ

Tonjolkan keunikan konten yang lo buat dengan variasi konten seperti trivia ataupun quiz. Jika trivia adalah konten yang berisi fakta-fakta unik dari topik yang diangkat, konten seperti quiz juga bisa lo manfaatkan untuk meningkatkan engagement dengan followers lo, Civs!

3. SEMATKAN VISUALISASI YANG MENARIK

Rasanya hambar jika konten trending topic nggak didukung dengan visualiasi yang dapat meningkatkan ketertarikan suatu konten. Sebagai pilihan, lo bisa menyematkan  infografis, memilih warna dan font yang sesuai, maupun menempatkan gambar atau video tambahan.

4. PERKUAT DENGAN CAPTION DAN HASHTAG YANG RELEVAN

Jika proses pembuatan konten telah selesai, selanjutnya adalah mempublikasikannya melalui platform media sosial. Umumnya, caption dan hashtag juga nggak luput lo perhatikan. Caption yang bisa mendeskripsikan secara singkat, ditambah hashtag yang relevan dengan pemilihan topik akan semakin membuat konten lo akan ramai, Civs!

5. BAGIKAN KONTEN YANG TELAH LO BUAT

Terakhir, opsi untuk membagikan alias sharing konten yang telah lo posting juga penting agar konten trending topic yang lo bikin semakin stand out. Karena fungsi dari fitur sharing dapat membantu konten lo bisa dikenal secara luas, dan kesempatan untuk viral juga makin tinggi.

Nah, itulah pembahasan mengenai langkah-langkah membuat konten trending topic biar konten lo jadi ramai. Bukan mustahil lagi konten-konten seperti ini jadi tren anak muda Indonesia yang bisa mendongkrak kreativitas. (*/)

BACA JUGA: 5 CARA MENULIS CREATIVE BRIEF UNTUK LO PEKERJA KREATIF

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Lukman Hakim

Penulis lepas yang menuangkan ide secara bebas tapi tetap berasas