Esensi

MELIHAT MASA LALU LEWAT GOOGLE STREET VIEW, BERANI COBA NGGAK LO?

Mau nostalgia tapi nggak pakai ribet? Cobain dulu fitur Google Street View yang satu ini, Civs!

title

FROYONION.COMBagi lo yang sering bepergian atau sekadar mencari alamat, Google Maps memang begitu diandalkan. Bukan cuma itu, salah satu layanan dari Google ini ternyata bisa untuk melihat masa lalu alias nostalgia secara gratis lewat Google Street View!

Faktanya, Google Maps memang bisa digunakan sebagai tempat bernostalgia, loh! Fitur Google Street View yang ada di Google Maps bisa digunakan untuk melihat tampilan nyata suatu lokasi. 

Namun, kenapa sih orang-orang suka banget buat bernostalgia, ya Civs?

Erica Happer, dosen di School of Psychology, Universitas Surrey, Inggris, mengatakan jika manusia senang gemar bernostalgia maka akan menimbulkan perasaan bahagia dan nyaman. Perasaan inilah yang pengen terulang lagi oleh beberapa orang.

Uniknya, alasan tersebut yang kemudian diikuti oleh salah satu pengguna media sosial TikTok bernama @riyandi_alan dengan membuat konten tentang nostalgia terhadap perubahan lokasi menggunakan teknologi Google Street View yang ada di Google Maps!

Misalnya, di salah satu video miliknya menunjukkan perubahan yang terjadi di sudut antara Stasiun Sudirman dengan Terowongan Kendal, Menteng, Jakarta Pusat. Kelihatan banyak perubahan yang terjadi antara tahun 2013 hingga 2022, kan Civs?

Sepintas konten seperti ini tampak biasa aja ya, namun bagi lo yang nggak sengaja melihat, hasrat untuk bernostalgia terhadap tempat-tempat atau lokasi yang sebelumnya lo kunjung juga akan muncul.

Plus, ini jadi cara baru bagaimana kreator konten bisa berkarya dengan cara yang unik dalam perkembangan dunia kreatif Indonesia, khususnya soal cara bernostalgia.

Sayangnya, fitur Google Street View juga punya keterbatasan. Umumnya, lo hanya bisa mengakses tampilan masa lalu suatu lokasi dengan rentang antara 3 - 5 tahun sebelumnya. Tergantung sejak pertama kali tempat tersebut terekam oleh Google Street View.

Tapi, biar nggak tambah penasaran bagaimana caranya bisa melihat masa lalu lewat Google Street View, lo bisa baca panduan selengkapnya lewat artikel berikut ini.

BACA JUGA: DIJAMIN GRATIS, 5 ALTERNATIF SOFTWARE VIDEO EDITOR YANG BISA LO GUNAKAN

RAHASIA DI BALIK GOOGLE STREET VIEW DI GOOGLE MAPS

Sebelum kita bahas lebih lanjut, kita cari tau dahulu bagaimana fitur ini bisa menampilkan gambar yang baik di Google Maps. Dilansir dari rd.com, Google menerapkan dua cara dalam mengabadikan tampilan nyata suatu lokasi menjadi foto berteknologi 360 derajat, yaitu dengan bantuan mobil dan kontributor.

Penggunaan mobil Google Street View menjadi cara pertama dan paling umum dilakukan untuk mendapatkan foto suatu lokasi. Semenjak diluncurkan tahun 2007, jika lo perhatikan, tepat di atas mobil terpasang satu unit kamera 360 derajat dengan sensor 20 megapiksel. Adapun proses penjahitan foto langsung terhubung saat itu juga dengan Google Maps.

Sedangkan untuk cara kedua yaitu menggunakan jasa seorang kontributor atau sukarelawan di Google Maps. Menurut data googlemaps.guru, kini sudah ada lebih dari 67 ribu relawan kontributor di seluruh dunia yang siap mengabadikan momen yang biasanya nggak bisa dijamah oleh mobil Google Street View, Civs!

Oh ya, Google juga punya kendaraan selain menggunakan mobil, mulai dari sepeda, troli, kendaraan roda tiga, dan tentunya dengan cara digendong secara berjalan kaki. Kendaraan tersebut disesuaikan dengan medan jalan yang bakal ditempuh oleh kontributor Google Street View.

CARA MUDAH BERNOSTALGIA DI STREET VIEW OLEH GOOGLE MAPS

Terus, gimana caranya supaya lo bisa bernostalgia di Google Street View? Gue langsung tanya ke Google dan menurut situs support.google.com, ada beberapa langkah mudah yang dapat dilakukan.

Pertama, buka aplikasi Google Maps yang tersedia di smartphone atau PC. Sebagai contoh, gue coba arahkan menurut versi PC.

Setelah berhasil membuka situs Google Maps, langsung aja arahkan menuju lokasi yang ingin lo kunjungi. Kemudian, klik ikon Street View di pojok kanan bawah dan tarik menuju lokasi yang telah ditetapkan.

Berikutnya, bila tampilan Street View sudah tampil, lo bisa mengarahkan kursor ke pojok kiri atas dan klik ikon berbentuk jam. Setelah lo klik, maka jendela kecil akan muncul untuk menampilkan kronologi lokasi yang pernah terekam. 

Seperti yang udah gue sampaikan bahwa tampilan masa lalu tiap lokasi berbeda, tergantung sejak kapan lokasi tersebut terekam kamera Google Street View. Jadi, agak mustahil melihat 5-10 tahun ke belakang karena kembali lagi kapan lokasi tersebut pertama kali direkam.

Tapi, ada sedikit tips ketika lo ingin kembali melihat kronologi waktu saat ini, cukup arahkan aja ke tahun yang lo inginkan. Oh iya, fitur menjelajah masa lalu yang dimiliki Google Street View dapat lo akses selama lokasi tersebut didukung atau telah direkam oleh Google Street View, ya Civs!

Nah, setelah tren melihat masa lalu lewat fitur yang ditawarkan Google Street View, kira-kira bakal ada gebrakan baru apalagi terkait tren anak muda Indonesia, Civs? Kalau ada, kabari kita dan jangan lupa lo coba juga ya! (*/)

BACA JUGA: CONTENT CREATOR LEBIH SUKA PAKAI IPHONE? TERNYATA INI ALASANNYA!

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Lukman Hakim

Penulis lepas yang menuangkan ide secara bebas tapi tetap berasas