Tekno

DIJAMIN GRATIS, 5 ALTERNATIF SOFTWARE VIDEO EDITOR YANG BISA LO GUNAKAN

Mulai sekarang stop pakai yang bajakan dan lo bisa menggunakan beberapa alternatif software video editor berikut ini, Civs!

title

FROYONION.COMMau bikin konten video tapi bingung ngeditnya pakai software apa? Pengen berkarier di industri kreatif Indonesia sebagai video editor, kalau pakai software yang bajakan bisa diancam pidana.

Kira-kira, ada nggak ya software video editor gratis, namun kualitasnya juga nggak kalah bagus?

Sebelum lo mencari jawaban atas software video editor gratis yang cocok. Gue mau kasih tau dahulu kalau software video editor yang beredar di pasaran kenapa bisa mahal.

Sebagai perbandingan, software video editor sekelas Adobe Premiere Pro dibanderol Rp 283.300/bulan atau mencapai Rp 3.237.600/tahun. Harga tersebut termasuk dengan software utama, Premiere Rush, dan Adobe Express.

Sedangkan, software video editor milik platform Apple, Final Cut Pro berada di kisaran 299 dollar AS atau sekitar Rp 4,7 juta untuk biaya langganan per tahun setelah masa trial selama tiga bulan. Sesuai sih dengan prinsip ada harga, ada rupa.

Tapi, kan bisa aja software berbayar itu bisa kita akali dengan menggunakan crack atau semacamnya?

Iya, memang bisa. Bisa berdosa! Di balik kemudahan pembajakan software video editor, ada dampak negatif yang mengintai, mulai dari serangan virus malware yang bisa merusak data, sampai keaslian software yang nggak tercatat secara hukum.

Melansir akun Instagram resmi Kominfosoftware video editor yang lo dapatkan secara bajakan juga berpotensi memengaruhi kinerja dan fungsi software yang jadi nggak maksimal. Mau untung, malah buntung.

Makanya, sebelum nasi sudah menjadi nasi uduk, eh bubur. Melalui artikel ini gue akan merekomendasikan lo software video editor gratis yang cocok untuk lo pakai.

Terlebih, saat ini sudah banyak beredar software video editor yang bisa langsung diunduh, bahkan dipakai secara simultan di browser kesayangan. Berikut rekomendasinya, Civs!

BACA JUGA: WAJIB DICOBA! 5 TOOLS INI BIKIN LO NGGAK BINGUNG LAGI MENCARI IDE KONTEN

1. CAPCUT

Siapa yang nggak tau CapCut. Software video editor sejuta umat ini punya banyak kelebihan yang begitu memudahkan. Mulai dari tampilan/user interface yang mudah dipakai, mendukung penyuntingan hingga banyak layer, dan bisa memakai template yang langsung terhubung dengan TikTok.

Walaupun begitu, software video editor tersebut juga memiliki kekurangan yang sejauh ini masih bisa dimaklumi, Civs. Di antaranya seperti ketersediaan efek yang belum terlalu lengkap dan lo perlu mengeluarkan lebih banyak effort untuk menyelesaikan proses editing.

Tapi, kabar baiknya. Saat ini CapCut bisa lo nikmati melalui perangkat PC atau laptop. Jadi, dibedakan dua versi: 1) lo bisa langsung gunakan secara simultan melalui situs capcut.com, atau 2) mengunduhnya terlebih dahulu dengan dukungan proses editing secara offline atau tanpa sambungan internet. Menarik, kan?

2. CLIPCHAMP

Rekomendasi berikutnya adalah Clipchamp. Mungkin bagi content creator atau video editor yang lebih akrab dengan software video editor lain, lo merasa asing mendengar namanya. Namun, Clipchamp begitu populer bagi mereka yang menyukai proses editing secara online alias menggunakan sambungan internet.

Seperti biasa, jika kita lihat kelebihan software video editing tersebut di antaranya tampilan/user interface yang simple, tersedia banyak template, terdapat beberapa efek dan transisi yang menarik, dan cocok dalam penambahan efek teks dan penambahan layer untuk audio.

Untuk mengaksesnya, lo juga bisa menggunakan dua cara: 1) mengunjungi langsung melalui situs app.clipchamp.com, atau 2) bagi lo pengguna Windows, bisa secara mudah mengunduh Clipchamp melalui aplikasi Microsoft Store. Dari cara itu, lo lebih prefer pilih yang mana, Civs?

3. MOVIE MAKER (VIDEO EDITOR)

Jika lo membutuhkan rekomendasi software video editor lain, lo bisa menggunakan Movie Maker yang sebelumnya bernama Video Editor. Salah satu yang banyak orang suka dari software ini adalah dapat digunakan untuk PC atau laptop yang memiliki spesifikasi rendah.

Uniknya, software video editor gratis ini bisa mendukung mode hasil editing hingga resolusi 4K (3840 x 2160p), ketersediaan efek transisi yang beragam, fitur overlay, dan lo bisa leluasa meng-edit video tanpa gangguan watermark yang biasanya begitu menjengkelkan.

Namun, di balik keunggulan yang ditawarkan Movie Maker, terselip satu hal yang mungkin membuat lo kurang nyaman. Misalnya, tampilan/user interface yang masih dasar dan belum terlihat seperti ekspektasi lo terhadap software video editor berbayar lainnya.

4. VSDC FREE VIDEO EDITOR

Selanjutnya adalah VSDC Free Video Editor. Software video editor gratis dan ringan ini sangat cocok digunakan bagi pemula yang baru terjun ke dalam dunia conten creation atau lo yang ingin berkiprah sebagai video editor. Software ini juga didukung banyak keunggulan, loh!

Beberapa kemudahan yang ada di VSDC Free Video Editor adalah penyesuaian format ekspor terhadap beberapa platform media sosial, misalnya software video editor ini akan menyesuaikan menurut ukuran format video di Instagram. Nggak cuma itu, lo juga akan disajikan beberapa efek, transisi, dan tampilan yang simple dan ramah digunakan.

Biarpun VSDC Free Video Editor layak dijuluki sebagai software video editor pilihan pemula. Beberapa kelemahan software ini di antaranya adalah belum mendukung akselerasi tambahan di PC maupun laptop dan terbatasnya pilihan resolusi saat mengekspor video.       

5. OPENSHOOT VIDEO EDITOR

Masih bingung mau pakai software video editor yang mana? Gimana kalau gue rekomendasikan lo untuk memakai OpenShot Video Editor? Software video editor ini tersedia untuk Windows, Mac, dan Linux. Sangat cocok digunakan bagi pemula yang mengincar software gratisan.

Lalu, apa aja yang ditawarkan OpenShot Video Editor? Beberapa keunggulan, di antaranya software ini gratis dan bebas dari watermark, kemudian urusan video editing juga semakin mudah karena tampilan/user interface yang nggak begitu sulit digunakan. Kemudian, kelemahannya adalah terdapat sedikit bug atau gangguan untuk Mac, dan beberapa tools tampaknya agak sulit dipakai.

Bagi lo yang penasaran untuk mencicipi OpenShot Video Editor, lo bisa mengunduhnya melalui situs resmi openshot.org. Ikuti beberapa langkah instalasi dan software video editor ini bisa langsung lo gunakan, Civs.

Itulah 5 software video editor gratis yang bisa menjadi rekomendasi lo untuk kebutuhan video editing. Sampai sini lo juga makin yakin bahwa masih banyak alternatif tools atau software yang bisa menunjang kreativitas lo sebagai content creator tanpa harus pakai yang bajakan. (*/)

BACA JUGA: CONTENTPRENEUR: MASA DEPAN CONTENT CREATOR YANG LEBIH CUANABLE BAGI ANAK MUDA

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Lukman Hakim

Penulis lepas yang menuangkan ide secara bebas tapi tetap berasas