Music

DI BALIK EUFORIA KONSER: KALAH PERANG TIKET, EH KETIPU CALO

Seiring dengan pengumuman konser musisi internasional yang semakin ramai akhir-akhir ini, kasus penipuan berkedok calo / jastip tiket konser juga jadi makin marak terjadi. Berikut langkah-langkah yang bisa lo coba untuk menghindari penipuan itu, Civs.

title

FROYONION.COMMenuju akhir tahun 2022, semarak konser ataupun festival musik yang menampilkan berbagai musisi mancanegara nampak nggak terbendung lagi, Civs. Seperti keran air yang handle-nya patah, para musisi ini nggak henti-hentinya mengeluarkan pengumuman untuk segera ngonser di negara tercinta kita. 

Mulai dari boyband/girlband asal Korea Selatan, contohnya NCT dan Seventeen yang beberapa waktu lalu sempat konser di Jakarta dan Tangerang, Blackpink yang bakal mengadakan konser spesial mereka pada Desember mendatang. Lalu, ada juga beberapa musisi/band dari barat kayak Lany, Kings of Convenience, dan paling baru ada Cigarette After Sex yang juga mengumumkan konsernya di Ancol pada awal tahun depan.

Di satu sisi, kehadiran konser musik oleh musisi mancanegara ini tentu membawa angin segar dan menjadi hiburan 'baru' bagi masyarakat kita. Setelah 2 tahun lebih dilanda pandemi, hasrat untuk menuntaskan krisis hiburan pun bisa terselesaikan. 'Balas dendam' akan masa-masa suram tanpa konser pun tampak bisa dilancarkan.

Tapi, di sisi lain pula, banyak dari kita yang seakan menghalalkan segala cara untuk bisa bertemu dengan idola. Termasuk salah satunya adalah menggunakan jasa calo tiket, ataupun jasa titip 'war' tiket konser artis-artis ini. 

Kasus penipuan tiket konser nggak henti-hentinya ter-up di media sosial, terutama bagi kita yang demen mantengin timeline Twitter.

Korban penipuan tiket konser Blackpink nge-spill pelaku di Twitter. (Sumber: chickypeachyy/Twitter)
Korban penipuan tiket konser Blackpink nge-spill pelaku di Twitter. (Sumber: chickypeachyy/Twitter)

Setiap hari, ada aja korban calo/jastip tiket yang nge-spill pelaku penipuan. Paling baru ada kasus penipuan tiket VIP di konser Blackpink. Uang Rp4,3 juta milik korban ludes diambil oleh sang pelaku. 

Kalo udah begini, cuma hukum sosial (dan hukum netizen Twitter) yang bisa membawa keadilan yang seadil-adilnya bagi pelaku. Ya, paling banter si pelaku jadi DPO, dihujat netizen pendukung korban, tapi pelaku juga masih berkesempatan untuk leha-leha dari uang hasil nipu.

Nah, untuk mengurangi, atau bahkan mencegah hal kayak gini terjadi lagi di masa depan, lo harus tahu hal apa yang bisa lo lakukan untuk mencegah ditipu calo/tukang jastip tiket konser, Civs.

SEBELUM PAKAI JASTIP, COBA WAR TIKET DENGAN BANYAK GAWAI SELAMA MASA PEMBELIAN TIKET

Sebelum ujug-ujug pakai jastip tiket konser. Lo bisa mengusahakan login akun untuk war tiket di beberapa perangkat berbeda dulu.

Terkadang, tingkat kecepatan processor dari gadget menentukan kesuksesan lo dalam war tiket. Alih-alih bergantung ke satu perangkat, lo bisa minta bantuan adik, kakak, sahabat, atau kerabat lainnya untuk bantuin lo war tiket dulu nih, Civs. Bisa jadi di perangkat mereka masih ada tiket yang bisa di-checkout nantinya.

PASTIKAN AKUN JASTIP WAR TIKET PUNYA TESTIMONI DARI ORANG YANG LO KENAL

Nah, kalo effort lo kurang berhasil di war tiket dan akhirnya memutuskan untuk membeli tiket lewat jalur jastip, pastikan bahwa abang / mbak jastipnya punya testimoni yang tepercaya. Lo bisa cek validitas doi lewat Instagram, Twitter, bahkan sampai nomor HP yang (misalnya) bisa lo cek terlebih dahulu di aplikasi Get Contact dan semacamnya.

Lebih baik lagi, kalo lo memakai jasa akun jastip yang pernah dipakai oleh kerabat lo. Tentunya peluang doi untuk kabur dengan uang customer jadi makin minim. Intinya, jangan asal percaya foto testimoni sepihak yak, Civs.

Khususnya untuk penggemar musisi asal Korea Selatan, yang punya fanbase cukup besar. Lo bisa pastikan untuk tanya-tanya perihal akun jastip yang tepercaya ke mereka. Intinya, lakukan background check dari akun jastip sebelum melakukan transaksi.

Pastikan juga untuk nggak membayar 100% harga tiket terlebih dahulu sebelum akun jastip bisa memberikan lo tiket konsernya. Biasanya, akun jastip akan meminta lo untuk bayar jasa mereka di depan, baru membayar harga tiket sisanya kalo akun jastipnya terbukti menang war.

Nah, untuk pembayaran harga tiketnya, usahakan untuk bayar DP/transfer uang di bawah 50% harga tiket asli, kemudian baru deh bayar sisanya ketika mengurus penukaran tiket secara langsung di venue. Dengan cara ini, lo bisa meminimalisir peluang penipuan tiket secara online.

KALO NGGAK MENANG WAR TIKET, IKHLASIN DAN NONTON FANCAM DI YOUTUBE AJA

Kalo dilihat secara sekilas, nggak ada yang salah dari sisi penonton untuk menggunakan jasa calo ataupun jastip tiket ini. Tapi rasanya, dengan terobosan ala masyarakat Indonesia yang dengan gampangnya 'ngakalin' hal yang emang harusnya direlakan (kalo nggak menang war), malah jadi bumerang juga.

Merelakan itu sulit, Civs. Apalagi merelakan untuk nggak nonton konser musisi sekaliber Blackpink, atau se-omo cincawoyo NCT yang mungkin nggak akan datang ke Indonesia untuk konser tiap tahun.

Tapi, menjaga kesehatan mental dan kesehatan dompet lo akan jadi lebih bijak ketimbang harus memaksakan pakai calo / tukang jastip tiket yang nggak terbukti kredibilitasnya (halah). Kalo lagi BM liat idola banget, lo selalu bisa nonton video fullset/fancam yang biasanya langsung ada di YouTube H+1 selepas konser, ya meskipun nggak akan seseru nonton langsung, sih.

BONUS TIPS MANTAP ALA SONIA: BELI TIKET DI VENUE KETIKA KONSER SEDANG BERJALAN

Berdasarkan pengalaman Sonia (sang penggemar mas-mas necis Korea Selatan), tips yang satu ini emang nggak menjanjikan lo pengalaman terbaik ketika menonton konser, tapi seenggaknya lo bisa tetap menonton idola secara langsung dengan tiket yang valid serta harga yang lebih terjangkau ketimbang beli tiket di calo sebelum konser dimulai.

Karena biasanya, sang penimbun tiket nggak pengen pulang dengan tangan hampa, mereka tetap mau tiket yang mereka jual tetap laku, meskipun (agak) rugi. Jadi, lo bisa coba beli tiket ketika konser lagi berjalan. Sambil nego, sambil sayup-sayup mendengar sajian musik dari idola di dalam venue, deh.

Jadi, ada banyak hal yang bisa lo lakukan untuk mencegah penipuan tiket konser untuk terjadi di kehidupan lo. Gue sangat memaklumi euforia menonton idola secara langsung, terkadang akal sehat pun nggak bisa 100% diandalkan di momen-momen ‘kritis’ kayak gitu. So, lebih bijak aja yak kalo mau nonton musisi panutan lo~ (*/)

BACA JUGA: HOBI NONTON KONSER, ADA MANFAATNYA NGGAK SIH?

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Garry

Content writer Froyonion, suka belajar hal-hal baru, gaming, dunia kreatif lah pokoknya.