Esensi

DEAR COWOK, GAPAPA BANGET KALO MAU NGAJAKIN SPLIT BILL, BENERAN!

Urusan bayar-membayar pada saat kencan pertama sampai saat ini masih jadi perdebatan di kalangan anak muda, walaupun nggak ada aturan tertulis untuk hal tesebut. Akan tetapi, beberapa dari mereka menganggap bahwa pihak cowoklah yang harus menanggung semua biaya saat kencan pertama tersebut. Sebenernya normal nggak, sih?

title

FROYONION.COM - Civs, kalo lo mau ngajakin cewek/cowok lo buat first date biasanya siapa yang bayarin? Atau malah split bill?

Split bill adalah kondisi yang mana kita harus membagi pembayaran atas apa yang udah kita nikmati. Misal, lo makan di restoran atau kafe dengan gebetan. Maka, masing-masing dari kalian akan membayar tagihan sesuai dengan jumlah makanan yang dipesan.

Split bill ternyata bukanlah istilah yang baru, Civs. Istilah ini pertama kali muncul di Amerika Serikat sejak tahun 1960-an, tepatnya saat era feminisme, yang mana perempuan akan menolak dan mengungkapkan jika dibayarkan penuh orang cowok maka kesannya tidak sopan. Secara harfiah, split bill diartikan sebagai pemisah tagihan. Atau isitlah dalam bahasa Indonesianya, “patungan”. 

Di Indonesia sendiri, budaya ini masih dianggap tabu, Civs. Kenapa? Soalnya dari pihak cowok selalu mendapat sorotan sebagai pihak yang harus menanggung biaya untuk si cewek. Kalo si cowok malah menawarkan untuk spill bill, siap-siap aja bakal dicap sebagai orang yang “pelit”. 

Sebenarnya, fenomena ini hal yang wajar bagi setiap orang, karena ada beberapa orang yang menganggap bahwa hal tersebut wajar dilakukan agar adil atau karena tidak ingin merasa memiliki hutang budi di kemudian hari. Sebagian cewek lain juga berpendapat jika dirinya cukup mampu membayar tagihan, sehingga tidak perlu merepotkan pria yang mengajak. 

BACA JUGA: DAFTAR KESALAHAN YANG DILAKUKAN COWOK SAAT FIRST DATE

DARI SUDUT PANDANG COWOK

Cowok-cowok bukannya mau menunjukkan kalo mereka punya uang, tapi lebih ke untuk memperlihatkan karakternya di depan gebetan. Apalagi ekspektasi terhadap mereka sebagai seorang yang akan memberi nafkah, sebagian cowok pasti pengen terlihat mapan di mata cewek. Apalagi kalo sama orang yang benar-benar dia suka. 

Ya, nggak salah, sih. Cuma, kalo dilakukan terus menerus, apalagi pas keuangan lagi surut, bisa-bisa malah merugikan diri sendiri, Civs. Selain itu juga bisa menciptakan kebiasaan tidak jujur pada pasangan. 

Tapi, ada juga, loh, cowok yang ngerasa ilfeel ngajak kencan tapi si cewek malah ngarepin banget dibayarin full. Padahal, seenggaknya para cowok pengennya dari pihak cewek untuk tetap menawarkan split bill walaupun ujung-ujungnya tetap cowoklah yang akan membayar. Yaa, sekadar buat basa-basi lah.

BACA JUGA: 3 HOBI COWOK YANG BAKAL DISUKAI OLEH CALON MERTUA

DARI SUDUT PANDANG CEWEK

Udah kodratnya cewek pengen selalu diperlakukan istimewa oleh cowok. Salah satunya dibeliin hal yang disuka dan bayarin tagihan ketika lagi jalan bareng. 

Tapi, hal tersebut kerap kali malah membuat para cewek galau. Bukannya nggak mau menghargai, biasanya cewek menganggap kalau hubungan mereka masih belum jelas, antara pacaran atau nggak, maka cowok nggak berkewajiban untuk membiayai. 

Jadi buat cowok-cowok, nggak apa-apa kalo lo nawarin split bill ke cewek. Kalo menurut gue sebagai cewek, split bill itu nggak masalah kok, justru lebih bagus soalnya jadi impas gitu, nggak ada beban. Lagian kan jaman sekarang baik cowok maupun cewek udah bisa  sama-sama kerja, jadi menurut gue ya fine aja kalo mau split bill gitu, kalo bisa bayar sendiri-sendiri, why not ya kan, Civs?

Trus kalo cowoknya mau bayarin full, ya nggak apa-apa. Kita cewek juga nggak masalah. Asal aja niat bayarinnya emang bener-bener tulus, jangan sampe nanti pas putus atau gagal jadian malah jadi bahan ungkitan di kemudian hari. (*/)

BACA JUGA: ALASAN KENAPA CEWEK LEBIH SUKA SAMA ‘FUCKBOY’ DARIPADA ‘SOFTBOY’

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Annisa Paramadina Rahmi

Mahasiswa nyambi freelancer