Esensi

DAFTAR KESALAHAN YANG DILAKUKAN COWOK SAAT FIRST DATE

Karir lancar, teman nongkrong banyak, tapi kehidupan percintaan lo payah? Selain karena belum saatnya, mungkin hal-hal ini yang jadi penyebab lo susah dapat jodoh, Civs.

title

FROYONION.COM - Kapan terakhir lo kencan untuk yang pertama kalinya sama seorang cewek, Civs? Tiap kencan mungkin nggak selalu berjalan mulus, kadang mereka menghilang setelah pertemuan kedua atau parahnya lagi kabur di kencan pertama. Saat itu terjadi, muncullah kegalauan di hati lo dan mulai mempertanyakan, “Apa yang salah di kencan terakhir kita? Apa emang cowok selalu salah?” 

Jawabannya, maybe yes maybe no karena lo nggak pernah mendengar alasan sesungguhnya. Namun, satu-satunya yang bisa lo kontrol untuk bisa dijadikan pelajaran emang dari diri sendiri. Bisa jadi, lo melakukan hal yang bikin dia berpikir ulang untuk meneruskan hubungan kalian. Sebenarnya hal ini bukan kejadian super langka, baik cewek maupun cowok masing-masing bisa punya kebiasaan yang bikin teman kencan mereka turn off dan putar balik. 

Kalau baru pertama kali ketemu, terus gimana dong biar lo kaum adam nggak bikin kesalahan dan bisa tau apa yang cewek harapkan dari kencan pertama? 

Nah, hal ini ternyata udah pernah diteliti oleh Match sebuah dating site yang berpusat di Texas. Mereka melakukan survei kepada lebih dari 5.000 jomblo di US. Dari survei tersebut hasilnya ternyata hal utama yang cewek harapkan dari kencan pertama adalah kenyamanan (79%), rasa senang (35%), dan sisanya merasa disukai (27%). 

Untuk menciptakan suasana tersebut, minimalnya lo bisa mulai lakukan dengan menghindari hal-hal yang paling mereka benci seperti di bawah ini.

NGGAK MENONAKTIFKAN NOTIFIKASI APLIKASI DATING

Aplikasi dating pada zaman sekarang sudah sangat lumrah digunakan. Siapa sih yang nggak pakai? Walaupun lo bertemu dia dari aplikasi dating dan kalian sama-sama masih menebar umpan di mana-mana. Namun, dalam tata krama online dating rasanya kurang sopan kalau lo nggak sengaja menunjukkan notifikasi aplikasi yang berbunyi saat kencan masih berlangsung. 

Memang nggak semua cewek akan merasa risih. Namun, nggak banyak juga cewek yang punya pikiran terbuka tentang hal ini. Mereka bisa mengira hanya dijadikan pilihan kedua dan mulai malas menghabiskan waktu dengan orang yang nggak menjadikan mereka prioritas. Untuk menghindari hal ini, sebelum pergi ada baiknya lo menonaktifkan aplikasi tersebut. 

PERHITUNGAN DAN PELIT

Semenjak ramai bahasan tentang feminisme, urusan bayar-membayar ini masih sering jadi perdebatan. Walaupun banyak cewek modern masa kini yang mengutamakan kesetaraan, tapi ternyata mereka juga masih menginginkan kalau cowok bisa berinisiatif untuk membayar lebih dulu meskipun sebagian lagi juga nggak masalah untuk melakukan split bill

Selain itu, hindari komplain atau nyeletuk tentang harga makanan yang kalian pesan ya, Civs. Tahan hasrat itu hingga lo sampai di rumah. Nah, untuk menghindari over budget, lo bisa pilih tempat kencan yang sesuai dengan kemampuan. Yang penting masih pantas, enak, dan nyaman. 

NGGAK MEMPERHATIKAN PENAMPILAN

Ketika bertemu dengan orang baru, penampilan jadi hal pertama yang bisa dinilai karena nggak mungkin kan lo langsung bisa menilai hatinya? Terutama bagi kaum cewek penampilan itu penting banget. Bukan berarti lo harus berpakaian mahal dan ribet, tapi bisa berpakaian rapi, wangi, dan apa yang lo pakai sesuai dengan suasana saat itu. Berpenampilan rapi juga jadi salah satu bentuk menghargai teman kencan lo yang sudah semaksimal mungkin menunjukkan versi terbaik dirinya di depan lo. 

Tipsnya, coba hindari memakai baju yang kebesaran dan sepatu yang sudah lusuh. Mungkin itu sepatu kesayangan lo, tapi bukan berarti harus terus dipakai ke berbagai acara kan? Sebaiknya simpan saja untuk dipakai di lain kesempatan, seperti kuliah atau bermain dengan teman tongkrongan. 

When you look good, you feel good.” Percaya deh Civs kalau energi itu menular. Ketika lo percaya diri, teman kencan lo pun akan merasakan aura-aura positif hingga dia nyaman dan ketagihan untuk ngobrol lama-lama. 

SERING TERDISTRAKSI HANDPHONE

Kencan adalah salah satu usaha untuk mengenal satu sama lain. Fokus aja untuk menggali tentang dirinya: apa yang dia suka dan nggak suka, jenis hubungan seperti apa yang ingin dia cari, dan lain sebagainya. Coba sesekali menatap matanya dan tunjukkan antusiasme ketika ngobrol, gue jamin cewek akan nyaman dan kepancing untuk ngobrol banyak hal. 

Jangan sampai dikit-dikit ngecek hp atau menengok jam. Cewek pun akan malas karena suasana kencan jadi membosankan. Kalau lo gugup, daripada cek hp atau scrolling timeline coba bawakan topik-topik yang lucu dan ringan aja, Civs. Namun, kalau alasan lo melakukan itu karena nggak merasa tertarik lagi dengan si cewek, ada baiknya lo coba cari alasan agar kencan bisa cepat selesai daripada nggak menghargai keberadaannya.

PASIF DAN NGGAK INISIATIF

Sudah selesai makan dan bingung mau pergi ke mana? Lo harus punya rencana kedua, Civs. Kalau perlu buatlah jadwal sebelumnya atau tawarkan beberapa opsi, kira-kira hal apa yang ingin kalian lakukan selanjutnya. Sejak dulu laki-laki diajarkan untuk menjadi seorang pemimpin. Sifat pemimpin pada umumnya tegas, tau apa yang dia mau, dan bisa mengayomi. Sosok ini juga yang biasa cewek dapatkan dari ayahnya. Makanya, cewek akan memberikan nilai minus jika lo nggak punya back up plan, seperti ditanya apa-apa malah jawab ‘nggak tau’ atau ‘bebas deh’. 

Semoga dengan menghindari hal-hal di atas, lo akan mendapatkan first impression yang baik agar terciptanya pertemuan ke 2, 3, 4 dan seterusnya. Selain itu, coba evaluasi apakah lo pernah melakukan salah satu poin di atas ke teman kencan lo? Kalau iya, jangan sampai kejadian lagi ya, Civs, demi 2023 yang lebih romantis! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

E. Nur Badriah

Seorang taurus dan babu dari seekor kucing persia