Esensi

ALASAN KENAPA ANAK MUDA LEBIH MILIH MAIN HAPE DULU DARIPADA LANGSUNG TIDUR

Lo pun pasti pernah ngelakuin yang namanya main hape sebelum tidur. Padahal lo cuman scrolling timeline media sosial, yang bisa jadi, yang lewat di timeline pun udah pernah lo liat sebelumnya. Kenapa sih lo enggak langsung tidur aja?

title

FROYONION.COM - Kebiasaan main hape sebelum tidur ini sering banget terjadi pada anak muda. Bentuk kebiasaan semacam ini memiliki efek domino, mulai dari telat tidur hingga bangun kesiangan. Tapi kenapa sih lo pada enggak langsung tidur aja?

Anak muda tuh umumnya udah senggang sebelum jam dua belas malam, tapi mereka enggak langsung tidur. Ada aja kegiatan yang bikin mereka terlihat sibuk, dan yang paling sering adalah bermain hape. 

Awalnya lo berniat membuka medsos cuman 10 menit. Eh enggak kerasa, ternyata lo udah scrolling timeline medsos selama 30 menit. Bahkan sebagian dari lo sangat mungkin main hape sampai jam 3 atau 4 pagi.

Lalu kalau lo tidur jam segitu, kebayang enggak lo bangunnya jam berapa? Kalau tidur lo 6 jam berarti lo baru bangun jam 9-10 pagi alias kesiangan. Menunda tidur atau menunda bangun, keduanya bisa berdampak buruk pada keberlangsungan aktivitas harian lo.

Kalau lo pernah ngalamin hal di atas? Tenang aja, lo enggak sendirian, banyak banget kok anak muda yang kayak begitu. Menurut Big Think, hal ini disebut sebagai “menunda tidur balas dendam”.

Biasanya orang familiar dengan istilah “tidur balas dendam”. Kalau ini artinya lo mengalami kurang tidur dan membalasnya dengan tidur seharian di lain waktu. Lalu bagaimana dengan “menunda tidur balas dendam”?

Sleep Foundation menggambarkan fenomena “menunda tidur balas dendam” sebagai kecenderungan "untuk mengorbankan tidur buat waktu luang, yang didorong oleh jadwal harian yang kurang waktu luang."

Sebetulnya apa sih yang bikin lo pengen begadang tapi enggak ngapa-ngapain?

Anak muda yang dalam kesehariannya sibuk banget buat kerja, mereka mengalami yang namanya kurang me-time saat lo bisa bebas dari segala tanggung jawab. Di saat lo punya banyak kesibukan, mungkin aja lo bakal merasa bersalah kalau lo istirahat, lo merasa bahwa “harusnya gue bekerja, bukan beristirahat.”

BACA JUGA: BEGADANG BAKAL SETERUSNYA BURUK BUAT LO

Kesibukan anak muda inilah yang mendorong mereka memiliki keinginan yang kuat buat me-time. Seorang jurnalis bernama Daphne Lee menggambarkan bahwa menunda tidur balas dendam adalah upaya untuk mendapatkan kembali kendali atas hidup. 

Kalau lo sehari-hari sibuk bekerja dan menuntaskan target kerja harian lo, wajar aja kalau lo menginginkan kebebasan, seenggaknya untuk beberapa jam tenang pada saat tengah malam.

Beberapa orang menemukan rasa kontrol tersebut dengan melakukan hal-hal yang sering dianggap malas atau membuang-buang waktu, misalnya bermain hape dan membuka media sosial atau berlama-lama menonton film serial. 

Ketika semua orang lagi tidur, mereka yang masih bangun ini merasa bahwa mereka mendapatkan rasa “balas dendam” dan kontrol atas bagaimana mereka menghabiskan waktu.

Enggak cuman anak muda, orang tua pun sangat mungkin mengalami hal yang sama. Orang tua kerap bekerja dan mengasuh anak secara seimbang, sehingga mungkin aja orang tua mengalami kurang me-time.

Bagi banyak orang tua, waktu senggang untuk merasakan me-time ya malam hari, ketika pekerjaan sudah selesai dan anak-anak mereka sudah tertidur. Begitu pula dengan mahasiswa sibuk, atau anak muda yang mengambil kerja part-time, mereka sangat mungkin melakukan penundaan waktu tidur buat sekadar main hape.

Menunda waktu tidur ini beda lho ya dengan nokturnal. Salah satu cara untuk membedakan keduanya adalah dengan melihat motifnya. 

Orang-orang yang melakukan penundaan waktu tidur, mereka melakukannya karena selama bekerja, mereka enggak bisa melakukan me-time dan hal-hal semacamnya. Sedangkan orang yang nokturnal atau night owl cenderung lebih suka bekerja atau begadang di malam hari. 

Mereka yang nokturnal atau begadang biasanya merasa lebih produktif ketika bekerja saat malam, bukan karena menginginkan me-time. Bisa jadi kedua hal ini (menunda tidur dan begadang) memiliki keterkaitan. Hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Maka dari itu, tempat kerja yang bisa memberikan lo waktu buat sekadar me-time bisa dibilang cukup penting, sehingga lo enggak perlu ngelakuin yang namanya menunda tidur, Civs. (*/)

BACA JUGA: BEGADANG DAN BUDAYA ANAK MUDA INDONESIA LAINNYA YANG BERDAMPAK BESAR PADA KESEHATAN, BAHKAN MEMICU KEMATIAN

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung