Potensi Diri

BEGADANG BAKAL SETERUSNYA BURUK BUAT LO

Sibuk itu boleh kok, tapi jangan sampai kesibukan kita mengorbankan jam tidur. Nih gue kasih tau begadang dan jadi night owl (manusia malam) emang seburuk itu.

title

Lo pasti pernah milih begadang buat ngerjain tugas daripada tidur kan? atau gara-gara nemu serial netflix yang buat lo penasaran parah akhirnya lo tonton semua episode selanjutnya sampe beres? Menyenangkan memang tapi buruk loh Civs.

Tapi lo pasti semua udah tau, kalo kebiasaan begadang dan tidur terlalu larut bisa memicu masalah serius Civs, penyakit-penyakit berbahaya bisa aja lo alami, misalnya obesitas, diabetes, dan penyakit yang ujung-ujungnya mempercepat kematian. Emang seburuk itu beneran deh.

KOK BISA SAMPAI SEGITUNYA?

Buat memahami ini, lo butuh tau dulu apa itu tidur, siklus tidur, dan irama sirkadian. Tidur itu punya suatu siklus, yaitu siklus tidur-bangun yang selalu berulang tiap hari selama hampir 24 jam. Siklus tersebut diatur oleh suatu sistem yang dikenal sebagai irama sirkadian.

Apa itu irama sirkadian?

Ritme sirkadian adalah jam internal yang ngatur proses penting dan fungsi tubuh. Seperti kapan waktunya kita bangun dan tidur juga diatur oleh ritme sirkadian.

Ritme ini bekerja sama dengan otak dan dipengaruhi langsung oleh isyarat lingkungan, terutama cahaya. Kalo ritme ini terganggu, kesehatan tubuh lo juga bakal ikut bermasalah.

Sebuah studi oleh peneliti asal Inggris yang diterbitkan dalam jurnal Chronobiology International, bilang bahwa kebiasaan begadang mengubah ritme sirkadian atau proses biologis yang berulang setiap 24 jam.

"Waktu yang seharusnya digunakan tubuh untuk proses mengeluarkan racun saat tidur malam, justru waktunya istirahat malah digunakan untuk bekerja atau beraktivitas lain. Sementara waktu yang semestinya digunakan untuk beraktivitas, malah dipakai untuk tidur,” katanya mengutip Kompas.com.

Kata peneliti, kebiasaan begadang bisa menyebabkan ketidakseimbangan untuk tubuh antara ritme sirkadian dengan waktu yang dihabiskan untuk beraktivitas. Akibatnya kebiasaan begadang akan merusak tubuh dan memicu masalah serius.

KALO EMANG SIBUK BANGET DAN HARUS BEGADANG GIMANA?

Kalo lo sibuk banget, atau lo mahasiswa dan anak sekolah yang dapat tugas numpuk, terus mesti dikerjain malem ini atau dikejar deadline, lo bisa coba terapkan ‘EARLY BED, EARLY WAKE’.

Rizal Do, seorang Ners yang juga aktif di Twitter bilang, cobalah untuk tidur lebih awal dan bangun lebih awal dan kerjakan tugas saat fajar. Daripada begadang ngerjain tugas lebih baik terapkan cara tersebut Civs.

Kata Rizal, begitu lo bangun pada jam 3 atau 4 pagi, jangan lupa nyalakan lampu. Bikin seluruh lingkungan seakan-akan sudah pagi agar jam biologis lo mengira pagi telah datang.

“Waktu rekomendasi untuk tidur bagi dewasa adalah 7 sampai 8 jam atau malam. Kamu bisa memulainya di jam 9 malam atau jam 10,” cuitan Rizal di akun Twitter pribadi miliknya @afrkml.

CARA BEGADANG DENGAN MANIPULASI LINGKUNGAN

Nah, buat lo yang kerja malam, otomatis mengubah jam biologis. Tapi ya apa boleh buat? Lo bisa siasatinnya aja dengan memanipulasi lingkungan.

“Ketika kerja, jadikan lingkungan kamu penuh cahaya seakan memberi sinyal pada tubuh kalau hari masih siang,” katanya.

Pertahankan cahaya sampai tiba waktu tidur di rumah. Sampai di rumah lo ubah lingkungan jadi gelap, seperti malam. Matikan semua lampu. Cegah seluruh sinar masuk ke kamar, improvisasi sendiri semampunya. Konsepnya begitu sehingga efek dari perubahan jam biologis dapat diminimalkan.

GIMANA KALO UDAH TERLANJUR SERING BEGADANG?

Terlanjur tidur begadang dan pengen balikin ke jam tidur normal ada caranya Civs. Rizal do bilang yang paling utama pastinya niat, lalu mulai dan kerjakan secara konsisten.

Lo bisa mundurin jam tidur 15 menit lebih awal, misal lo biasa tidur jam 03.00, mulai nanti malam lo tidur jam 02.45. Besoknya ulangi lagi. Dan lusa, lo bisa undurin 15 menit lagi. Terus lakukan hal ini sampai lo memulai tidur jam 22.00.

“Kalau mundurin 15 menit terlalu sedikit, kamu bisa mundurin 30 menit. Intinya perlahan-lahan. Mengubah suatu kebiasaan tidak pernah bisa instant karena tubuh juga perlu penyesuaian. Yang penting seberapa besar kemauan berubahmu dan kamu harus konsisten,” ujarnya.

Yang suka begadang mulai dikurangi ya Civs! nggak mau kan hal-hal yang nggak lo pengen terjadi sama lo, hehe. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Abdurrahman Rabbani

Cuma buruh tinta yang banyak cita-cita.