Esensi

28 JUNI DINYATAKAN SEBAGAI HARI CAPS LOCK SEDUNIA, BEGINI CERITANYA!

Hari ini lo boleh mengetik dengan Caps Lock seharian ke teman-teman lo karena 28 Juni adalah hari Caps Lock sedunia. Kok bisa ada yang namanya hari Caps Lock sedunia?

title

FROYONION.COM - Walau tanggal 28 Juni diperingati sebagai hari Caps Lock sedunia, bukan berarti lo bisa libur kuliah atau kerja ya, Civs. Ini bisa dipakai buat seru-seruan aja sama temen-temen lo. Bukan berarti hari Caps Lock sedunia dibikin sekadar iseng aja, ada cerita di baliknya juga lho, Civs.

Jadi ceritanya tuh ada orang namanya Derek Arnold. Mengutip dari National Today, dia adalah seorang pengembang software asal Iowa, sebuah negara bagian Amerika Serikat yang terletak di Barat Tengah Amerika Serikat. 

Pada tahun 2000, Derek Arnold memilih 22 Oktober sebagai hari saat setiap orang harus menekan tombol Caps Lock dan mengetik hanya dengan huruf besar. Lalu kenapa sekarang diperingatinya pada 28 Juni?

Sebagian orang menyebut tombol Caps Lock dengan “Billy Mays key”. Mays adalah sebuah ikon dalam iklan televisi yang dalam beriklan, dia menggunakan suara yang menggelegar.

Mays, dalam iklan tersebut, meminta pemirsanya untuk menelepon nomor 800 dan “BELI SEKARANG JUGA!” Lalu ketika Mays meninggal pada 28 Juni 2009, Arnold memberi penghormatan dengan menambahkan tanggal tersebut, untuk merayakan Hari Caps Lock sedunia atau hari Caps Lock internasional ke dalam kalender.

BACA JUGA: TIPS JADI ‘SCREENWRITER’ PROFESIONAL YANG ANDAL

Arnold bilang, “Hari Caps Lock sedunia sebenarnya merupakan bukti kepicikan individu Barat tertentu: mayoritas penduduk dunia menulis dalam skrip yang tidak memiliki konsep huruf besar.”

“Oleh karena itu,” tambah Arnold, “Disarankan untuk tidak menertawakan siapa pun yang menyebut hari ini sebagai alasan untuk mengabaikan konvensi tipografi lokal: mereka hanya mempermalukan diri mereka sendiri.”

Arnold mengirim pesan kepada semua orang yang secara tidak sengaja pakai Caps Lock dalam kehidupan sehari-hari. “AKU AKAN MENGGUNAKAN HAL YANG SAMA YANG KAMU PAKAI PADA PERNIKAHAN BECKY KE PERNIKAHAN MADISON?” tulisnya.

Dia juga pakai Caps Lock dalam berkomunikasi dengan rekan kerjanya. “HANYA MEMERIKSA UNTUK MELIHAT APAKAH ANDA AKAN MEMILIKI PROPOSAL SISTEM MARSHMALLOW PUKUL 10.00 PAGI INI?” tulis Arnold.

BACA JUGA: CONTENT WRITER HARUS TAHU: CARA AMPUH BIKIN KONTEN DENGAN RUMUS 4U

Dia ingin mengingatkan orang-orang, bahwa huruf besar terlihat seperti berteriak. Hal ini tidaklah baik, menurut Arnold. Karena penerima pesan kita enggak bisa mengukur volume, melihat ekspresi wajah, ataupun bahasa tubuh kita. 

Sangat mungkin penerima pesan dapat dengan mudah menafsirkan pesan Caps Lock kita, dan mengira bahwa kita sebagai pengirim pesan sedang marah.

Pada zaman dulu, sebelum orang-orang menggunakan komputer atau laptop, mereka masih menggunakan yang namanya mesin tik. 

Selama tahun 1870-an, produsen mesin tik Remington menemukan cara untuk mengetik huruf besar dan kecil. Caranya adalah dengan menempatkan dua simbol atau huruf, seperti huruf besar dan kecil, pada setiap tombol ketik.

Tombol ketik yang ditekan nantinya akan menempel pada kertas dan membentuk huruf. Untuk beralih di antara dua simbol atau huruf, penulis pesan bisa menggunakan tombol Shift, yang secara fisik memindahkan seluruh peralatan tipe bar sehingga lo bisa mengetik dengan huruf besar. Lalu kini sudah ada yang namanya tombol Caps Lock. 

Karena hari ini adalah hari Caps Lock sedunia, dan di komputer lo sudah ada bisa pakai tombol Caps Lock, lo boleh kok mengirim pesan ke temen-temen lo dengan huruf kapital. SELAMAT HARI CAPS LOCK SEDUNIA, CIVS! (*/)

BACA JUGA: JENJANG KARIER PENULIS DIGITAL & CARA MEMULAI JADI PENULIS

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung