Kreatif

CONTENT WRITER HARUS TAHU: CARA AMPUH BIKIN KONTEN DENGAN RUMUS 4U

Buat para content writer, atau lo yang suka bikin konten, pasti pernah ngerasa, “Kok konten gue nggak laku ya?”. Nah, sebenernya ada cara loh untuk meningkatkan kualitas konten lo supaya bisa menyampaikan pesan dengan jelas, yaitu rumus 4U.

title

FROYONION.COM - Kerja di industri media kreatif tuh sebenernya susah-susah gampang. Sering dibilang gampang karena katanya ‘modal kreatif’ aja cukup. Tapi waktu dijalanin, ternyata susah juga karena untuk bisa kreatif tiap hari itu nggak mungkin. Pasti ada masa-masa rasanya otak buntu, kreativitas yang selama ini dibanggakan seakan sirna, dan akhirnya kerjaan jadi terhambat. 

Hal kayak gini juga bisa dialamin sama para content writer. Momen waktu kreativitas nggak keluar padahal deadline konten udah di depan mata tuh rasanya deg-deg ser sekaligus bikin mules. 

BACA JUGA: SUKA DUKA BEKERJA DI CREATIVE AGENCY YANG SELAYAKNYA LO KETAHUI

Tapi tenang, ternyata ada loh rumus yang bisa membantu lo para content writer untuk lebih mudah saat memformulasikan konten, yaitu rumus 4U. Apa itu? 

Terdiri empat kata berhuruf depan ‘U’: useful, unique, ultra-specific, urgentrumus satu ini bisa lo pake kapanpun lo pengen buat konten. Bahkan nggak terbatas untuk para content writer aja malah, karena bisa lo gunakan waktu nulis artikel, bikin presentasi, proposal bisnis, sampe bikin rencana nembak gebetan juga bisa. Serba guna banget deh, tergantung gimana konteks penggunaannya. 

BUAT TULISAN YANG BISA BERGUNA BAGI PEMBACA

Usefulartinya tulisan yang mau lo bikin itu harus berguna bagi orang yang membaca. Misalnya dengan menggunakan kata kunci ‘cara’, ‘tips’, ‘saran’, dan lainnya yang bikin orang tertarik sama manfaat yang lo tawarkan melalui tulisan lo. Membuat tulisan atau konten yang berguna juga artinya lo harus pinter-pinter cari topik yang kira-kira dibutuhkan sama target pasar lo. 

Misal, lo disuruh bikin konten untuk sosial media kampus. Untuk tahu topik apa yang rame dibahas sama anak-anak kampus, lo bisa tanya ke temen-temen, riset, ataupun bikin survey. Misalkan ternyata temen-temen lo lagi butuh saran menghadapi dosen killer. Nah, dari data ini bisa deh lo olah ke dalam bentuk konten maupun tulisan. 

TEMUKAN PERBEDAAN DENGAN TULISAN ATAU KONTEN SERUPA

Tapi berguna aja nggak cukup, Civs. Karena konten lo juga harus uniqueArtinya, lo harus tahu keunikan tulisan lo itu apa jika dibandingkan dengan tulisan lain yang serupa. Apalagi kalo platform-nya adalah media untuk anak muda. Tentunya pemilihan kata yang gaul dan diketahui anak muda juga jadi hal penting. 

Hal ini bisa lo terapkan dengan bikin judul konten atau tulisan yang lucu dan bikin orang tertarik. Misalkan, judul artikel ini. Kalo lo termasuk salah satu orang yang baca artikel ini karena judulnya, berarti unsur unique sudah berhasil diterapkan. 

Tapi, jangan sampe karena lo pengen unik jadinya tulisan lo menyebarkan hoax, pake judul yang clickbait, atau malah terkesan cringe. Tetap harus menerapkan prinsip clear dalam menulis ya. Kalau tulisan atau konten lo malah menyesatkan, malah jadi bahaya juga kan? 

JANGAN BERTELE-TELE, LANGSUNG KE INTINYA AJA

Ketiga, tulisan lo juga harus memenuhi kriteria ultra-specificBukan ultraman apalagi ultra milk, ultra-specific artinya lo harus bisa memberikan sesuatu yang detail bagi pembaca. Jangan sampe informasi yang lo berikan terlalu umum sampe bikin orang mikir, “Ah, begini doang mah gua dah tahu!”

Contohnya, kalo lo mau angkat topik tentang gimana caranya PDKT sama cewek, jangan cuma tulis judul ‘JOMBLO MULU? PERHATIKAN TIPS-TIPS PDKT-IN CEWEK INI’. Tapi lo juga harus spesifik menyebutkan cewek seperti apa yang dimaksud. Kalo ternyata yang pengen dibahas adalah cewek yang belom move on dari mantannya terus ada kemungkinan teringat si mantan waktu lo jadian nanti kayak lagunya Joji, kan jadinya nggak tepat sasaran. 

BACA JUGA: CARA BIAR HUBUNGAN LO NGGAK GOYAH CUMA GARA-GARA LAGU ‘GLIMPSE OF US’-NYA JOJI

Hehehe, itu tadi contoh nyelenehnya. Tapi semoga nangkep ya maksudnya apa.

BIKIN PEMBACA MERASA HARUS BACA TULISAN LO

Unsur terakhir dari rumus 4U adalah urgent. Unsur ini bisa lo terapkan dengan memasukkan kalimat yang bikin orang harus banget baca tulisan atau konten lo. Misalkan kayak ‘Baca sampe habis untuk tahu tips paling ampuh untuk deketin cewek yang cuek mampus!’ atau semacamnya. 

Unsur urgent juga bisa lo sisipkan ke dalam judul. Misalkan kayak artikel di bawah ini. 

BACA JUGA: SUSAH DAPET KERJA? COBA TULIS CV LO DENGAN CARA ALA GOOGLE RECRUITERS INI!

Dengan memasukkan unsur urgent ke dalam judul, kemungkinan untuk orang mau baca tulisan, konten, atau bahkan video lo, akan lebih besar. 

Selanjutnya, apakah semua unsur ini harus ada di dalam judul? 

Nggak harus. Tapi minimal melibatkan 2 unsur dari rumus 4U ini ke dalam judul. Kalau merasa unsur urgent dan ultra-specific adalah yang paling pas untuk dimasukkan ke judul, lo bisa terapkan dua unsur lainnya ke dalam isi konten lo. 

Sekarang, waktunya berlatih sesering mungkin. Karena tahu rumus ini aja nggak cukup, tapi harus dibiasakan penggunaannya supaya makin luwes. Good luck! (*/) 

BACA JUGA: KENAPA ADA ORANG YANG LEBIH MERASA KREATIF SAAT MALAM HARI?

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Grace Angel

Sehari-hari menulis dan mengajukan pertanyaan random ke orang-orang. Di akhir pekan sibuk menyelami seni tarik suara dan keliling Jakarta.