Design

DI BALIK KEUNIKAN LOGO DAN DESAIN ALBUM (G)I-DLE

Grup idol wanita asal Korea Selatan, (G)I-DLE membuat banyak gebrakan baru sepanjang sejarah karirnya. Tidak hanya soal musiknya saja, tetapi juga logo grup hingga desain albumnya yang unik.

title

FROYONION.COM – (G)I-DLE merupakan salah satu grup idola wanita asal Korea Selatan dari CUBE Entertainment yang saat ini terdiri dari lima anggota yaitu Soyeon, Miyeon, Minnie, Yuqi, dan Shuhua.

Grup ini memulai debut pada tanggal 2 Mei 2018 dengan single ‘Latata’ yang kemudian sukses menjadi salah satu idola K-Pop papan atas dengan jumlah penggemar yang sangat besar di seluruh dunia. Keberhasilan mereka didukung oleh ketua grup sekaligus komposer musik, Soyeon, dalam mengembangkan karir bersama (G)I-DLE.

Beberapa keunikan telah diciptakan Soyeon, salah satunya ada pada logo grup dan konsep-konsep yang diusung setiap comeback.

MAKNA PENAMAAN GRUP

Ketika melihat nama dari grup ini, mungkin sebagian orang akan sedikit kebingungan dengan cara membacanya. Hal ini dijabarkan oleh Minnie saat diwawancarai di salah satu acara musik mengenai makna dari nama grupnya.

Huruf ‘G’ di dalam tanda kurung merupakan singkatan dari ‘Girl’ atau perempuan. Sedangkan kata I-DLE diucapkan dalam tulisan Korea menjadi ‘아이들 (Aideul)’ yang bermakna ‘I’ dalam Bahasa Inggris yaitu saya, dan ‘Deul’ dalam Bahasa Korea yang artinya banyak atau jamak. 

LOGO GRUP DAN LIGHTSTICK

Nama grup ini kemudian dibentuk menjadi sebuah logo dengan menggabungan huruf I kecil dan 들 (Deul) dalam posisi menghadap ke atas. Menurut Penulis, logo ini seolah terlihat seperti sebuah labirin, yang mengibaratkan grup ini tampak memiliki banyak teka-teki. Luar biasa jenius!

Masih dari bentuk logo namun dalam bentuk lain, (G)I-DLE juga memiliki lightstick atau lampu pertunjukkan untuk memeriahkan konser grup yang dinamai ‘NEVERBONG’. Di dalam bola kaca, terdapat logo grup yang dibuat menjadi pilar-pilar istana dengan bendera di atasnya. 

Jika lighstick ini dinyalakan, lampu yang berada di dalamnya akan memancarkan cahaya berwarna keunguan dengan hiasan glitter seperti salju di sekelilingnya. Tampak seperti suasana malam di dunia sihir ala Disney, bukan?

BACA JUGA: BANGGA! DERETAN IDOL ASAL INDONESIA INI MAMPU BERSAING DI INDUSTRI K-POP

DESAIN ALBUM

(G)I-DLE telah merilis berbagai album yang terdiri dari album single dan mini album sejak debut di tahun 2018. Beberapa di antaranya memiliki desain yang sangat unik dan cenderung masih jarang sekali ditemui pada album musik K-Pop pada umumnya.

Belum lama ini, (G)I-DLE baru saja comeback dengan album mini ‘I FEEL’. Lagu title track di album ini berjudul ‘Queencard’ yang dirilis pada 15 Mei 2023. Album ini memiliki tiga versi, yaitu CAT, BUTTERFLY, dan QUEEN.

Keunikan album I FEEL ini terletak pada versi QUEEN, mulai dari desain, ukuran, sampai isinya. Bentuk dan ukurannya mirip seperti kotak kartu remi dengan warna dominan merah muda, merah dan putih.

(G)I-DLE - I FEEL (6th Mini Album) Nolae Kpop

Ukuran kotaknya yang mini tentu sangat mudah digenggam dan disimpan sehingga tidak perlu membutuhkan tempat yang besar. Meskipun tidak sebesar ukuran album pada umumnya, tetapi isinya tidak kalah banyak dengan berbagai macam pernak-pernik yang menarik. Kamu juga akan mendapatkan photocard, polaroid, dan poster berukuran mini.

(G)I-DLE - I FEEL (6th Mini Album) Nolae Kpop

Album ‘I FEEL’ versi QUEEN ini masuk dalam jajaran album K-Pop terunik tahun ini. Jika penasaran dengan isinya, kamu dapat menyimak salah satu video unboxing berikut ini.

Selain album grup, album solo salah satu anggota (G)I-DLE, Soyeon bertajuk ‘Windy’ yang dirilis tahun 2021 juga sukses menggebrak stereotip desain album K-Pop dengan keunikan bentuknya. Album ini memiliki konsep makanan cepat saji dengan warna cerah khas musim panas. Desainnya pun dibuat seperti kotak hamburger berukuran mini. 

Jual GIDLE (G)I-DLE JEON SOYEON MINI ALBUM WINDY - FULL PAYMENT - Kota  Surakarta - Starbarks | Tokopedia

Tidak hanya tampilan luarnya saja, namun pada desain CD pun sangat unik. Packaging-nya dibuat seperti bungkus makanan yang berisikan CD berstiker tekstur roti. Apakah perutmu mulai terasa lapar sekarang?

Jeon Soyeon - 1st Mini Album: Windy

Ukuran album ini juga tebilang cukup mini, tapi siapa sangka jika isinya cukup ‘berlimpah’. Salah satu video unboxing ini memperlihatkan beberapa detail yang menarik pada album ‘Windy’ ini.

Itu dia beberapa keunikan desain logo beserta album-album fisik dari grup idola K-Pop (G)I-DLE yang Out of The Box. Mari kita tunggu album-album unik lainnya dari grup wanita satu ini, ya! Semoga bisa menghadirkan inspirasi baru bagi album-album musik yang akan datang. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Deby Priscilina

Pekerjaan utamanya bengong, nulis, repeat. Kadang ditaburi kadar kehaluan 0,01% di atasnya.