Food

VIN AUTISM GALLERY, COFFEE SHOP ESTETIK DI SURABAYA DENGAN GALERI SENI YANG UNIK DAN KEREN!

Galeri seni yang memamerkan karya seorang anak berkebutuhan khusus, kemudian berubah menjadi ruang belajar bagi anak-anak berkebutuhan khusus, media pameran seni para seniman, serta kedai kopi yang nyaman.

title

FROYONION.COM - Sebuah coffee shop dengan mengusung galeri seni sebagai daya pikat utamanya di Surabaya barat bernama Vin Autism Gallery, tepatnya berada di G Walk, Junction TL 6 Jl. Citraland Surabaya No. 11, Sambikerep. 

Berdiri pada pertengahan tahun 2022 kemarin, Vin Autism Gallery mengusung konsep galeri seni yang menyatu dengan coffeeshop agar lebih beda dengan kedai kopi lain dan menampung karya-karya seni rupa untuk dipamerkan.

 Memiliki tiga lantai, di lantai pertama adalah kedai kopi dan kasir dimana para pengunjung bisa memesan minuman dari olahan kopi maupun non kopi serta jika ingin berkunjung ke galeri bisa langsung registrasi di kasir, kemudian di lantai dua ada galeri seni yang menyuguhkan karya-karya seni rupa yang dipamerkan, 

Lalu terakhir di lantai tiga ruangnya dibagi menjadi dua, sebagian digunakan sebagai galeri seni dan sebagiannya lagi menjadi tempat workshop untuk anak-anak berkebutuhan khusus secara rutin seperti kelas harian.

Vin Autism Gallery merupakan galeri seni yang menampilkan berbagai lukisan karya Vincent Prijadi Purwono dan artis lainnya. Lukisan-lukisan yang dibuka untuk umum di Vin Autism Gallery ini sejatinya adalah cerita tentang pengalaman Vincent, seorang anak yang lahir dengan kebutuhan khusus (autism) dalam menemukan jati dirinya. Vincent adalah anak dari Rudi Purwono pemilik Vin Autism Gallery

Melukis adalah cara yang dipilih oleh Vincent untuk menuangkan segala ekspresi yang ada di dalam hati dan pikirannya. Hal tersebut dia peroleh dengan perjuangan yang panjang, karena kebutuhan khususnya Ia tidak dapat belajar dan berekspresi  seperti anak-anak yang lain. 

Vincent mengalami masa yang sulit sampai dirinya menginjak di bangku SMP yang kemudian Vincent bertemu dengan dunia seni lukis yang mampu membuat Vincent berkembang pesat, mampu mengendalikan perasaan  dan emosi, terus aktif berkarya setiap hari, dan tentunya jauh lebih bahagia.

BACA JUGA: THE FUMES: TEMPAT NONGKRONG NYENTRIK ALA ANAK MOTOR DI SURABAYA

Suasana Vin Autism Gallery yang tenang dan nyaman cocok untuk anak muda kreatif yang ingin nongkrong atau kerja. (Foto: Dok. pribadi penulis)
Suasana Vin Autism Gallery yang tenang dan nyaman cocok untuk anak muda kreatif yang ingin nongkrong atau kerja. (Foto: Dok. pribadi penulis)

Sebenarnya galeri ini telah ada sejak sekitar tahun 2019-an dan kemudian di tahun 2022 dibuka coffee shop di lantai satu dengan harapan Vin Autism Gallery ini lebih dekat dengan masyarakat terutama kaum muda sebagai tempat nongkrong, belajar serta memahami dunia seni lukis lebih dekat.

Penulis berjumpa dengan Gilang Nuansa, seorang penjaga galeri di Vin Autism Gallery, dia menyampaikan bahwa pameran seni lukis atau seni rupa di galeri seni milik Vin Autism ini rutin dilakukan dan setiap bulannya selalu berubah. Tidak pernah absen untuk menjadi ruang pameran para seniman dari berbagai kota. 

Gilang juga menuturkan bahwa di lantai tiga ada kelas untuk anak-anak berkebutuhan khusus secara rutin dengan berbagai materi seperti melukis dan memasak, jadi Vin Autism Gallery ini bukan hanya galeri untuk memajang dan memamerkan karya Vincent atau seniman-seniman lainnya, tetapi juga sebagai ruang belajar anak-anak berkebutuhan khusus untuk mengenal seni rupa dan ruang lingkupnya.

Yang awalnya galeri ini hanya dibuka untuk memajang dan memamerkan karya lukis dari Vincent kini Vin Autism Gallery menjadi ruang pameran para seniman dari banyak kota tidak hanya terpaku di Surabaya, menjadi salah satu tempat nongkrong di Surabaya barat yang sangat direkomendasikan. 

Selain tempatnya yang bersih dan luas, di sana pun pengunjung dapat menikmati karya seni serta hal yang paling penting menjadi tempat belajar seni lukis bagi anak-anak berkebutuhan khusus untuk mencurahkan perasaan Mereka yang dibantu oleh para mentor yang berkompeten di bidangnya masing-masing.

Galeri ini didirikan dengan tujuan untuk memberikan inspirasi dan motivasi bagi orang tua lain yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Dengan kesabaran dan bimbingan yang tepat anak-anak dapat mengukir prestasi yang menakjubkan dan membanggakan seperti yang dirasakan ayah dari Vincent, Rudi Purwono. 

Vin Autism Gallery menjadi salah satu rekomendasi yang cukup asyik dan menarik bagi kaum muda di Surabaya karena tempatnya yang estetik dengan karya-karya lukis dipamerkan di setiap lantainya, sangat instagramable dan keren, racikan kopi dan non kopinya yang nikmat dengan harga terjangkau mulai dari lima belas ribu rupiah saja.

jika ingin masuk galeri cukup mengeluarkan uang lima belas ribu rupiah serta kalau ingin masuk galeri dan dapat minuman hanya butuh biaya dua puluh lima ribu pengunjung sudah dapat menikmati karya lukis di dalam galeri serta segelas minuman dari Vin Autism Gallery. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Imam Luqman

Mahasiswa Sastra Indonesia tingkat akhir di salah satu kampus negeri di Surabaya, anggota masyarakat urban di Surabaya dan aktif di kesenian teater dan film pendek