Civs

IDE MALAM MINGGU: SEHARIAN JALAN-JALAN DI JAKARTA

Di rubrik Ide Malam Minggu ini kita akan kasih saran buat lo yang malem minggunya kayak bubur rumah sakit, alias hambar! Kali ini, kita akan kasih saran tempat-tempat yang bisa lo kunjungi kalo lo pengen seharian keliling Kota Jakarta!

title

FROYONION.COM - Ibu Kota Indonesia yang katanya mau tenggelam ini ternyata masih seru-seru aja loh buat kita jajahi. 

Walaupun warna langitnya udah kayak bakso sapi urat yang abu-abu tua karena banyak polusi, jalanannya kayak kaki anak SD yang sering digigit nyamuk alias bopengan, dan wisata alamnya yang nggak menarik lagi karena kebanyakan ketutupan sampah, tapi salah satu kota paling modern di Indonesia ini punya pesona lainnya. 

Jangan cepet-cepet pesimis dulu sama Ibu Kota Indonesia yang kita banggakan ini, Civs. Masih banyak kok wisata-wisata menarik yang bisa kita kunjungi. 

Apalagi buat lo warga Jakarta maupun luar Jakarta yang pengen jalan-jalan seharian mengelilingi kota ini, simak yuk beberapa rekomendasi tempat yang bisa jadi tujuan malem minggu lo!

SARAPAN BUBUR PALAPA

Pagi-pagi paling enak diawali dengan Bismillah sekaligus sarapan yang nggak bikin begah. Sarapan Bubur Ayam Palapa Raya yang udah didoktrin paling enak sama Cing Abdel Achrian. 

Lokasinya ada Jalan Sirsak, RT.11/RW.10, Ps. Minggu, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. 

Foto menunjukkan potret Bubur Palapa yang terkenal enak. Foto bubur berada di mangkuk dengan berbagai topping seperti ayam suir, kacang, dan kerupuk.
Bubur Palapa yang didoktrin enak parah sama Cing Abdel. (Foto: Twitter @abdelachrian | Disunting oleh Grace Angel)

Dilansir dari video Bubur Palapa Bubur Ayam Paling Enak Sedunia Yang Fana. No Debat, Cing Abdel bilang kalo bubur palapa ini yang paling enak sedunia fana. Wah, dari review-nya aja udah terlihat menjanjikan, Civs. 

Porsinya pas, kuahnya pas, sambelnya bikin nagih, dan topping-nya bejibun. Cocok buat mengawali pagi hari lo sebelum keliling-keliling Jakarta. Apalagi harganya sangat terjangkau, mulai dari Rp12.000 dengan pilihan macem-macem tambahan topping dan sate mulai dari Rp2.000.

Bukanya mulai dari jam 05.00 WIB dan biasanya udah ludes jam 10.00 WIB. Jadi pastiin dateng waktu abangnya masih jualan yak.

JALAN-JALAN KE BATAVIA COVE

Abis sarapan, waktunya jalan-jalan. Nah, baru-baru ini lagi ada destinasi yang lagi hype banget di daerah Jakarta Utara. 

Batavia Cove bisa jadi tempat nongkrong sekaligus wisata kuliner yang dilengkapi sama pemandangan laut. 

Tempatnya ada di kawasan Golf Island PIK yang beralamat di Pantai Indah Kapuk St, Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta 14470. Buka dari jam 07.00-23.00 WIB, Civs. Jangan khawatir bakal terburu-buru mengelilingi lahan 13,5 hektar ini. 

Foto menunjukkan suasana  Batavia Cove. terdapat 2 foto. Sebelah kiri menujukkan salah satu spot foto dan sebelah kanan menunjukkan makanan oyster yang menggugah selera.
Potret Batavia Cove, destinasi wisata baru di daerah Pantai Indah Kapuk. (Foto: Instagram @bataviaapik | Disunting oleh Grace Angel)

Di sini banyak banget restoran atau tempat makan yang tersedia. Dari jajanan ringan sampe makanan berat juga ada. Jadi cocok deh buat jalan-jalan sambil kulineran di siang hari. 

Selain itu di Batavia Cove juga banyak spot-spot unik nan aesthetic yang cocok buat foto-foto. Kan nggak afdol ya kalo jalan-jalan tapi nggak update. 

Kabar baiknya, masuk ke Batavia Cove ini gratis, Civs. Jadi lo bisa simpen pundi-pundi buat nyobain banyak makanan di sini. Kalo yang paling direkomendasikan sih hidangan laut yang ada di Restoran Oyster Dealer

Sabi deh destinasi satu ini buat lo kunjungi sambil menghabiskan waktu bersama orang-orang tersayang atau sendirian juga gapapa asal bahagia~

KULINER MERAKYAT DI BLOK M

Kalo udah puas merasakan makanan-makanan mewah nan sedap, saatnya kembali merakyat. 

Makan malem sambil nongkrong di Jakarta tuh paling enak di tempat yang enak tapi murah. Kalo lo juga nyari tempat yang kayak gini, Blok M bisa jadi jawabannya. 

Alth text: Foto menunjukkan makanan gulai tikungan yang terkenal di kawasan Blok M. Piring berisi nasi, gulai sapi, dan kerupuk dengan porsi yang sedikit. Di sampingnya ada berbagai macam sate seperti usus, telur puyuh, dan kulit ayam.
Potret Gulai Tikungan di Kawasan Blok M. (Foto: Instagram @gultikblokm_ | Disunting oleh Grace Angel) 

Di malam hari, kawasan Blok M yang kalo siang-siang super gerah dan macet, berubah jadi ramah pejalan kaki di malam hari. Ini karena banyak banget angkringan dan makanan pinggir jalan yang buka di kawasan Blok M di malam hari. 

Salah satunya yang paling terkenal adalah Gulai Tikungan atau yang biasa dikenal dengan Gultik. 

Porsi gultik ini lumayan mini, Civs. Harganya beragam dari Rp10.000-Rp18.000. Jadi kalo makan satu porsi aja kayaknya nggak bakal kenyang sih. Emang orang kalo ke sini pasti nambah sampe minimal 2 piring deh. 

Penjualnya ada banyak, lo pilih aja yang menyediakan tempat yang nyaman. Di situ juga menyediakan berbagai macam sate-satean. 

Suasananya sih menurut gue perfect buat menutup malam minggu lo. Apalagi kalo lo ke sini bareng kawan-kawan tongkrongan atau sama doi. Beuh, malam minggu di Jakarta terasa lebih berwarna deh. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Grace Angel

Tukang nulisnya Bang Roy dan supplier permen kantor