Civs

ACCHA INDIAN SOUL FOOD: MAKANAN INDIA YANG COCOK SAMA LIDAH INDONESIA

Berawal dari ‘ngidam’-nya anak-anak kantor buat makan makanan khas India, sampe akhirnya nyobain langsung makanan dari negara om Shah Rukh Khan yang nyatanya cocok sama lidah Indonesia. This is Accha!

title

FROYONION.COMKalo ngomongin soal makanan, hidangan nusantara emang kental banget sama yang namanya rempah-rempah. Di setiap masakan, hampir nggak pernah lepas sama yang namanya bawang merah, bawang putih, dan jenis-jenis rempah lainnya.

Di tempat yang lain, tepatnya di bagian Asia Selatan, ada satu negara yang masakannya punya kandungan rempah-rempah yang nggak kalah gokil dari Indonesia. Yak, jawabannya adalah India, negara kelahiran aktor jadul kecintaan ibu-ibu komplek, Shah Rukh Khan.

Beberapa waktu yang lalu, kebetulan anak-anak kantor sempet ngidam makanan India, sampe suatu saat kita dapet kesempatan buat nyicipin hidangan yang spesial dari Accha. Tanpa pikir panjang, semua anak kantor yang emang pada ‘gila makan’ langsung kepengen nyobain tuh menu-menu dari Accha.

Kesan pertama yang gue dapet adalah looks dan packaging-nya yang ajib bener! Makanannya juga masih terjaga utuh kehangatannya dari kitchen Accha sampe akhirnya landing ke kantor kita. 

Kita semua nyobain beberapa menu favorit dari Accha, yaitu Chicken BiryaniLamb Biryani, terus juga beberapa snacks kayak Chicken Kofta BitesAloo Samosa Package, dan Papadum.

Biryani hadir dengan 2 varian: ayam dan domba. (Foto: dok. Accha)

Karena emang udah kepengen banget makan makanan India, gue langsung ambil menu nasi andalan mereka, yaitu Chicken Biryani. Salah satu hal yang bisa bikin air liur gue hampir menetes adalah curry-nya di Biryani yang dibuat jadi pack kecil gitu jadi kita bisa takar sendiri rasa gurihnya.

Surprisingly, gue nggak ‘eneg’ sama Biryani-nya. Memang ternyata Accha udah memodifikasi rasa dari bumbu Biryani-nya supaya nggak terlalu strong. Soalnya, makanan India terkenal sama bumbu yang terlalu kuat, jadi nggak semua orang-orang Indonesia mungkin bakal suka. Tapi, seperti yang gue bilang, Biryani-nya bakal cocok sama orang-orang kita karena rasanya lebih soft dibandingkan Biryani yang otentik India.

Hal kecil kayak gini jadi salah satu hal terpenting yang jadi pertimbangan tiap kali gue mau beli suatu makanan. Gue demen kalo kita sebagai konsumen bisa nakar sendiri bumbu atau sausnya. Jadi nggak ada lagi tuh yang namanya kurang gurih, kurang pedes, atau kurang asin. Semuanya pas sesuai selera masing-masing.

Beralih ke dagingnya. Kesan yang gue rasakan dari gigitan pertama ke ayamnya adalah lembut banget, Civs! Ayamnya tuh gampang digigit dan nggak bikin kelolodan (kayak susah nelen gitu). Terus, bumbunya meresap ke daging ayamnya, jadi nggak bikin dagingnya hambar, bener-bener kerasa juicy banget.

BACA JUGA: YOHAN ANDREAN BAGIKAN TIPS SUKSES BANGUN “ACCHA INDIAN SOUL FOOD”

Untuk variasi menu yang satunya, Lamb Biryani, dagingnya nggak ‘nyengat’ sama sekali. Beberapa orang memang ada yang nggak bisa makan daging domba karena aromanya yang terlalu kuat. Tapi, dengan paduan bumbu dan juga campuran dari curry pack-nya tadi, alhasil dagingnya jadi nikmat banget pas masuk ke mulut.

Dan untuk nasinya, Accha pake beras basmati dari India. Teksturnya nggak terlalu pulen dan ada sedikit nutty flavor gitu. Cocok banget dipadu sama dagingnya yang empuk. Porsinya menurut gue nggak kurang dan nggak terlalu banyak, Biryani ini pas banget buat orang-orang kantor yang lagi mau makan siang tapi bingung pilih makanan apa yang bisa bikin kenyang.

Kalo orang Indonesia sih makan nasi nggak lengkap kalo nggak ada kerupuknya, dan ini juga termasuk yang the best menurut gue. Accha udah nyediain Papadum, sejenis kerupuk asal India. Teksturnya crunchy tapi juga rada soft gimana gitu. Jelasnya, Papadum ini ningkatin selera makan banget. Kekurangannya cuma satu, kurang banyak aja ini Papadumnya. Soalnya gue kalo makan kerupuk biasanya ngabisin satu toples sendiri di rumah.

Kelar makan Biryani, anak-anak kantor langsung pindah haluan ke menu snacks-nya nih. Ada Chicken Kofta Bites dan Aloo Samosa.

Chicken Kofta Bites itu bentuknya kayak bakso tapi lumayan gede-gede. Satu pack berisi 15 meatballs. Kalo di kantor ada rice cooker pastinya udah gue jadiin lauk sendiri sih. Soalnya enak dan bikin kenyang banget cuy.

Aloo Samosa sekilas mirip pastel yang kita kenal. (Foto: dok. Accha)

Nah, kalo Aloo Samosa itu kayak fried pastry yang dalemnya diisi sama kentang, kacang pis, dan kismis. Yang jelas, snack ini unik banget, pastry-nya crunchy tapi juga agak lembut, bentuknya mirip kayak pastel gitu kalo di Indonesia. Overall, Accha berhasil bikin anak-anak kantor kenyang sambil senyum-senyum kayak orang gila pas kelar gigitan terakhir. 

Ngomong-ngomong, di tanggal 14 November kemarin Accha ulang tahun yang ke-2 Civs. Ada Promo Party buat kalian yang pengen makan makanan India tapi bingung karena harga di resto-resto biasanya mahal.

Kalo kata gue, kalian harus cobain makanan India dari Accha. Kapan lagi bisa menyantap makanan India dengan harga yang terjangkau dan pastinya sesuai sama lidah Indonesia? Langsung cek aja ke Instagram mereka yak! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Garry

Content writer Froyonion, suka belajar hal-hal baru, gaming, dunia kreatif lah pokoknya.