Civs

3 TEMPAT NONGKRONG KREATIF DI JAKARTA YANG MESTI LO DATENGIN

Jakarta punya tempat-tempat seru dan asik yang bisa lo kunjungi di akhir pekan. Lo suka bingung nggak mau nentuin tempat nongkrong kayak apa? Gue saranin lo kesini, tempat nongkrong kreatif yang bikin betah seharian.

title

FROYONION.COMBanyaknya tempat nongkrong di Jakarta menjadi pemandangan yang nggak asing bagi remaja di era sekarang. Kini di setiap sudut kota, tempat-tempat seru diisi banyak tongkrongan yang kemudian menjadi tren anak muda Indonesia.

Belum pas rasanya nggak nongkrong menjelang libur di akhir pekan. Apalagi nongkrong di tempat yang asik dan seru, untuk sekedar menghilangkan penat setelah bekerja penuh seharian.

Nah tempat nongkrong kreatif di Jakarta ini bakal cocok banget buat lo mengisi waktu luang sekaligus bikin kreatif, dan gue nggak tanggung jawab kalo lo makin kreatif Civs!

1. POS BLOC

Lokasinya di Jakarta Pusat, Pos Bloc menempati gedung yang awalnya adalah Gedung Filateli Jakarta atau bekas Gedung Kantor Pos Pasar Baru. Di sini ada dua area luar ruangan yang dijadikan spot duduk santai sambil menikmati makanan dan minuman.

Area luar ruangan pertama adalah bagian depan Pos Bloc, tepatnya di halaman Gedung Filateli. Di sana terdapat beberapa bangku taman, undakan untuk duduk, serta beberapa bangku dan meja kecil di sepanjang trotoar.

Sementara area luar ruangan kedua terletak di tengah gedung dan dikelilingi oleh beberapa toko makanan dan minuman. Area ini dapat diakses melalui lorong memutar. Lo bisa bebas pilih duduk di area bean bag, bangku dan meja kecil di beberapa titik lorong, atau pada undakan lorong menuju area bean bag.

Salah seorang pengunjung yang gua temui, Kevin (27 tahun) mengaku sering mengunjungi Pos Bloc di akhir pekan. Selain refreshing, ia kesini hanya mencari inspirasi untuk projectnya yang sedang dikerjakan.

“Kalo ke sini biasanya akhir pekan aja, sambil ngerjain proyek, seringnya gue disini dapet inspirasi gampang banget, ngalir gitu,” ujarnya, saat diwawancarai pada Minggu (14/8/2022).

Pos Bloc punya bangunan megah dengan arsitektur Eropa. Gedung peninggalan Belanda dan dulunya difungsikan sebagai Kantor Pos terbesar di Hindia Belanda.

Saat memasuki Pos Bloc, lo bakal disambut oleh toko makanan dan minuman yang terletak di luar gedung. Makanan dan minuman di sini harganya terbilang cukup terjangkau.

“Selain itu, kenapa gue seringnya ke sini, harganya terjangkau juga, murah sih bisa dibilang,” kata Kevin.

Yang paling menarik, Pos Bloc juga menjual produk-produk Ekonomi Kreatif lokal, seperti sepatu, sandal, tas, pakaian dan juga berbagai macam aromaterapi ruangan.

Lo yang suka foto-foto juga bisa banget mengabadikan di Pos Bloc lewat studio Photo box di sana. Untuk alamatnya lo bisa ke sini ya : Jl. Pos No.2, Ps. Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10710

2. DIA. LO. GUE ART SPACE

Nah yang satu ini tempat nongkrong kreatif berlokasi di Kemang Civs. Konsepnya ciamik banget memadukan antara pameran seni dengan cafe dan toko souvenir. 

Di sini lo bisa menikmati berbagai karya seni mulai dari fine art, foto-foto dan video yang memanjakan mata. Apalagi dekorasi dominan seperti unsur kayu dan warna-warna calm seperti abu-abu, putih, hitam dan tentunya coklat. Yakin deh inspirasi lo bakal banyak.

Tempat ini cocok banget untuk sekedar quality time, karena suasananya yang tenang. Sambil menuangkan ide lo dalam sebuah tulisan, jangan lupa ditemani makanan dan minuman. Pulang dari sana, ide kreatif lo bakal banyak bermunculan!

Nah kalo lo berencana ke sini, lo tinggal cari alamat ini Civs: Jl. Kemang Sel. No.99A, RT.1/RW.2, Bangka, Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12730

3. M BLOC SPACE

Siapa yang nggak tau tempat ini? Ruang kreatif muda-mudi yang udah dibuka sejak 26 September 2019. Sekilas bangunan rumah bergaya vintage. Rumah-rumah dengan arsitektur tropis 1950an.

Dulu deretan rumah ini adalah rumah dinas Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri). Kini, kawasan tersebut berubah menjadi sebuah creative hub baru yang mewadahi kebutuhan kaum muda urban yang kreatif.

Salah satu anak muda gue mewawancarai beberapa waktu lalu, namanya Haris (24 tahun) asli Jakarta. Ia mengaku sering kali mengunjungi M Bloc sekedar menikmati suasana malam hari di Jakarta.

“Gue senang aja liat tempat-tempat kayak gini, anak muda banget, sekaligus memanjakan mata,” kata Haris saat diwawancarai.

Haris yang datang bersama dengan temannya bilang kalo tempat yang didesain retro ini juga ramai karena terletak di pinggir jalan. Jadi lokasi ini sangat mudah untuk dijangkau.

“Kebetulan kan ini deket juga sama rumah gue, jadinya tiap ke sini ya nggak perlu mengeluarkan biaya yang banyak,” ujar Haris.

Selain Haris, ada juga Una (25 tahun) yang baru sekali mendatangi M Bloc Space. Kesan pertama datang ke tempat ini ternyata berhasil membuat Una pengen datang lagi minggu depan.

“Tempatnya seru banget, kan biasanya anak muda itu ke mall, kayak ini tuh break dari rutinitas gitu sih, dia kan open space, jadi kayak lebih banyak vendor-vendor indie gitu kan, lumayan fresh lah tempatnya,” kata Una.

Lanjut Civs, saat memasuki ruang tengah M Bloc, lo akan melihat bangunan berkonsep outdoor. Ruang tengah ini menjadi titik kumpul anak muda seperti diskusi publik. Tampak juga sejumlah mural yang menghiasi tembok di ruang tengah.

Nah buat yang tertarik, lokasinya berada persis sebelum Terminal Blok M. Jika lo menggunakan MRT bisa turun di Stasiun MRT ASEAN atau di Stasiun MRT Blok M BCA.

Gimana Civs lo tertarik kan mengunjungi salah satu tempat nongkrong kreatif di atas? (*/)

BACA JUGA: ALASAN KENAPA NONGKRONG BISA MEMBERIMU BANYAK INSPIRASI BARU

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Abdurrahman Rabbani

Cuma buruh tinta yang banyak cita-cita.