Food

1930 GANDOK, KEDAI KOPI TERSEMBUNYI DI SIDOARJO YANG KEMBALI DIBUKA SETELAH TUTUP KARENA PANDEMI

Sebuah hidden gem di gang kecil tengah kota Sidoarjo ini sangat menarik untuk dikunjungi sambil menenangkan pikiran dari kesibukan sehari-hari, Civs!

title

FROYONION.COM - Di dalam sebuah gang kecil di tengah kota Sidoarjo terdapat kedai kopi yang sangat estetik, dengan bangunan kuno dan dikerubungi tanaman yang rimbun di sepanjang lorong gang.

1930 Gandok adalah sebuah kedai kopi atau populer disebut coffeeshop yang berada di sebuah gang kecil di deretan sibuknya tengah kota Sidoarjo. Tepatnya bertempat di kawasan jalan Slautan gang l nomor 4, Sidoarjo. 

Sebuah bangunan bernama Gandok yang telah ada sejak tahun 1930 yang kemudian dijadikan sebagai kedai kopi di tahun 2019 tetapi sempat tutup beberapa waktu karena diterpa pandemi covid-19. Di penghujung tahun 2022 kemarin 1930 Gandok kembali dibuka dengan mematuhi aturan protokol kesehatan secara ketat.

Mengusung konsep heritage dari gang kecil dan bangunan yang telah ada kemudian dipadukan dengan konsep naturalism tanaman-tanaman di sepanjang dalam gang sampai di depan Gandok tersebut memberikan kesan yang teduh dan tetap nyentrik serta cocok sebagai spot foto para pengunjung.

Dinding kedai kopi ini penuh grafiti warna-warni. (Foto. Dok. pribadi penulis)
Dinding kedai kopi ini penuh grafiti warna-warni. (Foto. Dok. pribadi penulis)

1930 Gandok buka setiap hari dari pukul 5 sore sampai pukul 10 malam, kata seorang barista yang penulis temui dan lupa menanyakan siapa namanya hehe, menyampaikan bahwa 1930 Gandok sengaja buka dari sore hari karena orang-orang yang bekerja di sini harus bekerja dulu di tempat lain pada pagi sampai sore hari, lalu selepas dari tempat kerja masing-masing baru bisa membuka kedai 1930 Gandok dan berinteraksi dengan para pengunjung.

Vania seorang pengunjung yang penulis temui juga menceritakan pengalaman pertamanya di 1930 Gandok baginya, tempat ini memberikan kesan yang dapat membawanya ke suasana di masa lampau ditambah tanaman yang rimbun disinari cahaya lampu warna kuning membuat vibe di 1930 Gandok ini kian romantis terlebih choco punk serta kentang goreng yang Ia pesan memiliki cita rasa kuat serta nikmat yang menjadikan 1930 Gandok ini sebagai tempat favoritnya untuk menyegarkan pikiran di tengah penatnya kota Sidoarjo yang sibuk.

Selain menyajikan minuman dari kopi, 1930 Gandok juga menyediakan minuman lainnya seperti coklat, teh maupun susu. Ada juga cemilan seperti kentang goreng dan lainnya. Untuk minuman dari kopi harganya mulai dari 10 ribu rupiah saja, untuk non kopi mulai dari 13 ribu rupiah, sedangkan untuk harga cemilannya mulai dari 15 ribu rupiah.

BACA JUGA: EKOPILOGI: COFFEE SHOP BERGAYA TROPICAL DI TENGAH KOTA SIDOARJO

1930 Gandok ini sangat direkomendasikan sebagai tempat nongkrong anak muda di Sidoarjo dan sekitarnya, kedai kopi yang unik dan menarik adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi. Semua orang yang nongkrong di 1930 Gandok pasti akan betah lama-lama di sini serta membuat orang untuk datang kembali.

Tempatnya strategis berada di tengah kota Sidoarjo, di dalam gang kecil yang sederhana tetapi menjadi indah dan elegan ketika bertemu dengan 1930 Gandok. Masuk gang kecil disambut light box yang menggantung bertuliskan 1930 “/GAN’DOK,/; serta di sebuah tembok sebelah kiri ada petunjuk arah yang panahnya mengarah ke kiri, sebuah gang lebih kecil di situlah 1930 Gandok berada.

Suasana halaman depan kedai kopi 1930 Gandok. (Foto: Dok. pribadi penulis)
Suasana halaman depan kedai kopi 1930 Gandok. (Foto: Dok. pribadi penulis)

Hidden gem yang jarang diketahui oleh banyak anak muda di Sidoarjo dan sekitarnya, tempat yang asyik dan asri membuat setiap pengunjung yang datang kemari betah untuk meluangkan waktunya lebih lama di 1930 Gandok.

Dengan sentuhan heritage bangunan kemudian di belakang meja bar ada sentuhan artsy dengan mural ditambah adanya pencahayaan di bawahnya menambah kesan estetik di 1930 Gandok ini. lalu di bagian luar bar tersedia tempat duduk yang dirimbuni tanaman tertata dengan rapi yang menambahkan kesan unik serta instagramable, cocok dijadikan sebagai spot foto maupun objek snapgram.

Penulis pun takjub dengan tema tempat dan menu yang ada di 1930 Gandok, serta menjadikan salah satu destinasi wajib ketika bertandang ke Sidoarjo, entah untuk mengistirahatkan pikiran sejenak atau menjadi tempat untuk menulis artikel-artikel berikutnya karena 1930 Gandok ini memang tempat yang keren dengan olahan kopi susu yang super nikmat. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Imam Luqman

Mahasiswa Sastra Indonesia tingkat akhir di salah satu kampus negeri di Surabaya, anggota masyarakat urban di Surabaya dan aktif di kesenian teater dan film pendek