Beauty

TIPS DAN TRIK MAKSIMALKAN SKINCARE YANG NGGAK COCOK DI WAJAH

Udah beli skincare mahal-mahal, eh ternyata nggak cocok di muka! Eits, jangan langsung dibuang, Civs! Kamu masih bisa lho memaksimalkan produk skincare yang nggak cocok itu.

title

FROYONION.COM - Skincare emang cocok-cocokan. Produk yang viral, mahal, terjual ratusan ribu pcs, diiklankan artis Korea, belum tentu cocok di wajah. Pasalnya, produk perawatan kulit itu emang sifatnya sangat personal dan hasilnya juga tergantung pada berbagai faktor, mulai dari jenis kulit, gaya hidup sampai lingkungan tempat kita tinggal.

Pernah nggak sih kamu udah beli skincare mahal-mahal, bahkan dibela-belain pre-order berhari-hari, pas dicoba malah nggak cocok. Entah itu bikin purging, terasa panas saat diaplikasikan, atau bahkan nggak ada efeknya sama sekali. Nyesel? Pasti. Merasa rugi? Jangan dulu!

Kamu masih bisa lho pakai skincare yang nggak cocok itu di bagian tubuh lain seperti tangan atau kaki. Telapak tangan dan kaki kita memiliki lapisan kulit mati  tambahan bernama stratum lusidum yang transparan dan membuatnya lebih tebal serta tahan tekanan. Bakal lebih tahan banting buat produk skincare-mu yang nggak cocok di muka.

Bisa dimaksimalkan kayak gimana sih produk-produk skincare yang nggak cocok itu? Yuk, simak penjelasan di bawah.

BACA JUGA: MENGENAL SKIN CYCLING, TREN SKINCARE YANG BAKAL BOOMING (LAGI) DI 2023

1. CLEANSER

Cleanser atau facial wash alias sabun cuci muka yang nggak cocok di mukamu bisa banget kamu pakai sebagai sabun cuci tangan. Biasanya, sabun cuci muka ini punya ingredients yang melembabkan dan kadar pH seimbang di angka 5-6 sehingga bisa banget digunakan sebagai sabun cuci tangan setelah kamu mencuci piring. 

Khusus untuk cleanser yang sifatnya exfoliant, bisa juga digunakan pada bagian lipatan tubuh yang lebih tebal dan gelap. Misalnya pada bagian lutut ataupun siku. Sifat exfoliant ini maksudnya gimana? Itu lho, yang ada kandungan AHA, BHA atau PHA-nya. 

2. OIL CLEANSER

Khusus untuk oil cleanser bisa kamu gunakan untuk membersihkan barang-barang yang kena noda make-up atau noda oil-based. Atau, bisa juga untuk membersihkan bahan-bahan waterproof. Misalnya brushsponge,tas make-up sampai meja. Tapi harus diingat ya Civs, penggunaan oil cleanser sebagai pembersih noda ini hanya sebagai alternatif saja. 

3. TONER

Keburu beli toner full size tapi ternyata nggak cocok di muka? Tenang, bisa kok digunakan sebagai tambahan pelembab untuk tangan dan kaki. Kalian bisa banget nih pakai tonernya dulu trus dilanjut body lotion kesayangan yang biasa digunakan sehari-hari. Fungsinya untuk menjaga kelembaban kulit secara lebih maksimal. 

Nah, khusus exfoliating toner yang mengandung bahan-bahan aktif seperti AHA, BHA maupun PHA, bisa juga digunakan sebagai perawatan bagian lutut atau siku yang menghitam. Selain itu, exfoliating toner ini juga bisa lho untuk merawat kulit ayam atau keratosis pilaris

4. PRODUK EKSFOLIASI

Kegunaan utama dari produk eksfoliasi adalah mengangkat sel-sel kulit mati. Penggunaannya bisa juga lho di area tangan ataupun kaki kalau memang terbukti nggak cocok untuk kulit wajah. Terutama sekali pada area kulit yang warnanya lebih gelap seperti siku, lutut ataupun ketiak. 

Perlu diingat nih Civs, pemakaian produk eksfoliasi harus tetap memperhatikan cara penggunaan yang tertera di kemasannya. Selain itu, jangan skip penggunaan pelembab setelah melakukan eksfoliasi dan sunscreen di pagi harinya, ya!

BACA JUGA: REKOMENDASI PRODUK SKINCARE LOKAL UNTUK 2023 YANG LEBIH ‘GLOWING

5. SERUM

Khusus untuk serum akan sangat tergantung dari bahan aktif yang terkandung di dalamnya. Misalnya, serum dengan ingredients vitamin A, B3, B5 dan C bisa dicampurkan dalam body lotion sebelum diaplikasikan pada tangan dan kaki. Bisa juga kalian pakai serumnya dulu di tangan atau kaki, baru deh pakai body lotionnya.

Sementara untuk serum dengan kandungan bahan-bahan aktif yang bertujuan untuk mencerahkan seperti niacinamide, tranexamic acid atau alpha arbutin bisa digunakan pada area lipatan tubuh yang cenderung lebih gelap seperti siku, lutut atau ketiak. 

Sebelum mencoba mengaplikasikan serum pada bagian tubuh selain wajah, ada baiknya kamu lakukan dulu patch test di pergelangan tangan, Civs. Tujuannya adalah untuk mengetes apakah kulit badan kamu juga serewel kulit muka ketika mendapat asupan bahan-bahan aktif tersebut. Pastikan juga cara penggunaannya benar, ya.

6. PELEMBAB

Pelembab biasanya dipasarkan dengan banyak nama. Ada yang menyebutnya moisturizer, day cream, night cream sampai sleeping pack. Fungsi utamanya sama, yaitu memberi kelembaban pada kulit wajah. 

Kalau ternyata pelembab yang kamu beli nggak cocok, kamu bisa pakai produknya sebagai alternatif hand cream atau body lotion. Aplikasikan juga pada area kulit yang sering terkena gesekan sehingga butuh perawatan ekstra seperti lutut dan siku.

BACA JUGA: MAN MADE ID: SKINCARE KHUSUS COWOK YANG NGGAK MAU RIBET

Nah, itu dia ragam tips dan trik dalam memaksimalkan produk skincare kamu yang nggak cocok di wajah. Jangan buru-buru dijual harga murah apalagi dibuang ya Civs, bisa jadi produk-produk itu malah bakal works banget buat merawat bagian tubuh yang lain. Biar bisa glowing sebadan-badan!

Kalau masih ragu, kamu bisa banget berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau profesional kesehatan sebelum mencoba tips-tips di atas. Balik lagi yang namanya skincare emang cocok-cocokan dan hasilnya bisa jadi akan berbeda-beda di tiap orang. Selamat mencoba! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Wahyu Tri Utami

Sometimes I write, most of the time I read