Trends

RAMAI DI TIKTOK DAN TWITTER, APA ITU ‘BOYFRIEND AIR’?

Muncul lagi istilah baru, ‘Boyfriend Air’ sedang marak digunakan di media sosial. Apa arti sesungguhnya dari istilah gaul yang satu ini? Mari simak!

title

FROYONION.COM - Beberapa waktu lalu, istilah ‘Boyfriend Air’ ramai diperbincangkan di media sosial, yaitu di TikTok dan Twitter

Banyak TikTokers yang mengangkat tentang fenomena ini, yang ternyata dirasakan juga oleh banyak orang lainnya.

APA ITU ‘BOYFRIEND AIR’?

Istilah ‘Boyfriend Air’ ini menjadi tren di TikTok, yang menunjukkan sebuah perbedaan pada penampilan fisik yang dialami perempuan, setelah menghabiskan waktu bersama pacar lelakinya / sekadar berkunjung ke tempat pacarnya. Utamanya, fenomena ini sering terjadi di negara-negara barat, seperti di Amerika Serikat.

Beberapa video dengan konteks ‘Boyfriend Air’ di TikTok menunjukkan perbedaan yang cukup signifikan pada penampilan perempuan, yang sebelumnya terlihat freshglowy, dan cantik, lalu berakhir ‘lepek’, ‘kumel’, dan berjerawat sesaat setelah momen quality time bersama pacar lelaki.

Stereotipnya, adalah seorang perempuan memang akan terlihat lebih ‘tidak terurus’ jika terlalu lama menghabiskan waktu bersama di tempat pacar lelakinya, bahkan lebih parahnya, beberapa perempuan merasakan dampak dari Boyfriend Air bahkan hanya dengan menghabiskan waktu beberapa jam bersama pacar.

Klaim ini dibuktikan dengan selfie before & after seorang perempuan bertemu / berkencan dengan pacarnya, dengan beberapa di antara mereka menunjukkan munculnya jerawat & breakout di bagian wajah–berakhir glow down.

Sebelumnya, fenomena serupa sempat ramai di TikTok dengan istilah ‘School Air’, yang menunjukkan perbedaan pelajar yang tampil segar di pagi hari, namun menjadi ‘urak-urakan’ setelah jam pulang sekolah.

PENYEBAB ‘BOYFRIEND AIR’

Ada banyak teori mengenai fenomena penyebab terjadinya Boyfriend Air. Paling kentara, adalah kebiasaan para lelaki yang tergolong ‘lebih jorok’ ketimbang perempuan, seperti tidak rajin membersihkan kamar–sprei, kasur, menyapu, mengelap barang-barang di kamar–serta mengabaikan kebersihan badan seperti jarang mencuci muka dan mandi.

Kebiasaan-kebiasaan ini kemungkinan menjadi penyebab paling kuat mengapa para wanita merasakan efek Boyfriend Air pada penampilan mereka.

Teori lainnya mengatakan bahwa ketika perempuan sedang berada di rumah / tempat pacar lelakinya, para perempuan bisa saja jarang melakukan skincare routine seperti yang dilakukan di rumahnya masing-masing.

Para perempuan yang merasakan Boyfriend Air mungkin juga tidak membawa seluruh perabotan make-up ataupun skincare yang selalu dipakainya di rumah karena terlalu ‘ribet’ dan memakan banyak space di tas mereka.

Lalu, teori terakhir jauh lebih simpel ketimbang 2 teori sebelumnya. Bisa jadi, ketika seorang perempuan merasakan Boyfriend Air, perempuan itu memang merasakan sangat nyaman karena berada di sisi pacarnya, jadi mereka nggak terlalu memikirkan tentang penampilan, apalagi hingga urusan skincare routine.

Karena pada umumnya, ketika single, baik laki-laki atau perempuan akan lebih meningkatkan penampilan diri, termasuk kebersihan dan perawatan tubuh. Namun ketika sudah berada di dalam hubungan dan memiliki pacar, kebiasaan merawat diri itu bisa saja nggak dilanjutkan kembali, karena kita sudah merasa cukup dengan penampilan diri kita, dan tidak secara aktif ‘menggaet’ lawan jenis dengan penampilan yang baik seperti saat masih single.

KESIMPULAN ‘BOYFRIEND AIR

Nah, semua teori di atas menggambarkan perbedaan perilaku seseorang setelah memiliki pacar. Tentunya, akan ada banyak hal yang berubah ketika kita berada dalam hubungan, contohnya seperti pola tidur yang tidak menentu, atau asupan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi jadi tidak terkontrol.

Semua variabel ini bisa memengaruhi penampilan perempuan jadi terlihat lebih ‘kusam’ dan mungkin menyebabkan munculnya jerawat. 

Pada akhirnya, apakah Boyfriend Air merupakan fenomena yang nyata atau tidak, masih menjadi perdebatan. Namun, banyak pengguna TikTok merasa bahwa mereka tidak sendiri dalam mengalami fenomena ini dan berbagi pengalaman mereka. Jadi, sementara Boyfriend Air mungkin bukan satu-satunya faktor, faktor-faktor seperti kebiasaan perawatan diri dan kebersihan juga dapat memainkan peran dalam fenomena ini. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Garry

Content writer Froyonion, suka belajar hal-hal baru, gaming, dunia kreatif lah pokoknya.