Tips

TUTORIAL EDIT VIDEO YANG MENYENANGKAN, MUDAH DAN MURAH UNTUK PARA PEMULA

Video menjadi salah satu konten terampuh dalam menyampaikan pesan dan mengekspresikan berbagai keadaan. Maka mengoperasikan software video editor merupakan hal yang penting. Berikut tutorial edit video yang menyenangkan, mudah dan murah.

title

FROYONION.COM - Kecanggihan teknologi semakin menjadi-jadi, sehingga memunculkan banyak peluang bisnis salah satunya di bidang content creator, entah itu vloggervideo editor atau yang semisalnya.  

Video terutama menjadi salah satu konten yang paling diminati oleh masyarakat. Mulai dari YouTube, Instagram hingga TikTok mayoritas kontennya merupakan video. 

Keahlian menguasai software video editor pun kini menjadi hal yang krusial dalam memperbanyak khazanah keilmuan dunia maya.

BACA JUGA: 5 TIPS MEMBUAT VIDEO MEMPERKENALKAN PRODUK DI MEDIA ONLINE

Penulis akan membagikan tutorial singkat mengedit video dengan cara yang menyenangkan, mudah plus murah untuk para pemula.

1. PILIH SOFTWARE VIDEO EDITOR YANG PALING DISUKAI ATAU PALING DIKUASAI

Bagi yang sudah expert dan terbiasa menggunakan Adobe Premiere Pro ya silahkan saja, tapi bagi para rookie yang masih 'hijau' di bidang ini penulis sarankan agar lebih selektif. 

Silakan pilih video editor yang paling disukai atau dikuasai, ini yg pertama dan utama. Gunakan software yang ringan, easy to use serta menu dan tools software yang simple. 

Mungkin bisa windows movie maker untuk PC, atau bisa CapCut, Filmora, YouCut dan yang lainnya untuk aplikasi Android. Tak perlu banyak aksesoris yang penting bisa mengedit dengan baik merupakan sebuah pencapaian yang patut diapresiasi.

2. SESUAIKAN KAPASITAS SOFTWARE DENGAN KUALITAS GADGET

Khusus pemilik gadget dengan spek kentang sebaiknya jangan coba-coba nekat instal software video editor level pro seperti Adobe Premiere Pro atau Vegas Pro. Bisa-bisa yang ada malah si gadget malah ‘tenggelam’. 

Alangkah baiknya gunakan video editor dengan ukuran yang kecil dan ringan agar lebih memudahkan pemakaian. Contohnya banyak sekali, beberapa diantaranya seperti yang penulis sebutkan di atas.

3. PASTIKAN SOFTWARE FREE LICENSE ATAU DAPATKAN CRACK-NYA

Banyak software editor video yang berbayar, daripada nanti malah repot sendiri, mendingan lebih baik cari yang free license atau terlebih dahulu dapatkan crack dari software tersebut.

4.  JANGAN GUNAKAN SOFTWARE UNDERRATED

Nah, ini juga hati-hati. Perhatikan review dari software video editor yang ada baik di Play Store ataupun di media lain, download software dari situs terpercaya seperti filehippo.com atau lainnya. Sebab tak menutup kemungkinan adanya perangkat jahat seperti malware, spyware dan virus yang tersembunyi dalam software tersebut, jadi harus hati-hati. (*/) (Photo credit: Avel Chuklanov)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Muhammad Adib

Seorang PNS (Pegawai Ngeri Swasta), guru ngaji, sarjana komputer yang suka nulis