Tips

TIPS SOLO TRAVELING KALAU LO MAU NGABISIN TANGGAL MERAH 2023

Konsep solo traveler belakangan jadi makin populer dan digemari anak-anak muda, Civs. Lo bisa ngelakuin liburan sesuai dengan kehendak lo, meskipun kadang ada tantangan tersendiri yang harus lo hadapi sih.

title

FROYONION.COM - Kabar yang ditunggu-tunggu setiap akhir tahun udah datang nih, Civs! Pemerintah telah resmi menetapkan daftar tanggal merah karena cuti bersama atau libur nasional buat tahun 2023, yakni sebanyak 24 hari. 

Ketentuan itu termaktub dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 1006 Tahun 2022, Nomor 3 Tahun 2022, dan Nomor 3 Tahun 2022 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023. Daftar liburnya bisa langsung cus lo cek di sini

Nah makanya kalau ada bos lo yang ngelarang libur di tanggal merah itu kasih tau aja Civs aturannya sudah resmi diketok! 

Tapi memang sih, apesnya kalau merujuk ke SKB itu ada 6 hari libur yang jatuh pas weekend di Sabtu & Minggu. Makanya nih Civs meskipun masih ada dua bulan lagi sebelum 2022 berakhir, lo harus mulai merencanakan waktu paling tepat buat liburan kapan. 

Kalau mungkin lo nggak ada teman atau pacar yang bisa diajak buat liburan, sebenarnya nggak ada salahnya juga lho nyobain solo traveling. Pengalaman seru pasti  bakal lo dapetin kalau pergi liburan sendiri.

Apalagi di zaman sekarang ini, gue rasa sih lo perlu buat refreshing dan pergi jauh dari hiruk pikuk kota buat menikmati waktu lo sendiri. 

Ada sebuah studi yang diteliti oleh Elaine Chiao Ling Yang dari Griffith University, Australia tentang solo traveler ini. Dia merujuk pada hasil survei global pada 2019 yang melibatkan 21 ribu responden, dan menyatakan 76 persen diantaranya tertarik untuk berlibur sendiri. 

Apalagi, konsep ini dinilai cukup populer untuk dilakukan oleh perempuan ataupun laki-laki yang berasal dari Gen Z ataupun Baby Boomers. Salah satu yang mendorong popularitas perjalanan solo ini adalah gaya hidup kontemporer dan perubahan sosial kekinian. 

Studi ini mengungkapkan bahwa motivasi orang melakukan solo traveling adalah karena keadaan ataupun pilihannya. Beberapa di antaranya melakukan perjalanan secara mandiri karena memang berada jauh dari lingkungannya tapi beberapa di antaranya juga memilih konsep ini untuk mencari jati diri.  

Nggak cuma itu, ada juga di antara mereka yang melakukan perjalanan solo karena merasa lebih bebas dan fleksibel dibandingkan perjalanan berkelompok. 

Meski demikian, banyak hal yang harus dipersiapkan dan diantisipasi ketika lo memutuskan buat melakukan perjalanan solo, Civs. Masalah keamanan, biaya, dan juga faktor sosial seringkali jadi penghambat ketika lo mau solo traveling. 

Buat mengatasi itu, gue ada rangkum beberapa tips buat ngelakuin solo traveling

1. Siapin Rencana Matang

Buat lo yang mau jadi solo traveler, tips ini paling penting karena bukan artinya lo bisa bebas ke mana pun tanpa ada persiapan sebelumnya. Buat gue sih rencana matang itu nggak selalu harus rinci.

Tapi beberapa hal yang mendasar perlu lo siapin saat jalan-jalan sendirian. Misalnya, akomodasi dan tempat lo tinggal selama melakukan perjalanan. 

Ini harus sudah fix dulu nih sebelum lo memulai perjalanan. Tempat tinggal selama liburan penting buat lo nge-charge tenaga jadi bisa enjoy holiday. Lokasi tempat tinggal bisa menyesuaikan budget ataupun rencana perjalanan lo.

Misalnya budget lo berlebih, bisa mungkin memilih hotel atau apartemen. Tapi kalau memang pas-pasan, sebenarnya nginep di hotel kapsul yang lagi ngetren belakangan ini juga sudah nyaman banget, kok! 

Selain tempat tinggal, akomodasi juga mencakup moda transportasi yang bakal lo gunain sehari-hari. Balik lagi, ini tergantung konsep liburan lo nanti ke mana. Kalau memang sekiranya bakal melakukan mobilitas yang cukup jauh, mending lo siapin budget berlebih buat sarana transportasi. 

2. Jangan Lebay Bawa Barang

Ini prinsip yang menurut gue penting ketika lo jadi solo traveler. Pastikan cuma barang-barang penting yang lo bawa, dan jangan berlebihan.

Mulai rencanain kira-kira berapa hari lo bakal bepergian dan agendanya bakal ngapain aja. Jadi pakaian yang lo bawa terukur dan nggak kebanyakan. Kalau memang memungkinkan, cukup bawa satu tas atau koper, supaya barang-barang lo nggak kececer.

Tips ini penting soalnya lo cuma bersama diri lo sendiri ketika berpergian itu. Jangan harap ada orang lain yang bakal bantuin bawa barang lo, atau bantu jaga barang-barang lo.

Kerepotan membawa banyak barang pasti bakal lo rasain banget kalau misalnya lagi naik transportasi umum, tempat umum, atau misalnya lo lagi kebelet buang air. 

3. Explore Perjalanan

Momen ini harus lo manfaatin bukan buat cuma sekadar tidur di penginapan atau leha-leha di kamar, Civs. 

Biasanya bepergian seorang diri bakal lebih banyak menghemat waktu lo dibandingkan pergi ramai-ramai. Lo nggak perlu nunggu teman yang mungkin punya kesibukannya sendiri. 

Enaknya lagi, lo bisa dengan bebas berkeliling atau mengunjungi tempat dan kegiatan yang lo suka. Maka dari itu, mulai susun itinerary atau rencana rute perjalanan yang bakal lo lakuin saat traveling itu. 

4. Jaga Diri dan Catat Nomor Penting

Karena lo nggak bareng siapa-siapa, setidaknya lo harus mulai membekali diri dengan cara-cara untuk menghindari bahaya. 

Misalnya, mengantisipasi copet atau jambret saat berpergian dengan memisahkan uang yang dibawa di tempat-tempat nggak terduga. Jangan taruh uang dalam jumlah banyak di satu tempat saja. Lo bisa pisah-pisahin uang itu ke beberapa tempat yang mungkin bakal sulit dijangkau oleh maling. 

Selain itu, sangat direkomendasikan buat bawa alat bela diri kalau memang lo punya. Hal itu bakal berguna ketika lo ada di situasi yang nggak diinginkan. 

Pastiin lo juga mencatat atau afal nomor-nomor penting untuk meminta pertolongan. Kayak misalnya kepolisian setempat, rumah sakit, atau mungkin komunitas-komunitas warga lokal yang bisa membantu lo. 

Menurut gue sih, momen solo traveling itu bakal jadi ajang buat lo lebih kenal sama diri sendiri. Jadi penting lo pakai waktu ini buat me time dan merefleksikan sejenak apa-apa saja yang sudah lo lakuin buat diri sendiri. Jangan sampai ke distract sama lingkungan, ataupun pekerjaan ketika melakukan perjalanan solo ini. 

Gimana Civs, tertarik nggak lo buat pakai tanggal merah tahun depan sama solo traveling? (*/)

BACA JUGA: TIPS KINUR SUPAYA KOPER KALIAN AMAN PADA SAAT TRAVELING

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Michael Josua

Cuma mantan wartawan yang sekarang hijrah jadi pekerja kantoran, suka motret sama nulis. Udah itu aja, sih!