Tips

MAU TERHINDAR DARI STRES DAN LEBIH AWET MUDA? HINDARI 4 PEKERJAAN INI

Bagi kalian yang mendambakan hidup minim stres dan punya kulit yang lebih awet muda, mendingan simak dulu artikel yang satu ini!

title

FROYONION.COMSiapa yang cita-citanya mau hidup bebas stres dan awet muda? Bagi budak korporat, khususnya pejuang berangkat gelap–pulang gelap kayak kita ini tampaknya mustahil, ya? WHO juga bilang kalau penyebab stres berasal dari kondisi pekerjaan yang buruk.

Hal tersebut bisa dibedakan atas dua hal. Mulai dari situasi pekerjaan yang monoton, kurang variatif, sampai beban pekerjaan yang terlalu berat. Sedangkan dari sisi konteks pekerjaan disebabkan ketidakamanan pekerjaan, evaluasi pekerjaan yang nggak jelas, dan rendahnya kesempatan promosi karier.

Bahkan, ada temuan yang menyatakan beberapa pekerjaan di bawah ini justru bikin kalian tambah stres. Ada apa aja tuh? Coba kita simak di sini, sekaligus catat tipsnya biar kalian nggak gampang stres selama bekerja.

1. PILOT PESAWAT TERBANG

Tanpa bermaksud menyinggung kalian yang kebetulan seorang pilot, faktanya, pekerjaan ini jadi salah satu yang sering terkena stres sampai ancaman penuaan kulit. Bayangkan, pilot menanggung keselamatan penumpang, diri sendiri.

Makanya, seorang pilot profesional harus paham ketika mengalami situasi terburuk atau beban pekerjaan yang membuatnya mudah stres. Di samping itu, keberadaan tabir surya atau sunscreen jadi hak segala manusia termasuk pilot biar terhindar dari sinar UV demi kulit wajah yang nggak berkeriput, ya!

2. SUPIR KENDARAAN UMUM

Nah, sama seperti pilot pesawat terbang, supir kendaraan umum yang sering kita jumpai baik itu supir truk, supir taksi, supir bis, supir bajai sampai supir-supir yang lain juga berurusan dengan beban pekerjaan dan potensi sinar UV yang nggak main-main!

Okelah, mungkin bebannya nggak seberat pilot, namun, pernah terbayang misalnya supir truk harus tepat waktu mengantarkan barang meskipun kondisi kendaraanya udah bobrok? Pasti serangan stres juga kian muncul. Jadi, buat kalian yang mau mencoba profesi ini, silakan pertimbangkan secara baik, yap!

BACA JUGA: NONTON KONTEN ASMR TERBUKTI MENGATASI INSOMNIA, KOK BISA?

3. ATLET

Seorang atlet olahraga memang layak disebut sebagai pahlawan negara. Namun, jangan salah loh, mereka juga manusia biasa seperti kita yang nggak luput dari serangan stres. Belum lagi jika mereka bertanding di luar ruangan, sinar UV yang menyengat bisa bikin regenerasi kulit terganggu dan akhirnya lekas menua.

Oleh karena itu, jika kalian ingin menjadi atlet, bukan sekadar berlatih untuk menjadi juara, melainkan melatih diri agar kalian siap menghadapi potensi serangan stres yang kapanpun bisa terjadi. Dan, jangan sepelekan penggunaan sunscreen agar meminimalisir dampak buruk sinar UV.

4. JURU MASAK ATAU KOKI

Wah kalau ini sih  udah bisa tebak gimana tingkatan stres seorang koki. Koki harus siap dengan omelan pelanggan atau kritikan atasan yang bilang masakannya kurang sesuai. Selain itu, potensi penuaan kulit yang dialami koki, sebenarnya bukan dari sinar UV, melainkan asap kompor dan hawa panas dapur.

Di sinilah kulit wajah seorang koki bisa tampak merah, cenderung berminyak dengan pigmen cokelat. Sel-sel melanin juga ikut terangsang menghasilkan bercak-bercak yang turut menimbulkan reaksi penuaan terhadap kulit wajah. Solusinya? Sesekali menghirup udara segar dibandingkan terus-menerus berada di dalam dapur.

CARA AMPUH MENGATASI STRES SAAT BEKERJA

Terus, gimana cara ampuh mengatasi stres saat bekerja? Nah, langkah-langkah di bawah ini bisa kalian lakukan!

1. LAKUKAN RITUAL SEBELUM BEKERJA

Intinya, sih, pas baru sampai kantor jangan langsung kerja. Minimal berdoa dulu, setelah itu lanjutkan dengan aktivitas favorit kalian, mulai dari sarapan, ngopi, dandan, nyetel musik, atau streaming film kesukaan. Cara ini bisa naikkin mood, plus, terhindar dari potensi stres. 

2. HINDARI KONFLIK DENGAN REKAN KERJA

Konflik interpersonal seperti dengan rekan kerja berdampak buruk terhadap kesehatan fisik dan emosional. Makanya, sebisa mungkin hindari permasalahan yang ujung-ujungnya malah menimbulkan konflik. Tipsnya, mulai sekarang tolak ajakan untuk ghibah, dan komunikasikan suatu perkara secara jelas, biar kalian terhindar dari konflik.

BACA JUGA: JOB SECURITY: STRATEGI PENTING UNTUK MEMPERTAHANKAN PEKERJAAN LO

3. FOKUS PADA TARGET

Memang salah satu cara untuk meminimalisir serangan stres saat bekerja adalah fokus pada target. Nggak perlu capek-capek memikirkan sesuatu yang bikin kalian jadi lebih stres. Pusatkan penuh perhatian terhadap apa yang kalian kerjakan sekarang. Barulah setelah itu kalian bisa mengevaluasi diri demi memberikan kinerja yang lebih baik.

4. JANGAN LUPAKAN SELF REWARD

Boleh nggak sih self reward? Banyak peneliti bilang alih-alih kalian menolak self reward karena terkesan buang-buang duit. Asalkan dilakukan secara tepat, self reward bisa jadi cara untuk memberi selamat pada diri sendiri atas kerja keras yang kalian lakukan. Bingung mau pilih apa? Sesederhana kasih jeda sejenak dan apresiasi diri sendiri di tengah-tengah pekerjaan, udah jadi self reward yang bermakna, loh!

Itulah penjelasan khusus buat kalian yang pengin terhindar dari stres dan punya kulit wajah yang lebih awet muda. Walaupun semua pekerjaan di dunia ini berisiko, nggak ada salahnya dari artikel ini kalian juga jadi paham bahwa ada beberapa pekerjaan dengan tingkat stres yang lumayan, sehingga menambah kewaspadaan kita ketika bekerja. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Lukman Hakim

Penulis lepas yang menuangkan ide secara bebas tapi tetap berasas