Esensi

JOB SECURITY: STRATEGI PENTING UNTUK MEMPERTAHANKAN PEKERJAAN LO

Mau jadi karyawan yang bisa diandalkan perusahaan dan terhindar dari PHK? Itu berarti lo wajib tingkatkan job security! Pelajari selengkapnya di artikel ini, Civs.

title

FROYONION.COMHah, apa? Job security? Gue bisa tebak, mesti lo berpikir ini ada kaitannya dengan profesi petugas keamanan alias security, ya kan? Eits, bukan itu yang mau kita bahas, Civs. Melainkan, job security ini suatu konsep yang bisa jadi panduan lo untuk mempertahankan pekerjaan.

“Kan udah dapet pekerjaan, masa sih nggak aman?” Ya, tentu bisa! Apalagi di zaman yang penuh dengan tantangan, persaingan, dan ketidakpastian. Bisa aja ketika lo lagi mengembangkan karier di industri kreatif Indonesia sebagai content writer specialist, atau profesi lainnya, eh tiba-tiba lo kena layoff alias PHK. Amit-amit, toh?

Makanya, akibat lalai dan terlalu menikmati pekerjaan, lo jadi lupa atau bahkan belum tau seluk-beluk mempertahankan pekerjaan dengan konsep job security. Penasaran nggak sih, apa itu job security, dan mengapa konsep ini penting buat lo terapkan di sepanjang karier? 

Nggak usah kemana-mana, gue bakal kupas tuntas di dalam artikel ini, Civs. Enjoy!

BACA JUGA: MASIHKAH GOOGLE JADI KANTOR IDAMAN? INI KATA GENERASI Z

Pertama, gue pengin ajak lo untuk memahami definisinya terlebih dahulu. Jadi, job security adalah sebuah peluang untuk mempertahankan pekerjaan lo sekarang. Artinya apa? 

Mereka yang job security-nya tinggi, kemungkinan kehilangan pekerjaan akan rendah. Di sisi lain, ketika job security lo rendah, angka kehilangan pekerjaan justru tinggi.

Nah, begitu lo nggak bisa mempertahankan pekerjaan, inilah yang disebut sebagai job insecurity, atau kondisi ketika lo merasa nggak aman dalam pekerjaan, dan lama-kelamaan situasi ini berpotensi menghilangkan pekerjaan lo. Dampaknya juga nggak main-main, lo jadi mudah cemas, dan stres karena nggak bisa mempertahankan pekerjaan.

Job security ini memang penting banget buat keselamatan karier dan juga diri lo. Untuk lebih jelasnya, mari kita telusuri lebih dalam di bawah ini!

TANDA-TANDA LO PUNYA JOB SECURITY YANG MUMPUNI

Kira-kira, apa di benak lo soal kriteria job security yang mumpuni? Disukai bos, atau sering dapat tugas yang nggak terlalu berat? Ternyata, ini tanda-tanda yang mesti lo pahami:

1. Lo sering diajak ikut nyemplung di beberapa proyek

Betapa beruntungnya lo bila diajak untuk terjun mencicipi proyek baru di kantor. Mungkin lo merasa asing, namun, kalau dipikir-pikir ini jadi peluang emas untuk mempertahankan pekerjaan. Last but not least, nyemplung di beberapa proyek juga bikin diri lo makin mindful bahwa keberadaan lo di kantor sangatlah dihargai.

2. Atasan lo nggak sungkan memberikan promosi

Ini logis sih, Civs. Maksudnya, ketika lo mendapatkan promosi alias kesempatan mengembangkan jenjang karier, ini jadi salah satu tanda bahwa pertahanan pekerjaan lo termasuk aman. Nggak mungkin dong, atasan atau pihak manajemen perusahaan mem-PHK orang yang baru mendapatkan promosi.

3. Lo punya kepercayaan yang tinggi di kantor

Jangan merasa terbebani dulu, Civs, misalnya lo tiba-tiba dapat tugas tambahan atau diperintah atasan untuk menangani masalah yang belum pernah lo hadapi. Justru inilah letak orang-orang begitu percaya terhadap kinerja lo. Again, ini juga jadi cara untuk mengantisipasi tantangan-tantangan berikutnya yang bakal lo terima kedepannya.

CARA PRAKTIS MENINGKATKAN JOB SECURITY

Dari awal kita udah menjelaskan secara panjang lebar pentingnya memiliki job security. Terus, gimana sih caranya meningkatkan job security? Ini dia informasi selengkapnya:

1. Selesaikan pekerjaan sesuai target

Mulai sekarang ubah mindset lo untuk bekerja sesuai target. Nggak perlu ngoyo atau memaksakan diri. Tipsnya, kerjakan mulai dari yang paling ringan, dan setelah itu lo bisa mengerjakan yang paling berat. 

Biar target pekerjaan nggak meleset, selalu cek kembali apakah pekerjaan lo sudah memenuhi target tersebut? Kalau belum, jangan malas untuk memperbaikinya.

2. Jadi karyawan yang bisa dipercaya

Meningkatkan kepercayaan lo di mata rekan kerja dan atasan nggak selamanya harus cari perhatian. Kuncinya, lo dapat jujur, punya keahlian yang lo kuasai, dan bersifat empati terhadap hal apapun. Dijamin deh, selain lo semakin dipercaya mereka, baik diri lo juga merasa nyaman dan nggak ada tekanan ketika bekerja.

3. Asah skills yang menurut lo penting

Di tahun 2020, World Economic Forum merilis 10 skills yang perlu dikuasai di tahun 2025, ada analytical thinking and innovation, active learning, critical thinking, complex problem-solving, dan masih banyak lagi. 

Paling nggak lo dapat asah salah satu skills tersebut untuk menunjang karier. Peroleh skills tersebut dari mengikuti seminar, lokakarya, atau bahkan kehidupan sehari-hari di kantor juga jadi sarana mengembangkan skills itu secara langsung.

4. Pahami tujuan tim dan perusahaan

Memahami tujuan yang hendak dicapai tim maupun perusahaan juga jadi salah satu cara mempertahankan job security. Sebenarnya, nggak ada langkah khusus. Namun, sebaiknya lo ikuti apa yang ingin tim atau perusahaan lo capai. Jika lo menemui kendala, segera bertanya, dan jangan ragu untuk mengirim dan menerima masukan.

Demikian penjelasan tentang job security yang penting bagi karier lo. Walaupun setelah membaca tulisan ini mungkin lo merasa nervous karena akan banyak menghadapi tantangan, atau justru merasa termotivasi. Intinya, tetap siapkan diri lo dalam menghadapi perubahan. Semoga lo selalu bisa mempertahankan pekerjaan sekarang ya, Civs! (*/)

BACA JUGA: SALAHKAH JIKA LO IRIT BICARA SELAMA INTERVIEW KERJA?

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Lukman Hakim

Penulis lepas yang menuangkan ide secara bebas tapi tetap berasas