Tips

MAHASISWA WAJIB TAU! HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SEBELUM MASUK ORGANISASI KAMPUS

Aktif dalam organisasi kampus bisa memberikan manfaat buat pengembangan diri. Bahkan dengan berorganisasi juga berguna untuk memasuki dunia kerja nanti. Sebelum masuk ke dunia organisasi, lo wajib tau hal-hal berikut, Civs!

title

FROYONION.COMMenjadi seorang aktivis kampus merupakan hal yang bermanfaat yang bisa dilakukan oleh mahasiswa di sela-sela kesibukan dengan berbagai aktivitas perkuliahan. Dengan terjun ke dunia organisasi kampus, lo bisa mengasah softskill, pola pikir, leadership, dan membangun relasi yang pastinya hal tersebut nggak bisa lo dapetin di bangku perkuliahan.

Eits, tapi lo nggak bisa asal aja ngikutin organisasi mahasiswa yang ada di kampus lo, Civs. Kenapa? Soalnya ada beberapa hal yang harus lo pertimbangin sebelum masuk organisasi biar kesannya nggak asal dikira mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang-kuliah pulang). Tujuannya biar potensi yang lo punya bener-bener berkembang secara maksimal dan lo bisa ngerasa nyaman selama aktif di organisasi tujuan lo. 

Emang apa sih hal-hal yang perlu diperhatiin tersebut? Berikut penjelasannya, Civs!

BACA JUGA: 5 ALASAN MENGAPA HARUS GABUNG ORGANISASI SEMASA KULIAH

1. KENALI MINAT DAN PASSION LO

Sebelum masuk ke salah satu organisasi di kampus, nggak ada salahnya memastikan terlebih dahulu apa yang sebenernya lo sukain. Kalo lo suka olahraga, lo bisa milih mempertimbangkan untuk masuk UKM Olahraga. Kalo lo suka nulis, bisa juga tuh masuk UKM Jurnalistik. Atau, lo lebih suka nyanyi dan musik, UKM Seni pilihannya. Intinya apapun yang menjadi minat lo.

Jangan bergabung ke organisasi cuma karena diajak atau dipaksa temen, Civs. Hal ini bisa ngebuat lo ngerasa nggak nyaman saat berada di organisasi tersebut. Selain itu, lo juga nggak bakal dapet ilmunya kalo organisasi yang lo masukin nggak sesuai sama minat dan passion yang lo punya. Ujung-ujungnya lo malah jadi anggota yang pasif.

2. APA YANG BAKAL LO PELAJARI DARI ORGANISASI YANG DITUJU?

Setelah lo mengenali minat dan passion, selanjutnya cari tahu apa sih alasan yang bikin lo tertarik masuk ke organisasi yang menjadi tujuan. Cari skill yang pengen lo kembangin dan pilih divisi atau bidang yang sesuai untuk meningkatkan skill tersebut. 

Lo juga harus udah memutuskan untuk masuk organisasi sebagai apa? Apakah ketua, wakil, bendahara, ataupun sekretaris sebagai branding diri lo ke depannya.

Ketahui juga visi, misi, serta struktur organisasinya, apakah organisasi tersebut punya sejarah yang baik, visi-misi yang jelas, serta program kerja yang bisa memberikan dampak positif bagi akitivitas di luar perkuliahan. 

Lingkungan di dalam organisasi juga nggak kalah penting untuk dipertimbangkan, Civs. Soalnya percuma masuk organisasi yang sesuai sama minat lo, tapi lingkungannya toxic. Sama aja boong, kan? Bukannya nambah ilmu, malah bikin stres dan mengganggu aktivitas perkuliahan lo. 

3. BAKAL GANGGU JAM KULIAH, NGGAK?

Resiko yang udah pasti kita tau saat aktif berorganisasi adalah berkurangnya waktu, terutama perkuliahan. Dengan menjadi aktivis kampus, otomatis waktu belajar untuk kepentingan kuliah bakalan keganggu. 

Pertimbangkan waktu yang bakal tersita ketika lo udah masuk organisasi kampus. Pastikan lo bisa membagi waktu antara tugas kuliah dan organisasi. Jangan sampai kegiatan organisasi mengalahkan kewajiban lo sebagai mahasiswa. 

Dengan menjadi aktivis, mau nggak mau lo dituntut untuk bisa mengelola waktu dengan baik mana yang jadi prioritas utama dan mana yang bukan prioritas.

BACA JUGA: 5 TIPS BAGI WAKTU KULIAH DAN ORGANISASI UNTUK PARA MABA

4. KONSISTEN SAMPAI AKHIR

Kalo lo udah memutuskan untuk menjadi aktivis kampus, diperlukan komitmen dalam berorganisasi. Dalam suatu organisasi, terdapat periode yang udah ditentukan, biasanya dalam satu periode adalah satu tahun. 

Sanggup nggak lo terus berkomitmen sampai akhir untuk menyelesaikan target yang lo buat di awal masuk organisasi? Jangan sampe cuma rajin di awal-awal doang, pas pertengahan malah mulai males-malesan. 

Itulah beberapa hal yang harus lo perhatiin sebelum masuk organisasi kampus, Civs. Ikut organisasi tentu akan memberikan dampak positif apabila dipersiapkan dengan baik. Gimana nih, udah mempertimbangkan keputusan untuk bergabung dalam organisasi, atau justru pengen jadi mahasiswa kupu-kupu aja? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Annisa Paramadina Rahmi

Mahasiswa nyambi freelancer