Tips

5 TIPS BAGI WAKTU KULIAH DAN ORGANISASI UNTUK PARA MABA

Membagi waktu antara kesibukan kuliah dan aktivitas organisasi emang nggak gampang. Tapi bukan berarti mustahil, Civs. Simak kiat-kiatnya di tulisan ini.

title

FROYONION.COM - Memasuki tahun ajaran baru agaknya membuat sebagian para pelajar mempersiapkan diri untuk segera masuk ke dunia baru mereka terutama ke tingkat perkuliahan. Hal itu tentunya akan membuat kalian bingung karena baru masuk pertama kali. 

Belum tau menahu soal peraturan atau bahkan ke kampusnya saja belum pernah. Oleh karena itu banyak calon maba atau mahasiswa baru yang merasa tidak nyaman atau kurang tahu tentang hal-hal yang ada di kampus contohnya organisasi. 

Dimulainya kuliah full offline tahun ini setidaknya membutuhkan adaptasi baru bagi seorang maba. Dengan adanya pengenalan-pengenalan dari setiap organisasi atau ukm akan membuat para maba paham dan mungkin saja berminat untuk terjun ke dunia organisasi. 

Tapi kebanyakan dari mahasiswa baru masih ragu untuk memilih organisasi yang akan dipilih karena takut tidak fokus dengan perkuliahan yang dijalani. Ada beberapa tips nih buat sobat maba atau mahasiswa baru supaya bisa membagi waktu antara kuliah dan organisasi berikut ini : 

1. DISIPLIN

Salah satu cara agar bisa membagi waktu adalah dengan cara disiplin. Dengan disiplin lo akan dengan mudah memanajemen waktu terutama untuk kuliah dan kegiatan organisasi. 

Buat para mahasiswa yang masih bingung antara ikut organisasi atau tidak cobalah untuk memulai disiplin agar mudah beradaptasi. Membagi ruang waktu mana kuliah dan organisasi agar tidak saling mepet dan pada akhirnya akan merugikan diri lo sendiri. 

Disiplin waktu saat kuliah dan organisasi sangatlah penting. Lo bisa mulai dengan mengerjakan setiap tugas kuliah atau kegiatan organisasi sesuai porsi dan waktu yang ditentukan. 

Jangan mengerjakan tugas kuliah bersamaan dengan organisasi dalam satu waktu. Hal tersebut akan membuat kesulitan dan pastinya ilmu atau pelajaran kuliahmu juga akan terganggu. 

Dengan belajar disiplin dari hal-hal kecil akan memudahkan ke depannya dalam membagi waktu. Kuliah bukan halangan untuk berekspresi di luar dunia kampus asalkan masih bisa menyeimbangkan keduanya. 

2. BUAT JADWAL KEGIATAN 

Tipe mahasiswa baru biasanya identik dengan semangat belajar yang tinggi. Tak heran hal tersebut membuat kebanyakan dari mereka aktif saat pembelajaran maupun organisasi. 

Untuk lo yang punya tipe-tipe ini wajib sih untuk bisa membagi waktu, caranya tentu saja mudah. Lo bisa belajar atau mencoba membuat jadwal kegiatan untuk aktivitas yang akan dilakukan besok harinya. 

Dengan membuat jadwal atau list, lo bisa dengan mudah menentukan kapan harus ikut kuliah dan kapan waktunya berorganisasi. Merencanakan hal-hal yang akan dilaksanakan juga mampu membuat waktumu jadi lebih teratur dalam menjalankan segala aktivitas.

Terkhusus untuk para maba yang merantau atau jauh dari orang tua sepertinya akan mudah dan terbiasa dalam membagi waktu dengan cara list jadwal kegiatan.

Jadwal kegiatan yang dibuat bisa dipasang sekitar ruangan misal kamar atau benda-benda lain yang sering ditemui agar mudah ingat. Selain itu dengan adanya jadwal dapat membentuk kebiasaan yang baik dan nantinya akan menciptakan karakter yang baik pula.

3. FOKUS KE PRIORITAS UTAMA

Fokus dengan satu titik akan mempermudah mencapai tujuan. Sama halnya dengan sesuatu yang kita kerjakan. 

Antara kuliah dan organisasi sama-sama memiliki kepentingan untuk diri sendiri. Namun kalau dijalankan keduanya akan sulit harus memprioritaskan salah satunya.

Menurut kepentingannya yaitu kuliah jadi yang harus diprioritaskan paling utama. Mengapa? Sebab jika kuliahmu lancar setidaknya organisasi juga akan mengikutinya. 

Dalam artian tersebut lo harus benar-benar fokus kuliah agar tetap lulus tepat waktu. Untuk soal organisasi bisa dijadikan hanya sampingan, boleh aktif di organisasi tapi jangan lupa untuk kuliah.  

Kesibukan kuliah dari tugas-tugas hingga ujian akhir memerlukan kefokusan diri sendiri. Nah dengan fokus berharap agar bisa mengerjakan dengan teliti yang akan mempengaruhi kedepannya. 

Dengan kuliah yang lancar pastinya waktunya dengan organisasi juga tidak terhambat jika lo fokus untuk hal-hal yang penting. Ingat untuk selalu teratur dalam menjalani dunia perkuliahan. Jangan malas karena nanti akan tertinggal.

Intinya harus menyeimbangkan antara kuliah dan organisasi, serta memperbanyak relasi karena akan melatih diri secara tidak langsung.

4. MELUANGKAN WAKTU

Salah satu cara biar ada waktu kosong yaitu meluangkan waktu saat sedang padat-padatnya kegiatan. Waktu luang hanya bisa lo dapetin saat sela-sela aktivitasmu. 

Semisal saat lo pulang kuliah, luangkan waktumu sejenak untuk mengerjakan tugas kuliah atau sekedar kumpul organisasi. Manfaatkan waktu yang renggang meski sedikit, karena hal tersebut akan membuatmu mudah dalam meluangkan waktu. 

Usahakan waktu yang luang tersebut digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat. Sebab akan sangat sia-sia bila waktumu hanya untuk sekedar hura-hura, bukan hanya waktumu saja yang akan terbuang tapi kegiatan yang lain juga akan tertunda. 

Jika lo merasa penat, luangkan waktu khusus istirahat agar bisa rehat pikiran dan badan sejenak.  

5. JANGAN MENUNDA TUGAS/PEKERJAAN 

Faktor utama yang menjadi hal yang sulit dihindarkan yaitu rasa malas. Ya hampir semua orang bukan hanya mahasiswa saja pasti akan ada waktunya merasa malas.

Dari kemalasan tersebut akan timbul efek menunda pekerjaan. Hal tersebut akan berdampak buruk ke depannya. 

Jika hal itu terjadi terus menerus khususnya untuk para mahasiswa baru akan menyebabkan kebiasaan yang sama saja menunda kelulusan. Untuk itu belajarlah agar jangan sering menunda pekerjaan terutama tugas-tugas kuliah.

Menciptakan effort dan semangat untuk diri sendiri sangatlah penting dengan terus berpikir positif. Jangan sampai menunda pekerjaan entah itu dari kuliah atau organisasi, semakin ditunda maka beban akan semakin berat. 

Jadi gimana nih buat para maba siap nggak menjalani kuliah dan organisasi? (*/) 

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Khanifah Auliana

Mahasiswi KPI di salah satu universitas Pekalongan. Hobi nulis, pingin jadi novelis, pebisnis dan dosen biar nggak bosen.