Tips

HAL-HAL SEDERHANA YANG BISA MEMBUAT TRAVELING KALIAN MENJADI KACAU

Sebelum kalian ingin menghabiskan akhir pekan dengan bepergian, sebaiknya lakukan persiapan secara matang agar tidak merusak traveling kalian dengan hal-hal remeh, seperti berikut ini.

title

FROYONION.COM – Traveling menjadi waktu bagi beberapa orang untuk bepergian sembari mengobati diri dari kebosanan dan rutinitas pekerjaan yang menumpuk. Kalian bisa traveling ke tempat-tempat wisata alam atau bahkan wisata sejarah, sekalian menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan orang sekitar. 

Tetapi pada saat traveling, tidak semua hal akan berjalan dengan rencana yang sudah ditetapkan sebelumnya. Kadang kala, ada satu atau dua hal remeh yang bisa membuat berantakan saat melakukan traveling. Lalu, apa saja hal-hal yang bisa membuat traveling menjadi kacau? Simak berikut ini.

1.    Istirahat kurang maksimal sebelum berangkat

Pada tempat wisata yang akan kalian tuju pastinya mempunyai jarak dan waktu yang berbeda-beda. Untuk kalian yang akan traveling ke tempat yang lumayan jauh, maka akan membutuhkan waktu tempuh yang lama pula.

Terkadang, ada banyak orang yang mengalami kelelahan di perjalanan saat menuju ke tempat wisata karena kurangnya waktu istirahat dan akhirnya setelah sampai di tempat wisata, tubuh menjadi malas gerak sehingga tidak bisa menikmati suasana di wisata yang dituju.

Jika kalian ingin traveling pastikan untuk istirahat terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan ke destinasi wisata. Apalagi kalau kalian menggunakan kendaraan pribadi, pastinya akan membutuhkan tenaga yang lebih. Setelah kalian beristirahat yang cukup, nantinya tubuh tidak akan cepat lelah dan perjalanan traveling kalian tidak menjadi kacau.

2.    Membawa barang berlebihan

 Sebelum melakukan perjalanan, pilihlah barang pribadi yang penting saja. Misalnya, dengan memilah pakaian yang digunakan untuk berapa hari kalian traveling, membawa perlengkapan mandi yang berukuran kecil dan jangan lupa membawa obat-obatan pribadi bila perlu.

Ada beberapa traveler yang tidak memperkirakan terkait banyaknya barang yang akan dibawa, sehingga nantinya bisa memenuhi tas atau koper dan akibatnya akan menyusahkan dan mengganggu perjalanan traveling kalian.

3.    Terjebak macet di perjalanan

Kemacetan sudah menjadi masalah utama di berbagai daerah di Indonesia. Apalagi pada saat momen dihari libur yang mengakibatkan jalanan menuju tempat wisata menjadi ramai dan penuh sesak. Tenang! Kalian bisa menghindari kemacetan dengan beberapa tips yang berikut ini.

Kalian bisa mengantisipasi kemacetan dengan cara berangkat lebih awal menuju tempat wisata, misalnya ketika kalian akan traveling ke pantai usahakan untuk berangkat sekitar pukul 5 pagi, sehingga jalanan tidak begitu ramai sekaligus bisa melihat pemandangan matahari terbit.

Selain itu, kalian bisa menggunakan aplikasi Google Maps pada smartphone, untuk mengetahui titik mana yang terjadi kemacetan.

4.    Kebingungan cari tempat makan yang sesuai

Ketika kalian berada di daerah yang baru pertama dikunjungi, pasti akan bingung untuk mencari tempat makan yang sesuai selera. Kadang-kadang, tempat makan yang secara wujud tampak menarik, namun menu yang tersaji tidak cocok dengan lidah. Sebaliknya, ada juga rumah makan yang terkenal dengan hidangan enaknya, tapi suasana restoran tersebut tidak nyaman.

Kalian tak perlu bimbang dengan hal tersebut. Saat ini, sudah banyak aplikasi pada smartphone kalian untuk mencari tempat makan yang dekat dengan kalian dan sekaligus bisa untuk berkumpul bersama kawan. Untuk aplikasi yang dimaksud yaitu ada PergiKuliner, Foodierate,dan RecoMe.

 5.    Paket data internet tiba-tiba habis

Paket data internet pada era sekarang ini sangat dibutuhkan untuk segala macam layanan jasa online yang bisa kalian nikmati setiap saat. Walaupun, sudah banyak tempat yang menyediakan wifi gratis, tapi akan lebih nyaman dan aman kalau paket data internet selalu tersedia pada smartphone milik sendiri.

Bayangkan jika paket internet kalian habis saat sedang traveling. Kalian tidak bisa melihat Google Maps ketika tersesat dalam perjalanan, tidak bisa mencari tempat makan yang nyaman melalui aplikasi, hingga tidak bisa untuk mengunggah foto di media sosial kalian saat berada di destinasi wisata yang dituju. Saya sarankan untuk selalu cek sisa paket data internet pada smartphone kalian sebelum berangkat ya.

Nah, itu dia beberapa hal sederhana yang bisa membuat traveling kalian menjadi kacau-balau. Oleh karena itu, selalu melakukan persiapan liburan dengan matang agar terhindar dari hal tersebut. Buatlah kegiatan liburanmu menjadi menyenangkan! (*/) (Photo credit: Mart Production)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Doni Dwi Setiawan

Lebih baik tidak tahu, tapi pingin tahu, dari pada sok tahu.