Tips

CARA NGIRIT BUAT ANAK KOS TANPA HARUS KEKURANGAN GIZI

Kuliah mulai memasuki semester baru, kehidupan ngekos pun dimulai kembali. Biar maba-maba tahun ini nggak pada kaget sama hidup sendiri dan ngekos, mari disimak beberapa tips yang bisa lo lakukan untuk survive sebagai anak kos.

title

FROYONION.COM - Ngekos merupakan hal yang diimpikan sekaligus mengesalkan buat anak muda Indonesia. 

Seneng karena akhirnya bisa ngerasain hidup sendiri, punya kamar sendiri, dan bebas ngatur jadwal harian tanpa harus dicariin sama orang tua. 

Tapi ngeselin juga karena segala kebutuhan yang biasanya disediakan sama orang tua jadi harus nyiapin sendiri. Makan sendiri, nyuci baju sendiri, ke mana-mana sendiri, sakit pun sendiri. 

Walaupun hubungannya rumit, di antara cinta dan benci, ngekos ternyata bisa ngasih segudang pengalaman hidup. Lewat ngekos inilah, anak muda Indonesia dilatih untuk hidup sendiri dan menyelesaikan masalah sehari-hari sendiri. Termasuk ngatur duit. 

Biasanya kalo anak kos dikasih uang jajan per bulan sama orang tua. Mau dipake buat apa aja itu wewenang kita buat ngatur. Tapi kalo tiba-tiba habis di tengah bulan, nggak enak juga kalo minta lagi. Buat ngehindarin kejadian ini, biasanya ada yang harus budget yang harus ditekan. Seringkali juga, yang ditekan itu budget makanan. 

Alhasil, begini deh makanan anak kosan yang defense abis. 

Dari nyemilin micin sampe mengkhayal makan ikan, semua bisa dilakukan asalkan perut tetap kenyang. (Foto: @receh.id, kaskus.com)
Dari nyemilin micin sampe mengkhayal makan ikan, semua bisa dilakukan asalkan perut tetap kenyang. (Foto: @receh.id, kaskus.com)

Kelihatannya sih ekstrem banget. Tapi ternyata kegelisahan serupa soal budget makanan dirasakan sama hampir semua anak kos, loh. Buktinya banyak yang ngasih saran dan sharing pengalaman ngirit makan selama ngekos lewat akun Twitter @collegemenfess ini. 

Curhatan anak kos dan mantan anak kos yang harus ngirit makan dengan berbagai cara. (Foto: Twitter @collegemenfess)
Curhatan anak kos dan mantan anak kos yang harus ngirit makan dengan berbagai cara. (Foto: Twitter @collegemenfess) 

Wah, gimana ceritanya tuh makan Rp10.000-Rp15.000 kerasa mahal? Normal nggak sih? Terus harus gimana dong biar bisa survive hidup sebulan sebagai anak kos tanpa harus menderita? 

Tenang, ada solusinya kok. 

JANGAN MALES ATAU JIJIK PERGI KE PASAR

Buat yang jijik sama jalanan becek pasar sehabis hujan dan bau amis dari ikan, minggir dulu deh. 

Soalnya emang cara paling ampuh untuk ngirit uang makan selama ngekos ya belanja bahan masakan ke pasar. 

Kenapa harus ke pasar dan nggak ke supermarket aja? 

Karena kalo di pasar, harganya jauh lebih murah. Lo juga bisa beli bahan masakan yang lo mau sesuai kebutuhan. Misal beli bawang putih Rp2000 itu udah dapet cukup banyak kok. Beli bayem seiket Rp5000 juga bisa. Beli tempe satu balok kalo pinten nawar bisa dapet yang Rp5000-an. Pengen makan daging ayam atau sapi, beli aja seperempat kilo dengan kisaran harga Rp10.000-Rp20.000. 

Bayangin kalo belinya di supermarket dengan kemasan yang udah ditentuin dari sananya. Bawang putih minimal beli 100 gram, bayem seiket adanya Rp10.000, tempe Rp10.000, dan daging ayam atau sapi juga harus sesuai harga yang tertera. 

Bisa-bisa pengeluaran makan seminggu yang tadinya cukup Rp50.000 jadi berlipat kali ganda. 

Emang sih beli di supermarket jauh lebih nggak ribet, lebih higienis, dan nggak usah repot-repot nawar. Tapi kalo tujuan lo untuk ngirit, ya ke pasar solusinya. 

Kalo ternyata letak pasarnya jauh dari kosan lo, bisa juga nyari tukang sayur terdekat. Tentunya harga bahan masakan di tukang sayur akan lebih mahal sedikit ya daripada di pasar. Tapi tentu lebih murah daripada beli di supermarket. 

BELAJAR MASAK, MINIMAL BISA MASAK NASI DAN TELOR LAH

Kalo masak mie instan mah nggak perlu diajarin lah ya. Tapi masih ada aja anak muda zaman sekarang yang belom tahu caranya masak nasi dan nyalain kompor. Ckckck..

Sebelom terlambat, ayo ditonton dan dipraktekkan dulu tutorial masak nasi di bawah ini. Super duper gampang dan bisa menyelamatkan lo dari pemborosan karena makan di luar mulu. 

Kalo udah jago masak, skill masak lo ini akan sangat berguna selama ngekos. Mulai aja dulu dari goreng telor. Bisa telor ceplok, telor dadar, telor orak-arik, telor kecap, dan telor rebus. Kalo udah terbiasa, nanti bisa masukin aneka sayur kayak kol, sawi, brokoli, wortel, atau kangkung. Jadi deh menu tumis untuk satu hari makan. 

Bosen sama telor? Pilihan protein lainnya adalah tahu dan tempe. Harganya murah meriah, lezat, dan bergizi banget ges. Tanpa dibumbui juga udah ada rasanya. Kalo mau lebih niat bisa beli bumbu instan di warung terdekat. 

JANGAN LUPA VITAMIN DAN BUAH

Cobaan terberat buat anak kos adalah waktu sakit. Di momen ini nih biasanya anak kos jadi homesick dan kangen sama emak. Utututu.. 

Biar tubuh tetap sehat dan bugar, asupan gizi seimbang termasuk vitamin dan buah juga jangan sampe lupa. Vitamin udah banyak yang murah kok, beli aja multivitamin di apotek dengan kisaran harga mulai Rp5000/strip. Apalagi di era pandemi ini, asupan vitamin jadi penting banget bukan? 

Selain itu jangan lupa makan buah. Minimal dua hari sekali deh kalo lo nggak terlalu doyan buah. 

“Tapi kan buah mahal??”

Eits, kata siapa? Ada cara kreatif yang bisa anak kos lakukan untuk bisa beli buah murah dan tinggal hap, yaitu cari abang-abang rujak!

Solusi bisa makan buah murah: beli di abang rujak. (Foto: Google)
Solusi bisa makan buah murah: beli di abang rujak. (Foto: Google) 

Belinya jangan satu porsi rujak gitu, nanti kena harga normal. Beli aja potongan jambu misal Rp5000 terus minta tanpa bumbu. Besoknya beli lagi mangga Rp5000. Besoknya pepaya, besoknya lagi nanas, begitu terus sampe stok buah abangnya abis. 

Definisi gizi lengkap tapi dompet aman bukan? 

Jadi nggak ada lagi alesan buat lo anak kos untuk terlalu menekan budget makan ya. Biaya makan bisa diatur kok supaya nggak terlalu berlebihan. Apalagi kalo lo bisa menguasai skill masak mendasar. Pasti bangganya bukan main deh waktu udah jadi alumni anak kos! (*/) 

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Grace Angel

Sehari-hari menulis dan mengajukan pertanyaan random ke orang-orang. Di akhir pekan sibuk menyelami seni tarik suara dan keliling Jakarta.