Tips

CARA KERJAKAN SKRIPSI SUPAYA CEPET KELAR

Buat kalian yang masih mengerjakan skripsi, ada beberapa tips lho Civs supaya skripsi kalian cepet kelar, Baca disini ya Civs.

title

 FROYONION.COMCivilions, buat kalian yang ambil kuliah, pasti nantinya akan merasakan yang namanya skripsi. Hal tersebut sudah menjadi salah satu kewajiban mahasiswa. Namun, sebagai umat manusia, kita pasti sering banget menunda untuk mengerjakan skripsian ini. Dengan alasan gadget yang lebih menarik, maupun gravitasi kasur yang sangat kuat membuat kalian mending rebahan aja.

Ada juga alasan lain, mungkin malas ketemu dosen pembimbing, entah dia killer atau yang lainnya, atau malah kamu sendiri yang udah overthingking duluan. Apa salahnya sih mencoba dulu? Kalo suruh revisi ya kalian revisi aja. Disitu secara tidak sadar bisa buat tes mentalmu juga lho Civs, seberapa kuat mental kalian buat hadapin hal-hal yang tidak kalian inginkan tersebut.

Tapi sebisa mungkin, coba kalian selalu kerjain setiap hari, supaya nantinya bisa lebih memudahkan kalian dalam mengerjakan skripsi ke bab selanjutnya.

Karena jurusan serta fakultas juga berbeda-beda, sesuaikan juga passion kalian di mana, ada dua macam metode penelitiannya juga, entah itu kuantitatif maupun kualitatif. Berikut juga ada beberapa cara mengerjakan skripsi yang harus kalian tau nih Civs.

1. CARI JUDUL YANG SESUAI

Beberapa mahasiswa kadang susah mendapatkan persetujuan judul dari dosen pembimbing, karena mungkin judul tersebut dinilai biasa aja, atau mungkin sudah terlalu banyak yang membahas penelitian tersebut. 

Maka dari itu, usahakan kalian membuat judul yang menarik serta dapat membuat penasaran, karena kalian bertindak sebagai penulis, maka diharapkan kalian selalu penasaran dengan penelitian yang kalian buat, sehingga nantinya akan terselesaikan tepat waktu.

Selain itu, selama kalian kuliah kurang lebih 3,5 sampai 4 tahun, pasti kalian sudah mempunyai gambaran seperti apa materi-materi yang di sampaikan, dengan begitu akan lebih mudah lagi dalam pengerjaannya. 

Lalu dengan konsep judul yang seperti itu, kita juga dapat menemukan hasil serta penelitian yang terbaru, sehingga skripsi kalian dapat masuk ke perpustakaan fakultas atau perpustakaan kampus kalian.

2. BERUSAHA MENGERJAKAN SETIAP HARI

Dalam mengerjakan skripsi, usahakan kalian selalu mengerjakannya setiap hari, entah itu 30 menit ataupun lebih. Karena, ini merupakan salah satu langkah yang cukup baik dalam menyelesaikan skripsi kalian, jika memang masih buntu tidak tahu harus membuat kata-kata yang panjang, coba kalian membuat catatan atau sejenisnya, supaya poin-poin yang ingin kalian tulis nantinya tidak lupa. Apalagi anak-anak muda sekarang juga sudah lebih melek teknologi, tidak harus di depan laptop, maupun di catat di kertas, kalian juga bisa membuat catatan elektronik di ­handphone­ kalian masing-masing. Apalagi budaya anak muda Indonesia jaman sekarang lebih sering membawa handphone kemana-mana. Jadi, tidak ada alasan untuk kalian bisa menyicil skripsi ini.

Selanjutnya, usahakan kalian membuat deadline sendiri, walaupun mungkin akan sulit dilakukan, tetapi tidak ada salahnya jika kalian mencobanya. Karena dengan membuat deadline, kalian akan sedikit terbantu. Hal ini dilakukan supaya kalian selalu ingat dan termotivasi. Hal ini juga membuat kalian selalu mengerjakannya dengan susunan yang rapi, serta tidak acak-acakan.

Apabila kalian tidak membuat deadline, dikhawatirkan kalian selalu menunda untuk mengerjakan skripsi, karena pasti dalam hati dan pikiran kalian menginginkan untuk mengerjakan besok-besok saja. Dan ini sangat menghambat skripsi kalian karena dapat menunda kelulusan kalian nantinya.

3. PAHAM TEMA PENELITIAN YANG DIANGKAT

Dalam menulis skripsi, pastikan kalian memahami tema yang akan diangkat. Ini menjadi salah satu bagian yang penting, karena apabila kalian tidak memahami tema yang kalian angkat, justru akan menyulitkan kalian sendiri.

Selain itu, usahakan kalian memahami metode penelitian. Adanya metode penelitian sangat penting dalam menjalankan sebuah penelitian. Sebagai gambaran, metode penelitian ini bisa dikatakan sebagai denah atau peta, dengan begitu, kalian jadi mudah untuk sampai ke tujuan tersebut. 

Karena kalian sudah dituntun dengan metode penelitian tersebut. Maka kalian juga bisa menentukan hasil dari penelitian tersebut, apakah hasilnya objektif atau tidak.

4. KUASAI PEDOMAN PENULISAN SKRIPSI

Dalam menulis skripsi tidak seperti menulis caption di media sosial kalian. Penulisan maupun susunannya harus sesuai yang sudah diajarkan. Nahh, dengan begitu, kalian wajib menguasai teknis penulisan kalian. 

Skripsi merupakan  suatu karya ilmiah yang secara penulisannya diambil dari pengambilan data serta dapat dibuktikan kebenarannya. Karena skripsi ditulis dengan beberapa tahapan, seperti pengambilan data, sampel dan semacamnya, maka pedoman penulisan ini sangat penting untuk kalian kuasai. Supaya kalian juga dapat mengetahui metode penelitian apa yang akan kalian pakai. Ini sangat membantu buat kalian yang masih saja bingung untuk memulai menulis skripsi dari mana.

5. PILIH DOSEN PEMBIMBING YANG SESUAI

Selama kalian kuliah, pastinya sudah sering bertemu dengan dosen-dosen yang berbeda-beda. Nahh, dari situ kalian bisa mengetahui setidaknya karakteristik dosen-dosen tersebut. 

Kalau bisa, coba kalian memilih dosen yang berbeda gender. Misalnya, jika kalian memiliki gender laki-laki, maka kalian usahakan memilih dosen pembimbing perempuan. Sebaliknya, jika kalian memiliki gender perempuan, kalian juga usahakan memilih dosen laki-laki. 

Kenapa begitu? Karena, jika kita memilih dosen yang sama konon katanya mempunyai sense yang berbeda, serta kadang-kadang memiliki watak yang cukup keras, maka diharapkan kalian bisa memilih dosen yang berbeda gender. Namun, tidak semua dosen seperti itu ya Civs. Karena pemikiran orang juga berbeda-beda. Jika kalian memang lebih nyaman ataupun sesuai dengan penyampaian atau ajaran dari dosen yang ber-gender sama juga tidak apa-apa.

Beda ceritanya jika dosen pembimbing ditentukan oleh Universitas kalian. Kalo terjadi hal semacam ini banyakin doanya aja ya Civs supaya kalian juga dapat dosen pembimbing yang sesuai dengan kalian. 

6. MENJALIN KOMUNIKASI YANG BAIK DENGAN DOSEN PEMBIMBING

Dosen pembimbing merupakan orang yang sangat berpengaruh dengan skripsi kalian, apakah nantinya skripsi dapat selesai dalam waktu dekat atau tidak. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kalian mau menjalin komuikasi yang baik dengan dosen pembimbing kalian. 

Hal tersebut dapat dilakukan dengan memulai obrolan yang ringan dengan dosen pembimbing, baik saat akan melakukan bimbingan ataupun sesudah bimbingan. Ini cukup mencairkan suasana serta membuat diri kalian tidak tegang. Apalagi dengan kalian melakukan hal-hal semacam itu, dapat membuat hubungan kalian menjadi lebih baik dengan dosen pembimbing, jadi bisa saja sedikit membantu juga saat kalian melakukan sidang skripsi nantinya.

Kurang-kurangi untuk memberi hadiah, makanan, atau barang lainnya. Kadang terdapat dosen yang tidak mau menerima hal tersebut.  Karena hal tersebut dinilai kurang sesuai jika dilakukan. Tetapi ada juga dosen yang biasa saja akan hal tersebut karena sifatnya yang mungkin friendly kepada teman, dosen, maupun mahasiswa.

7. PILIH TEMAN DAN TEMPAT YANG SESUAI

Jika kalian ingin menyelesaikan skripsi dengan cepat. Tentu kalian harus lebih selektif dalam memilih teman. Pastikan lingkungan kalian mempunyai circle pertemanan yang termotivasi supaya skripsi bisa selesai lebih cepat. Coba sedikit kurangi di lingkungan yang membuat kalian terhambat.

Bukannya membeda-bedakan, tetapi ini bersifat supaya kalian juga termotivasi dalam menyelesaikan skripsi dengan cepat. Karena apabila skripsi tidak selesai sampai semester-semester berikutnya, maka biaya kuliah juga terus berjalan.

Selain itu, kalian juga usahakan memilih tempat mengerjakan yang enak dan  nyaman. Ini sebenarnya soal mood, karena jika mood kita baik, maka dalam mengerjakan skripsi bisa menjadi semakin produktif, begitu juga sebaliknya.

8. KURANGI BERMAIN

Buat yang suka nongki-nongki bareng temen, gak kerasa waktu berjam-jam dihabiskan. Hal ini memberikan efek yang kurang baik untuk kalian yang ingin menyelesaikan skripsi cepat. Mungkin sekali-sekali tidak apa-apa, tetapi jika hal itu dilakukan setiap hari, justru hal tersebut akan menghambat skripsi kalian.

Karena, daripada kita hanya nongkrong-nongkrong saja serta menghabiskan uang, lebih baik waktu tersebut kalian gunakan untuk mengerjakan skripsi.

9. RAJIN BERIBADAH

Hal ini sangat berpengaruh untuk kalian. Selain mendapatkan energi rohani yang positif, kalian juga bakal lebih teratur memanajemen waktu dan lebih teratur hidupnya. Karena selalu dhadapi dengan kepala yang dingin. Sehingga dengan mendekatkan diri kepada Tuhan, kita mendapatkan tuntunan dalam menulis skripsi, serta skripsiyang ditulis bisa lebih teratur dan waktu mengerjakan lebih efektif. 

Buat kalian yang masih mengerjakan skripsi, tetap semangat dan optimis bahwa skripsi kalian pasti akan selesai ya Civs. Jangan berpikiran yang negatif karena hal tersebut sangat menghambat skripsimu.

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Yudha Persada

Seorang freelancer yang sedang mencoba mengembangkan skill menulis di Froyonion.com.