Tips

BERAPA MINIMAL JUMLAH TIM YANG IDEAL UNTUK MENGELOLA MEDIA SOSIAL SEBUAH BISNIS?

Jika kamu bercita-cita ingin membentuk tim khusus untuk mengelola media sosial bisnismu, pastikan jumlahnya tidak terlalu sedikit agar tidak mengganggu efisiensi.

title

FROYONION.COM – Kebutuhan media sosial dalam memperluas jaringan bisnis saat ini memanglah sangat berperan besar. Apalagi jika kita lihat dengan mata telanjang saja, potensi cuan yang didapatkan dari konten bisa sangat menggiurkan. Maka dari itu, banyak pebisnis yang mulai mengembangkan strateginya ke penjualan digital melalui karya-karya kreatif di berbagai platform.

Membentuk sebuah tim khusus yang berfokus pada media sosial tentu tidak boleh main-main. Ada beberapa hal yang harus dipikirkan secara matang supaya mengurangi risiko kegagalan, salah satunya adalah menentukan jumlah orang yang ideal

Karena hal ini akan berpengaruh dengan biaya modal, hal ini akan sangat memengaruhi cash flow bisnismu ke depannya. Berikut adalah saran posisi yang dibutuhkan dan jumlah orang yang bisa dijadikan referensimu dalam membentuk tim media sosial yang baik:

SOCIAL MEDIA SPECIALIST: 1 ORANG

Seorang Social Media Specialist akan lebih banyak bermain di belakang layar, tentu dengan tanggung jawab yang cukup besar terhadap perkembangan bisnismu. 

Tugas utamanya adalah mengawasi pertumbuhan grafik insight seluruh akun media sosial yang dikelola, seperti Instagram, Tiktok, Twitter dan Youtube. Maka untuk jabatan ini, setidaknya ia harus bisa atau terbiasa mengakses media sosial. 

Selain itu, seorang Social Media Specialist juga wajib membuat perencanaan konten yang matang untuk satu hingga tiga bulan ke depan dengan memantau tren setiap hari. Bila diperlukan, ia juga dapat mengeksekusi iklan untuk menambah traffic akun.

BACA JUGA: 
TREN PENGGUNAAN AI DALAM BRANDING DAN PEMBUATAN KONTEN DI MEDIA SOSIAL

Jika ditelaah lebih dalam, seharusnya bagian ini dibagi lagi menjadi beberapa bagian, seperti Social Media Strategist, Social Media Analyst dan Ads Specialist. Namun untuk mengawali bisnis, nampaknya kamu harus sedikit membantunya dengan melakukan brainstorming secara berkala untuk mengatur strategi bersama.

CONTENT WRITER: 1 ORANG

Setelah mendapat pengetahuan tentang konten yang akan diterbitkan, maka tugas selanjutnya adalah menerjemahkannya menjadi konten yang relate dengan audiens. Di sinilah seorang Content Writer bekerja, dengan menciptakan berbagai naskah konten supaya lebih mudah dipahami.

Umumnya, seseorang dengan posisi ini juga akan merangkap menjadi Copywriter jika dibutuhkan. Iya, kedua posisi ini sebenarnya serupa tapi tak sama. Content Writer hanya berfokus dengan penulisan konten yang akan disajikan media sosial, sedangkan Copywriter mencakup seluruh tulisan promosi seperti brosur, artikel dan email broadcast.

GRAPHIC DESIGNER: 1-2 ORANG

Apabila naskah sudah siap, selanjutnya adalah tugas seorang ‘tukang desain’ untuk membuat visualisasi konten supaya lebih menarik. Umumnya, jasanya ini sangat dibutuhkan untuk mempercantik tampilan Instagram dan kebutuhan visual lainnya. 

Kemampuan yang harus dimilikinya tidak jauh dari perangkat lunak editor seperti Adobe Family (Photoshop, Illustrator, After Effect, Premiere), Corel Draw, Capcut dan Canva.

Jika kebutuhan desain masih sedikit, maka sebagai awalan cukup hire satu Graphic Designer saja. Tetapi apabila permintaan sudah mulai meningkat, maka perlu adanya penambahan jumlah personil secara bertahap.

HOST LIVE: 2 ORANG

Belakangan ini, media sosial seperti Tiktok sedang gencar meningkatkan fitur ‘Live’ untuk menarik audiens lebih banyak. Maka dari itu, kebutuhan bisnis akan posisi Host Live saat ini cukup tinggi, apalagi jika produk yang dijual berupa barang fisik. 

Sebagian pebisnis menilai, produk yang diperlihatkan saat tayangan Live dapat memengaruhi tingkat kepercayaan calon pembeli sehingga mendorong orang untuk buru-buru membelinya.

Seorang Host Live idealnya harus bersedia melakukan siaran langsung minimal selama dua jam dalam satu hari. Durasi ini bisa disesuaikan dengan bertukar shift apabila diperlukan.

CONTENT CREATOR: 1 ORANG (OPSIONAL)

Posisi ini bisa dikategorikan opsional, artinya bisa diperlukan atau tidak. Karena sebenarnya, posisi-posisi di atas tadi juga bisa diarahkan menjadi talent atau Content Creator dadakan selama ide dan brief kontennya jelas. Namun jika dirasa antrean kerja dari seluruh tim tadi sedang padat, maka tidak ada salahnya jika menambah satu orang lagi untuk posisi ini.

TOTAL DALAM SATU TIM: 5-8 ORANG

Untuk sebuah bisnis kecil, setidaknya dalam satu tim media sosial dibutuhkan sekitar lima hingga delapan orang. Tetapi, jumlah ini bukan sebagai patokan wajib yang bisa dipukul rata, ya. Balik lagi ke target, kebutuhan dan biaya yang tersedia untuk mencapai total penjualan yang diinginkan.

Apabila diperlukan penambahan personal untuk pekerjaan tertentu, kamu bisa melakukan riset mendalam tentang beberapa posisi lainnya yang mungkin akan membantu dalam meningkatkan insight akun bisnismu. Jangan lupa untuk sering-sering terbuka dengan isu terkini di media sosial, ya! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Deby Priscilina

Pekerjaan utamanya bengong, nulis, repeat. Kadang ditaburi kadar kehaluan 0,01% di atasnya.