Tips

APA YANG HARUS DIPERTIMBANGKAN SAAT DITERIMA KERJA DI DUA PERUSAHAAN?

Pernah ada di posisi seperti ini dan sulit mengambil keputusan? Catat beberapa poin yang harus kamu pikirkan secara matang sebelum tanda tangan kontrak.

title

FROYONION.COM – Kebahagiaan tingkat tinggi para pencari kerja adalah ketika mendapatkan surat penawaran kerja atau offering letter. Tidak menutup kemungkinan apabila seseorang memperoleh lebih dari satu panggilan dalam waktu berdekatan, bisa jadi karena pelamar tersebut memiliki value yang sesuai dengan harapan perusahaan.

Banyak hal yang bisa memengaruhi seseorang sulit menentukan keputusan ini. Beberapa di antaranya adalah faktor kebutuhan, beban kerja dan juga lingkungan sekitar. Ada juga karena faktor kesehatan yang bisa saja dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Jika kamu sedang dihadapkan dengan dua pilihan seperti ini, jangan bingung nan cemas! Penulis akan menjabarkan beberapa opsi berdasarkan sudut pandang yang berbeda untuk menentukan mana penawaran kerja yang paling cocok dengan kondisimu saat ini dan di masa yang akan datang.

  1. JAM KERJA

Menurut UU Cipta Kerja Nomor 11 Tahun 2020, perhitungan maksimal jam kerja dalam satu minggu adalah 40 jam. Umumnya total jam ini ini dibagi menjadi lima hari dengan total delapan jam dan libur dua hari, atau enam hari dengan total tujuh jam dan libur satu hari.

Jika perusahaan mengikuti aturan pemerintah tersebut, tentu kamu tidak perlu khawatir dengan hak perhitungan jam kerja. Selain itu, pertegas kembali mengenai hari libur, apakah bisa diambil di akhir pekan atau di hari lain sesuai rolling dari tim kamu. Kamu berhak memilih dengan mempertimbangkan hal ini agar dapat memanfaatkan waktu istirahat dengan baik.

2. GAJI YANG DITAWARKAN

Setelah oke dengan jam kerja, saatnya kita membahas gaji. Ya, topik ini yang paling ditunggu-tunggu sekaligus membuat dilema saat menentukan offering letter, bukan? 

Sebenarnya permasalahan gaji seperti ini bisa dihitung secara kasar. Pertama, tanyakan gaji pokoknya terlebih dahulu (di luar pendapatan lain-lain) lalu bandingkan. Kenapa harus gaji pokok? 

Karena perhitungan gaji pokok ini bisa menentukan apakah pekerjaanmu nanti sesuai dengan upah yang dibayarkan atau tidak. Gaji pokok ini juga diatur oleh pemerintah daerah maupun pusat dengan adanya Upah Minimum Regional (UMR), jadi saranku pilih perusahaan yang memberimu gaji pokok setara UMR atau mendekati

BACA JUGA: CARA AMPUH CARI TAHU INI ITU SOAL PERUSAHAAN SEBELUM GABUNG KERJA 

Kedua, tanyakan juga pendapatan bonus, tunjangan, transport, uang makan dan lembur. Hal ini juga penting karena apresiasi terhadap karyawan akan memberikan dampak yang positif bagi kinerja perusahaan. Apabila kamu mendapatkan banyak reward seperti ini, bisa dipastikan perusahaan tersebut tergolong sehat dalam ekonomi dan peka terhadap kesejahteraan. 

3. BENEFIT LAINNYA YANG AKAN DIDAPATKAN

Selain gaji, kamu juga bisa cari tahu tentang benefit lainnya. Misalnya seperti asuransi kesehatan, hak cuti, jenjang karir, libur tahunan, tempat kerja yang nyaman dan lain-lain. 

Tidak ada salahnya untuk menanyakan hal ini sebelum menandatangani kontrak, alih-alih menguatkan pilihanmu jika mendapat tawaran kerja dari dua perusahaan yang berbeda dalam waktu berdekatan.

4. LOKASI DAN PERHITUNGAN BIAYA-BIAYA

Bagaimana jika kamu mendapatkan gaji yang oke dan benefit yang menggiurkan tetapi lokasinya jauh dari rumah dan ongkos pulang-pergi melebihi uang transport? 

Tentu ini juga menjadi pertimbangan yang berat untuk menentukan perusahaan yang sesuai dengan kamu.

Anggap saja kamu mendapat dua tawaran kerja dengan detail di atas, kira-kira mana yang harus diambil?

Sekilas memang Perusahaan A menawarkan lebih banyak benefit, tapi perlu dilihat bahwa lokasinya sangat jauh. Mau tidak mau, akan ada biaya tambahan seperti kost dan makan sehari-hari yang harus ditanggung. 

Begitu juga dengan Perusahaan B, meskipun gaji yang ditawarkan lebih kecil, tetapi biaya harian yang akan dikeluarkan tidak terlalu besar sehingga pendapatanmu kelak bisa disisihkan untuk menabung dan keperluan lainnya. 

Beberapa opsi saran dari Penulis yang bisa kamu pertimbangkan:

Pilih Perusahaan A jika ingin mengejar jenjang karir dan mendapat lebih banyak libur

Bagi sebagian orang, jenjang karir merupakan sebuah kesempatan besar untuk meningkatkan pendapatan dan kemampuan diri, apalagi kalau perusahaan tersebut tergolong banyak dikenal orang dan memiliki reputasi bagus. 

Penawaran menarik lainnya yang bisa dipertimbangkan adalah libur di akhir pekan. Kamu bisa lebih banyak meluangkan waktu untuk bersantai bersama keluarga, teman maupun pasangan.

Meskipun demikian, kamu wajib mengelola pendapatan agar terhindar dari boncos. Tentukan biaya mutlak yang harus dikeluarkan setiap bulannya seperti tagihan kost, internet dan makan pagi-malam. Sisanya bisa alokasikan untuk menabung dan kebutuhan lainnya.

Pilih Perusahaan B jika kamu masih belum memiliki pengalaman kerja dan ingin dekat dengan keluarga

Apakah kamu seorang fresh graduate dan tidak bisa jauh dengan orang tua? Opsi Perusahaan B bisa kamu pilih untuk saat ini. Selain lebih hemat dari segi uang dan waktu, kamu tidak begitu lelah di perjalanan. Waktu bersama keluarga juga lebih banyak.

Tetapi perlu dicatat, jam kerjamu bisa jadi sangat rawan dengan lembur. Untuk mengurangi dampat overtime terlalu sering, pastikan untuk tegas terhadap batas jam kerja, ya! Kamu berhak pulang sesuai jam yang telah ditentukan perusahaan.

5. LAIN-LAIN

Selain dari keempat poin di atas, pertimbangan lainnya adalah penerapan budaya kerja dan dampak psikis yang akan diterima. Jika di kemudian hari terdapat hal yang merugikan setelah bekerja dalam beberapa waktu di perusahaan pilihanmu, maka kamu berhak untuk mengundurkan diri sesuai peraturan yang berlaku.

Saran Penulis di atas bukanlah sebuah patokan yang wajib diikuti, tetapi poin ini hanya sebagai referensi apabila kamu dihadapkan dengan penawaran kerja di dua perusahaan. 

Semoga membantu! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Deby Priscilina

Pekerjaan utamanya bengong, nulis, repeat. Kadang ditaburi kadar kehaluan 0,01% di atasnya.