Tips

9 TIPS DEKORASI RUMAH ESTETIK DENGAN BUDGET TERBATAS

Ingin mengubah tampilan rumah kalian tanpa menguras kantong? Simak tips dekorasi rumah dengan budget terbatas yang akan menginspirasi kalian untuk menciptakan ruang impian tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam!

title

FROYONION.COM Memiliki rumah yang nyaman dan memancarkan karakter penghuninya  adalah dambaan semua orang. Tapi terkadang, keinginan tersebut terbentur oleh keterbatasan budget.  

Eits, jangan langsung patah semangat!  Dengan sedikit kreativitas dan strategi jitu, kalian tetap bisa mewujudkan rumah impian meski budget terbatas. 

Dekorasi rumah estetik
Dekorasi rumah estetik. (Image source: Public domain)

Yuk, simak beberapa tips dekorasi rumah hemat namun tetap estetik berikut ini.

1. GALI POTENSI TERSEMBUNYI

Sebelum berburu dekorasi baru, mari gali potensi tersembunyi dengan memanfaatkan barang yang dimiliki, coba kelilingi dulu rumah kalian, lihat kembali barang-barang yang sudah dimiliki.  

Seringkali, benda yang selama ini dianggap biasa saja bisa disulap menjadi dekorasi menarik.  

Buku-buku tua yang sudah jarang dibaca bisa ditata secara apik di rak kayu menjadi pemanis sudut ruang tamu. 

Botol kaca bekas sirup atau jus bisa dicuci bersih dan diubah menjadi vas bunga cantik.  Kain perca sisa jahitan bisa disusun menjadi hiasan dinding yang unik.  Dengan sedikit kreativitas, kalian bisa menemukan potensi tersembunyi dari benda-benda lama.

2. DIY (DO IT YOURSELF)

Dunia internet dan buku-buku dekorasi dipenuhi dengan berbagai macam ide DIY (Do It Yourself) yang menarik dan bisa disesuaikan dengan budget kalian.  

Kalian bisa bertransformasi menjadi desainer interior dadakan dengan membuat sendiri beberapa dekorasi rumah. 

Pertama, salurkan jiwa seni kalian dengan membuat lukisan sendiri. Pilih gaya dan warna yang sesuai dengan tema ruangan. Tak perlu kanvas mahal, kalian bisa menggunakan kain bekas sebagai media lukis. 

BACA JUGA: KURANGI SUDUT LANCIP DI INTERIOR RUMAH

Selanjutnya, jangan buang botol bekas atau kaleng yang sudah tidak terpakai, karena kalian bisa mengubahnya menjadi vas bunga unik dan ramah lingkungan dengan sedikit sentuhan cat, kain, atau tali rami. 

Kreativitas kalian juga dapat diaplikasikan pada lampu gantung. Jika bosan dengan lampu gantung yang itu-itu saja, cobalah untuk membuat lampu gantung sendiri. Anyaman rotan, botol plastik bekas, atau bahkan benang wol bisa disulap menjadi lampu gantung yang cantik dan penuh karakter. 

Terakhir, bantal sofa bisa menjadi objek kreatif selanjutnya. Sarung bantal yang polos bisa disulap menjadi lebih menarik dengan teknik sulam, patchwork, atau aplikasi kain perca. 

Selain itu, kalian juga dapat mencoba membuat sarung bantal sendiri dengan bahan kain sesuai selera untuk menambahkan sentuhan personal pada ruangan. Dengan sedikit kreativitas dan usaha, kalian bisa menciptakan dekorasi rumah yang unik dan menarik tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya.

DIY tidak hanya menghemat biaya, tapi juga memberikan sentuhan personal pada dekorasi rumah kalian.  Ruangan akan terasa lebih bercerita dan mencerminkan gaya kalian sendiri.

3. JELAJAHI UNIKNYA TOKO BARANG BEKAS

Pasar loak dan toko barang bekas bukanlah tempat barang rongsokan,  melainkan surga bagi para pecinta dekorasi dengan budget terbatas.  

Di sini, kalian bisa menemukan berbagai macam barang antik, vintage, atau klasik dengan harga miring.  Mulai dari furnitur seperti kursi atau lemari, lampu hias dengan desain unik, hingga pernak-pernik cantik yang bisa menambah detail pada ruangan.  

Jangan lupa untuk jeli dalam melihat potensi barang-barang tersebut.  Dengan sedikit perbaikan dan sentuhan kreatif, barang bekas bisa menjadi dekorasi bernilai seni tinggi.  Selain itu, membeli barang bekas juga dapat berkontribusi pada konsep ramah lingkungan  lho!

4. CIPTAKAN SUASANA DENGAN SENTUHAN WARNA

Warna memiliki pengaruh yang besar dalam menciptakan suasana pada sebuah ruangan.  Warna-warna cerah seperti putih, krem, atau kuning muda dapat membuat ruangan terasa lebih luas dan terang.  

Sebaliknya, warna-warna gelap seperti coklat tua atau biru tua bisa menciptakan suasana yang elegan dan dramatis.  

Kalian bisa mengecat ulang dinding dengan warna pilihan kalian, atau menggunakan aksesoris berwarna  seperti karpet, gorden, lukisan, atau bantal sofa.  Sesuaikan pemilihan warna dengan tema dan fungsi ruangan.  

Sebagai contoh, gunakan warna-warna yang menenangkan seperti hijau atau biru muda untuk kamar tidur,  dan warna-warna yang ceria seperti kuning atau orange untuk ruang keluarga.

5. HIASI RUMAH DENGAN TANAMAN HIAS

Selain mempercantik ruangan, tanaman hias  juga memberikan efek segar dan natural.  Bahkan, beberapa jenis tanaman hias dipercaya dapat meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan.  

Pilihlah tanaman hias yang sesuai dengan kondisi ruangan kalian.  Untuk ruangan dengan cahaya matahari yang minim, kalian bisa memilih tanaman hias seperti lidah buaya, sri rejeki, atau peace lily.  

BACA JUGA: MENGUBAH TEMBOK BIASA MENJADI LUAR BIASA DENGAN WALL DECOR

Sedangkan untuk ruangan yang terkena cahaya matahari langsung, kalian bisa memilih tanaman hias seperti kaktus, monstera, atau philodendron.  

Selain tanaman pot, kalian juga bisa menggunakan tanaman gantung atau vertical garden untuk menambah kesan asri pada ruangan. 

6. CIPTAKAN SUASANA DENGAN LAMPU

Pencahayaan yang tepat dapat membuat ruangan terasa lebih nyaman dan stylish.  Gunakan lampu dengan cahaya yang sesuai dengan suasana yang ingin kalian ciptakan.  

Contohnya, gunakan lampu berwarna kuning untuk menciptakan suasana yang hangat dan nyaman di ruang keluarga.  Sedangkan untuk ruang kerja, gunakan lampu berwarna putih yang lebih terang agar kalian lebih fokus dalam bekerja.  

Kalian juga bisa menggunakan lampu LED yang hemat energi dan tahan lama.  Selain lampu utama, kalian bisa menambahkan lampu dekorasi seperti lampu gantung, lampu dinding, atau lampu tempel untuk mempercantik ruangan.

7. GAYA SEDERHANA YANG MEMUKAU

Gaya dekorasi minimalis saat ini sedang populer dan cocok untuk kalian yang memiliki budget terbatas.  Dekorasi minimalis hanya menggunakan elemen-elemen penting yang fungsional dan estetis.  

Hindari membeli dekorasi yang berlebihan dan tidak memiliki fungsi.  Pilihlah furniture dengan desain yang simpel dan multifungsi. Gunakan warna-warna netral seperti putih, krem, dan abu-abu sebagai warna dasar ruangan.  Tambahkan beberapa dekorasi minimalis seperti lukisan abstrak, vas bunga sederhana, atau tanaman hias untuk mempercantik ruangan..  

8. MANFAATKAN PROMO DAN DISKON

Sebelum membeli dekorasi, buatlah daftar barang yang kalian perlukan.  Hal ini untuk menghindari pembelian impulsif yang tidak sesuai dengan budget kalian. 

Carilah promo dan diskon di toko-toko dekorasi online maupun offline.  kalian juga bisa membeli dekorasi bekas yang masih layak pakai.  Jangan lupa untuk bandingkan harga di beberapa toko sebelum membeli.  Manfaatkan program cicilan 0% jika memungkinkan.

9. MENJAGA KEINDAHAN DEKORASI RUMAH

Dekorasi rumah yang indah dan terawat akan memberikan suasana yang nyaman dan menyenangkan.  

Rawatlah dekorasi rumah kalian dengan membersihkan dan menatanya secara rutin.  Gantilah dekorasi yang sudah usang atau rusak.  Kalian juga bisa menambahkan dekorasi baru sesuai dengan musim atau acara tertentu.  

Dengan sedikit usaha, kalian dapat menjaga keindahan dekorasi rumah kalian dan menciptakan suasana yang nyaman untuk keluarga dan orang-orang tercinta. (*/)

BACA JUGA: 5 KIAT TATA PERABOTAN INTERIOR RUANGAN AGAR RUMAHMU RAPI DAN ESTETIK

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Muhamad Hendra Prasetya

Budak startup nyambi freelance