Tips

3 TIPS SUKSES JUALAN DI TIKTOK BUAT ANAK MUDA KREATIF

Buat yang sedang merintis usaha online, lo mesti mencoba cara jualan di TikTok. Berbagai fitur TikTok disediakan agar memudahkan lo untuk menjalankan bisnis melalui aplikasi dan makin cuan, simak artikel di bawah!

title

FROYONION.COM - Lo pasti mau kan bisnis online makin cuan? Sekarang mau jualan online udah gampang banget, nggak cuma di aplikasi tertentu. Lo bisa jualan online di mana aja bahkan di platform media sosial seperti TikTok.

Media sosial jadi tempat yang cocok untuk anak muda kreatif. Apalagi jika mereka memanfaatkan media sosial menjadi lahan bisnis. Dengan berbagai fitur yang disediakan, anak muda punya cara kreatif menawarkan produk yang pastinya bakal laris manis.

Tetapi, sebelum mulai jualan lo harus sedikit riset alias memperhatikan gimana kebiasaan pengguna TikTok Indonesia belanja di aplikasi tersebut. Kalau sudah tau kebiasaannya, lo akan bisa menarik perhatian mereka dan beli produk lo.

Ada beberapa tips yang bisa lo terapkan pada bisnis online yang sedang lo jalankan, sedikit banyak akan membantu lo makin cuan di TikTok, berikut tipsnya:

1. MANFAATKAN MOMEN MEGA SALES TIKTOK BUAT CUAN

Apa itu Mega Sales?

Mega Sales bisa dijadikan sebagai peluang bisnis yang sangat berpengaruh bagi kelangsungan bisnis online lo. Mega Sales biasanya diadakan setiap bulan di tanggal kembar, seperti di bulan Oktober tanggal 10, maka Mega Sales-nya disebut sebagai Mega Sales 10.10, dan seterusnya.

Biasanya periode mega sales menjadi ajang perlombaan untuk para brand berinovasi dan menyiapkan strategi yang tepat buat jualan. Pada momentum ini, platform TikTok memberikan solusi iklan dan layanan belanja melalui aplikasi TikTok.

Secara garis besar, pada saat mega sales akan ada diskon besar-besaran yang diberikan oleh setiap penjual. Untuk jadi penjual yang cerdas, lo harus siap-siap bersaing, karena mereka gak mau kalah dan pasang diskon yang gede juga.

Maka itu, diskon yang diberikan oleh penjual pasti berbeda-beda. Pembeli akan membandingkan harga di satu penjual dengan penjual lainnya. Dan penjual dengan harga termurah lah yang produknya akan mereka beli.

Tapi tenang, ada beberapa tips konten biar lo bisa memenangkan momen Mega Sales di aplikasi TikTok.

Pertama, menjelang momen Mega Sales, suarakan promo terbaik secara besar-besaran, dengan menyisipkannya di 3 detik pertama video TikTok. Gunakan nuansa upbeat dan catchy untuk menarik perhatian agar selebrasi Mega Sales benar-benar terasa.

Kedua, ciptakan konten yang otentik untuk membuat konsumen tertarik, yang mana lo bisa menggandeng kreator TikTok yang sesuai dengan bisnis mereka untuk mengkomunikasikan program Mega Sales sesuai gaya brand mereka.

Ketiga, bagikan konten inspiratif dan menghibur, mulai dari tips belanja untung di momen Mega Sales, hingga momen seru saat konsumen memburu diskon. Terakhir, di hari H Mega Sales, bagikan konten yang mengandung simple call to action untuk membeli produk suatu brand.

2. MANFAATKAN FITUR-FITURNYA

Ada beberapa fitur yang bisa dipakai, salah satunya Top View, Branded Effects, hingga Hashtag Challenge.

Fitur Top View merupakan layanan iklan yang bisa menjangkau pengguna secara luas, sedangkan branded effects adalah layanan yang memberikan pengalaman gamification dengan memanfaatkan efek yang beragam di TikTok.

Adapun fitur Hashtag Challenge, yaitu layanan yang memanfaatkan engagement yang tinggi pada komunitas TikTok dengan hashtag tertentu dan menjadikannya sebuah tren.

3. BERJUALAN LEWAT FITUR TIKTOK YANG INTERAKTIF

Nah yang satu ini nggak kalah menarik, lo bisa banget menggunakan layanan belanja digital TikTok Live untuk berinteraksi dengan konsumen secara langsung melalui tayangan live stream.

Melalui TikTok Live, lo dapat menunjukan produk yang lo miliki dengan jelas, menceritakan keunggulan produk sehingga konsumen akan tertarik dan langsung menghubungi lo tanpa berpindah layar.

Nah itu dia Civs, cara yang bisa lo terapkan di bisnis online melalui platform TikTok. Buat yang baru merintis ini juga bakal cocok asal punya akun lebih dulu! Hehe. (*/)

BACA JUGA: LAGU LAWAS INDONESIA KEMBALI HITS BERKAT KREATIVITAS KREATOR TIKTOK

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Abdurrahman Rabbani

Cuma buruh tinta yang banyak cita-cita.