Esensi

LAGU LAWAS INDONESIA KEMBALI HITS BERKAT KREATIVITAS KREATOR TIKTOK

Kira-kira ada nggak nih lagu lawas Indonesia favorit lo yang kembali hits di TikTok? Cek selengkapnya di sini, ya!

title

FROYONION.COMSekarang ini lo sudah nggak heran dengan kreativitas kreator yang berseliweran di TikTok. Pertengahan tahun 2022, lagu Sang Dewi milik Titi DJ kembali dipopulerkan oleh penyanyi muda Lyodra Ginting yang langsung jadi trending

Buktinya, lagu remake itu berhasil ditonton 24,7 juta pasang mata pengguna setelah di-posting ulang oleh akun @lagu.hits01. Sontak, lagu Sang Dewi jadi sound favorit kreator TikTok dalam berkreasi membuat konten.

Entah mengapa lagu yang dirilis tahun 2002 silam tersebut bisa viral dan kian dinikmati warganet se-Indonesia raya, bahkan mancanegara, Civs!

Tapi, dilansir dari survei oleh GenSindo, alasan kenapa lagu lawas Indonesia kembali disukai karena orisinalitas instrumen dan komposisi yang pas, serta lirik yang mengandung makna dalam.

Contohnya, lagu Sang Dewi milik Titi DJ. Kalau lo perhatikan setiap liriknya menggambarkan perjalanan seorang wanita yang tengah terpuruk untuk menemukan harapan baru. Makanya bisa pas banget didengerin saat lo merasa galau.

Bicara soal lagu lawas, di Amerika Serikat juga lagi hype! Menurut studyfinds.org, mayoritas dari 2000 penduduk di sana kembali mempopulerkan lagu barat lawas seperti Purple Rain oleh Prince, Hotel California oleh The Eagles, Rasputin oleh Boney M, dan masih banyak lagi ke media sosial TikTok.

Alasan mereka mempopulerkan kembali lagu lawas tersebut juga sama dengan warganet di sini yaitu punya kualitas komposisi musik yang baik, lirik yang mendalam, dan hasrat untuk bernostalgia lewat media musik.

Nah, kalau begini jadi penasaran lagu lawas Indonesia lainnya yang kembali hits gegara kreator TikTok, ada apa aja ya, Civs? Simak aja berikut ini!

BACA JUGA: CONTENTPRENEUR: MASA DEPAN CONTENT CREATOR YANG LEBIH CUANABLE BAGI ANAK MUDA

1. SANG DEWI - TITI DJ

Urutan pertama adalah lagu Sang Dewi milik musisi dan diva kenamaan Indonesia, Titi Dwi Jayanti alias Titi DJ. Meski lagu tersebut sudah lama diciptakan, tampaknya saat ini tambah eksis! Terlebih ketika dipopulerkan kembali oleh Lyodra Ginting, jadi auto viral!

Lagu tersebut memang menceritakan perjalanan seorang wanita yang tengah terpuruk dalam menemukan suatu harapan. Beruntungnya, makna ‘sang dewi’ di lagu ini digambarkan sebagai sosok wanita rapuh dan lantas bertemu dengan sosok lelaki dambaan yang memperlakukan wanita itu seperti sang dewi, Civs.

Makanya, banyak kreator TikTok yang berlomba menggunakan lagu tersebut sebagai musik pengiring konten yang dibuat. Belum lama ini, Lyodra juga mengadakan challenge lagu #sangdewi yang langsung diikuti ribuan kreator untuk unjuk kreativitas! Janji berani ikutan tanpa merasa insecure sama suara sendiri, Civs?

2. BAGAIKAN LANGIT - MELLY GOESLAW

Di urutan kedua, kita bergeser sedikit ke penyanyi solo Indonesia yang dikenal dengan busananya yang cetar. Yap, Melly Goeslaw! Salah satu lagu miliknya berjudul Bagaikan Langit juga jadi sasaran kreativitas kreator TikTok. Padahal, usia lagunya mencapai 24 tahun!

Dari lirik yang diusung sudah bisa ditebak kalau lagu Bagaikan Langit menceritakan tentang seseorang yang sedang merasakan jatuh cinta. Pokoknya, lagi kasmaran dan bawaannya bikin senyum-senyum gitu, Civs!

Kenapa lagu ini bisa kembali populer? Ternyata berawal dari unggahan Melly Goeslaw bersama Rossa yang membawakan lagu tersebut dengan tujuan sebagai kampanye pencegahan virus corona. Nah, setelah itu, lagunya kian viral dan banyak kreator TikTok yang menggunakan lagu Bagaikan Langit sebagai sound andalan.

3. TEGA - ROSSA

Lagu berjudul Tega milik penyanyi Rossa juga nggak ketinggalan populer. Dirilis pertama kali pada 2009 silam, ternyata banyak dijadikan oleh kreator TikTok sebagai musik latar konten yang berciri khas galau dan sedih.

Rossa dalam menciptakan lagu Tega ini memang menjadi tembang hits yang nggak lekang oleh zaman, Civs. Lirik lagu yang menceritakan seseorang yang belum siap kehilangan dari sang kekasih, sepertinya juga relate dengan kisah cinta lo sekarang. Ya nggak?

Jika lo lihat popularitas lagu ini di TikTok rerata didominasi oleh kreator yang membawakan kembali menurut kreativitas dan kemampuan mereka dalam bernyanyi. Contohnya, lagu Tega yang dibawakan pengguna @swingswingfishy berhasil dilihat dan disukai 974 ribu orang.

4. BUKAN DIA TAPI AKU - JUDIKA

Selanjutnya kita bahas lagu milik musisi Judika yang berjudul Bukan Dia Tapi Aku. Dirilis pada tahun 2011 silam, lagu ini kembali populer berkat kemunculan tagar #bukandiatapiaku yang ramai diikuti kreator TikTok dan bisa menggaet 19 juta tayangan untuk lagu tersebut.

Soal makna di balik lagu Bukan Dia Tapi Aku sebenarnya sederhana, Civs. Nggak jauh-jauh dari urusan asmara dua sejoli yang sedang terbakar oleh api cemburu. Intinya, Judika menggambarkan seorang pria yang sakit hati dikhianati oleh kekasihnya. Mengsedih, kan?

Lalu, siapa kreator TikTok yang paling laris mempopulerkan lagi dengan tagar #bukandiatapiaku? Ternyata dimenangi oleh pengguna @aminiasman_ dengan suara khas miliknya ternyata mampu disenangi oleh lebih dari 570 ribu penonton. Kira-kira Judika cemburu juga nggak ya? Hihihi.

5. ANDAI AKU BISA - CHRISYE

Bohong banget sih kalau lo sebagai anak muda angkatan generasi milenial atau generasi Z, belum pernah dengar merdunya lagu milik Almarhum Chrisye. Lagu Andai Aku Bisa ternyata juga jadi favorit kreator TikTok dalam berkreativitas!

Di jagat TikTok, lagu tersebut begitu disukai warganet karena liriknya yang lagi-lagi berkisah tentang persoalan asmara nih, Civs. Lebih tepatnya menceritakan penyesalan yang dialami seseorang terhadap orang yang ia cintai harus meninggalkannya lebih dulu. Yah, jadi baper kan.

Sebelum mulai ramai diikuti ribuan kreator TikTok, lagu Andai Aku Bisa terlebih dulu populer berkat penyanyi Tulus yang membawakan lagu ini dan mengunggahnya ke akun TikTok pribadinya. Mau tau berapa yang nonton? Bisa mencapai lebih dari 27 ribu penonton!

Seolah nggak mau kalah dengan Tulus, Idgitaf yaitu penyanyi yang terkenal dengan membawakan ulang lagu-lagu populer Indonesia juga turut meramaikan lagu Andai Aku Bisa. Sehingga, ia berhasil meraih lebih dari 2 juta penonton melalui akun TikTok pribadinya, Civs!

Keberadaan media sosial TikTok ternyata menjadi angin segar bagi kemajuan industri kreatif Indonesia. Hal ini juga terus dilakukan sebagai wujud tren anak muda Indonesia yang bernafaskan hal positif.

Tapi, alangkah baiknya jika lo hendak mempopulerkan kembali lagu-lagu tersebut sebagai musik latar konten, jangan lupa cantumkan musisi atau pemilik lagunya. Cara tersebut menjadi kontribusi lo dalam menghargai ciptaan dari musisi kenamaan Indonesia!

Kira-kira dari kelima lagu lawas Indonesia tersebut, mana yang jadi favorit lo, Civs? (*/)

BACA JUGA: WAJIB DICOBA! 5 TOOLS INI BIKIN LO NGGAK BINGUNG LAGI MENCARI IDE KONTEN

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Lukman Hakim

Penulis lepas yang menuangkan ide secara bebas tapi tetap berasas